Manfaat Gunakan POS Aplikasi Kasir

Discussion in 'General Business' started by harsonoegi, Apr 8, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Point of Sale atau POS adalah sistem yang dibuat untuk mendukung proses transaksi penjualan. Biasanya POS digunakan oleh para pengusaha kafe, restoran, dan pelaku usaha ritel di Indonesia. Bahkan kini POS juga bisa digunakan untuk pelaku bisnis UMKM. Lalu bagaimanakah manfaat sistem POS khususnya untuk UMKM?

    1. Memudahkan mengelola barang di toko

    Biasanya pemilik toko terkendala dalam mengelola stok barang, baik di gudang maupun toko. POS memudahkan dalam memantau jumlah stok sebab secara akurat mencatat setiap transaksi dalam sistemnya secara otomatis. Sehingga, pemilik toko bisa menganalisa produk apa saja yang paling laris dan bisa menentukan strategi penjualan selanjutnya.

    2. Melayani layanan pelanggan lebih baik

    Pelayanan sangat penting sebab membantu penjualan Anda. Sistem POS sangat mendukung Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, POS berguna dalam sistem e-commerce yang memiliki toko online.

    3. Meningkatkan keamanan

    Sistem cloud dalam POS menjamin keamanan bagi pelanggan. Data konsumen akan tersimpan dengan aman sehingga pembeli tidak perlu khawatir dalam bertransaksi secara online.

    4. Menghasilkan laporan penjualan yang lengkap dan akurat

    Transaksi secara manual rentan terjadi kesalahan oleh manusia. POS membantu staf penjualan dalam mengelola beragam transaksi, mulai dari penjualan, pengecekan stok barang hingga pencapaian keuntungan. POS membantu staf penjualan mencatat itu semua secara akurat. Cara ini lebih efektif daripada mencatatnya secara manual.

    5. Memudahkan dan mempercepat proses pengembalian barang

    Bukan hal baru terjadi pembatalan barang dalam transaksi. Sistem POS membantu dalam mengembalikan stok secara otomatis sehingga Anda dapat mempercepat pelayanan pengembalian barang. Dengan demikian, sistem POS diharapkan bisa membantu meningkatkan layanan ke pelanggan untuk beragam kebutuhan mereka.

    Dengan lima manfaat sistem POS diatas, kita dapat mempelajari mengapa sistem POS secara detil penting dilakukan, terutama jika Anda pelaku bisnis.

    Sumber: kitadigi
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    180
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    hmm mau coba nih, pasatinya ada data akurat kalau mengelola barang
     
  3. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Buat yang mau cari aplikasi gudang dan persediaan barang bisa banget coba pake software kayak vladovsoft Sklad, Bhansali Inventory, Fishbowl Inventory, Jubelio, dan masih banyak lagi.

    Tiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan, ini kasih tahu masing-masing kelebihannya.

    Vladovsoft sklad : Kelebihan fitur yang disediakan mulai dari mencatat rincian barang dari jumlah sampai lokasi barang dan kamu juga akan mendapatkannya dengan rapih menggunakan tabel. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencatat penjualan yang masuk dan keluar.

    Bhansali Inventory : Fitur mengelola pajak usaha, membuat laporan jual beli produk , mengelola pajak perusahaan, dan mencetak kuitansi terlebih untuk bisnis yang memiliki penjualan yang tinggi. Aplikasi ini sederhana dan gampang digunakan oleh pemula.

    Fishbowl Inventory : aplikasi ini dapat membaca kode barang, kamu dapat mencatat pesanan sekaligus sampai memastikan pesanan dikirimkan ke konsumen tepat waktu. Terus ada fitur yang berguna untuk memperbaharui jumlah persediaan barang di gudang dengan lebih mudah dan cepat.

    Jubelio : Ada fitur Warehouse Management System yaitu layanan untuk mengontrol secara penuh gudang sehingga meminimalisir kesalahan penginputan barang. Lalu bisa mengetahui stok barang sampai level rak dan melihat status proses penempatan, pengambilan, sampai pengepakan barang.

    Sumber : 10 Daftar Aplikasi Stok barang untuk usaha dan 6 Aplikasi Gudang untuk perhitungan stok barang
     
Loading...

Share This Page