Kerja dari Rumah, saatnya Mulai Gaya Hidup Sehat

Discussion in 'General Lifestyle' started by bimo dimas, Jun 8, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Sebelum work from home menjadi tren karena pandemi, banyak pekerja yang melalaikan kesehatan dengan alasan terimpit waktu. Ya, tak dimungkiri, pekerja kantoran di kota besar bisa menghabiskan banyak waktu di jalanan. Tak sedikit yang pergi pagi buta dan pulang tengah malam. Nyaris tak melihat cahaya matahari. Belum lagi kecenderungan duduk terlalu lama saat bekerja bisa amat buruk bagi kesehatan.

    Namun, kini dengan adanya bekerja dari rumah, kamu bisa memulai gaya hidup sehat. Waktu lebih yang biasanya kamu habiskan di jalan untuk pergi-pulang kantor kini bisa dimanfaatkan untuk olahraga, memasak makanan sehat sendiri, hingga bermeditasi untuk kesehatan mental. Memulai memang susah, tapi selalu ada jalan kok.

    1. Sarapan

    Sebagai langkah utama, jangan lupa sarapan. Dengan membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari, kebutuhan energi tubuh akan terpenuhi hingga siang hari dan yang paling penting kamu akan terhindar dari keinginan untuk mencamil di antara waktu tersebut.

    2. Kurangi makanan manis

    Walaupun nikmat, makanan yang mengandung gula nyatanya sangat susah untuk dicerna lo! Demi alasan kesehatan, segeralah ganti asupan kamu dengan makanan yang lebih sehat seperti keju, kacang, buah-buahan, dan wortel. Selain itu, jika kamu tipe yang sulit untuk tidak tidur siang, cokelat hitam atau dark chocolate dapat kamu konsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk.

    3. Masak sendiri

    Makanan yang kamu makan di luar seperti dari restoran datang dengan porsi yang besar dan kalori yang tinggi. Agar lebih sehat, tidak ada salahnya untuk memasak sendiri makananmu/ dengan komposisi seimbang.

    4. Hindari soda dan minuman yang mengandung gula

    Hindari konsumsi soda dan minuman yang mengandung gula. Walaupun kebanyakan orang berpendapat mengonsumsi minuman bersoda dapat membuat kamu bebas dari rasa kantuk, ingatlah akan dampak negatif yang akan ditimbulkan bagi tubuh. Kalori yang terkandung di dalam minuman soda hanya berupa gula yang akan menyebabkan kamu bertambah ngantuk. Apabila membutuhkan kafein, kamu bisa memilih teh hijau untuk alternatif yang lebih baik.

    5. Perbanyaklah meminum air putih

    Mengonsumsi air putih, sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk pikiranmu agar terhindar dari minuman berbahaya seperti soda, kopi bahkan camilan yang diidamkan. Selain itu, karena penyebab utama rasa kantuk ialah dehidrasi, jagalah hidrasi tubuh dengan meminum banyak air putih. Kamu juga dapat menambahkan potongan jeruk lemon atau ketimun ke dalam air putih untuk penambah rasa.

    6. Bergeraklah sebanyak mungkin

    Karena bekerja dari rumah, waktumu lebih fleksibel. Selingi dengan peregangan setelah bekerja selama beberapa jam. Berjalanlah di sekitar rumah. Usahakanlah untuk stretching atau peregangan di setiap jamnya. Tidak perlu melakukan kegiatan yang sulit. Kamu bisa menyelingi dengan melakukan pekerjaan rumah yang ringan, semisal mencuci piring atau menyapu.

    7. Bersemangat

    Agar motivasi terjaga meski kerja dari rumah, kamu perlu membuat papan inspirasi berisi motivasi gaya hidup sehat. Kamu dapat menggantungkannya di dinding kamar. Dengan begitu, kamu akan selalu teringat untuk menjalani pola hidup sehat setiap hari.

    Mudah kan ya? Mulailah hidup sehat dari sekarang.

    Sumber: Link
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kayaknya gaya hidup ane gak sehat nih, jarang sarapan, suka ngeteh ngopi kadang susu
    air putih gak banyak amat, bergerak pasti tapi bukan olahraga
     
  3. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Yang paling sering dilupakan oleh teman-teman ketika WFH. Padahal air putih bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus ketika bekerja. Jangan pernah lupa deh untuk minum air putih, siapin air putih di samping meja biar gak bolak balik ambil minumnya.
     
  4. Kanzanesia

    Kanzanesia New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gaya hidup sehat memang sangat penting saat ini, harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri *kagum*
     
Loading...

Share This Page