[seowebhosting info] bahas dedicated server yuk..!!

Discussion in 'Site & Server Administration' started by seowebhosting, Nov 12, 2020.

  1. seowebhosting

    seowebhosting New Member

    Joined:
    Oct 2, 2020
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Apa yang dimaksud dengan Dedicated Server – Seperti namanya Dedicated Server adalah jenis layanan hosting yang berbentuk seperti virtualisasi server, dimana memungkinkan layanan web hosting dengan sumber daya mandiri yang dikelola dan digunakan sepenuhnya untuk keperluan pribadi. Dengan layanan Dedicated Server memungkinkan pengguna untuk dapat menyewa seluruh server yang terletak di data center tanpa adanya gangguan dari siapapun.

    Kenapa Anda Perlu Menggunakan Dedicated Server ?

    1. Dengan Dedicated Server bisa memiliki tingkat realibilitas yang tinggi
    Pengguna yang menggunakan Dedicated Server, tidak perlu lagi menghawatirkan resiko gangguan atau tindakan negatif dari pengguna lainnya. Karena resiko ini biasanya dirasakan oleh mereka yang menggunakan shared hosting atau mereka yang berbagi server. Dengan adanya Dedicated Server, tidak menutup kemungkinan bahwa pengguna lain akan mengacaukan pengaturan yang sudah dilakukan, karena satu server Dedicated hanya dapat dikontrol oleh satu pengguna saja.

    2. Dedicated Server juga dapat dimanfaatkan untuk mengontrol data
    Manfaat lain yang dapat pengguna rasakan yaitu pengguna dapat dengan leluasa mengolah data, maka mereka akan secara otomatis bisa mendapatkan akses penuh dalam pengelolaan dan juga pengaturan database yang akan dan sudah diinput.

    3. Memiliki akses administrasi
    User yang menggunakan Dedicated Server, mendapatkan akses root administrator yang biasanya diberikan oleh penyedia layanan Hosting sebagai salah satu keuntungan terbaik. Dengan demikian user dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk melakukan installing pada program aplikasi server yang biasanya dilakukan bersamaan dengan konfigurasi custom. Jadi user juga dapat melakukan berbagai pengaturan yang dibutuhkan dan diinginkan.

    4. Memiliki akses lebih aman dan juga efektif
    Tentu hal yang harus diperhatikan ketika mempertimbangkan penyedia layanan Dedicated Server yang akan dipilih, adalah dari tingkat kenyamanan dan keamanan yang mereka tawarkan. Yaitu salah satunya adalah pengguna mendapatkan keuntungan berupa pemecahan masalah apabila dikemudian hari terdapat gangguan yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Sehingga pengguna dapat meminta bantuan dari penyedia layanan Dedicated Server, karena sudah menjadi fasilitas yang akan didapatkan oleh pengguna Dedicated Server.

    5. Terhindar dari gangguan user lain
    Bagi pemilik perusahaan besar, Dedicated Server sangat dianjurkan sebagai salah satu layanan yang akan dimanfaatkan untuk mengatur website perusahaan. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak merasa resah apabila website secara tiba-tiba mengalami penurunan. Karena dengan Dedicated Server, pengguna tidak akan mungkin diganggu oleh user nakal yang akan menyerang server perusahaan menggunakan file-file berbahaya seperti malware.

    Kelebihan dari Dedicated Server

    1. Memilki akses penuh
    Layanan ditawarkan oleh Dedicated Server yaitu memberikan kebebasan pada pengguna untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100%. Dan yang lebih menariknya lagi Dedicated Server dapat memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.

    2. Lebih aman
    Kelebihan lainnya dari Dedicated Server yaitu apabila terjadi kerusakan pada server, pengguna tidak akan bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi pengguna yang ingin mengoperasikan Dedicated Server tersebut.

    3. Lebih efektif dan bisa menggunakan remote
    Kelebihan yang dpat dirasakan oleh pengguna Dedicated Server adalah bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Pengguna tidak perlu repot melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani pengguna dalam mengelola website.

    4. Tidak akan terganggu dengan aktifitas lain
    Ketika menggunakan Dedicated Server, pengguna tidak perlu merasa terganggu dengan user yang lain. Mengapa demikian? Karena hosting jenis Dedicated Server hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja. Dengan adanya ini, tidak akan mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu memiliki jumlah pengunjungnya meningkat. Dedicated Server juga memungkinkan penggunauntuk mengelola banyak domain pada satu server Dedicated yang dimiliki. Dengan demikian manajemen website akan menjadi semakin maksimal karena pengguna yang dapat memiliki akses kontrol dan kuasa penuh terhadap server tersebut.

    Kekurangan dari Dedicated Server

    1. Biaya yang tinggi
    Kekurangan yang dimiliki oleh Dedicated Server yaitu biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan Dedicated Server termasuk dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi yang ditawarkan maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Berbeda dengan layanan yang dimiliki shared hosting yang memungkinkan penggunanya untuk membayar sewa bersama dengan user lainnya.

    2. Pengguna harus memiliki skill yang Advanced
    Kekurangan lainnya dari Dedicated Server yaitu pengguna harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal ini sangat penting agar pengguna dapat mengelola Dedicated Server dengan maksimal. Dalam hosting Dedicated Server memiliki cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan, yang membuat pengguna harus benar-benar mempelajari pengelolaan data untuk menggunakan layanan Dedicated Server sebelum menyewanya.

    Berapa kisaran harga yang ditawarkan dalam layanan Dedicated Server?
    Di Indonesia sendiri layanan Dedicated Server ini berkisar antara Rp 1.500.000,00 per bulan. Dan harga yang paling mahal kemungkinan berkisar di antara Rp 4.000.000,00 per bulan.

    Kurang dan lebihnya silahkan komen yaaaaa ^^
    Terima Kasih, Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi / kalimat.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Tinggal Dedicated Server yang belum pernah saya coba. Meskipun ada teman yang mau memberikan DS gratis ( dan bisa saya jual), namun saya tidak sanggup. Pengetahuan hosting saya masih minim. Selain itu, saya hanya mengelola blog pribadi bukan bisnis, apalagi harga sewa mahal. Jadi shared hosting sudah cukup. VPS saja masih berlebihan. :D
     
  3. seowebhosting

    seowebhosting New Member

    Joined:
    Oct 2, 2020
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kenapa gamau bang? kan lumayan buat belajar hehe pengetahuan saya juga masih minim kok bang. kita sama sama belajar ya bang *wow2*
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Awalnya pakai VPS unmanaged saja kebingungan, apalagi nggak familier dengan linux. Perintah2 putty yg sering digunakan terpaksa saya tulis di blog agar bisa dibaca jika lupa (dan sering kali lupa) :D.
    Selain itu, tujuan sy hanya ngeblog, bukan sebagai web developer.
    Btw: Kantornya di plaosan timur, ngalam, yo?
     
  5. seowebhosting

    seowebhosting New Member

    Joined:
    Oct 2, 2020
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ahaha, iya kalau untuk blog memang share hosting sudah cukup. dedicated untuk kebutuhan skala besar soalnya.
    Betul bang sekarang sudah pindah kantor jadi di perumahan Araya, malang ;)
     
Loading...

Share This Page