YouTube Selidiki Gangguan Pada Hasil Pencarian Otomatisnya

Discussion in 'General Internet' started by Tirah Wawas, Nov 28, 2017.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    YouTube telah merubah cara kerja hasil pencarian otomatisnya setelah adanya laporan bahwa sejumlah kombinasi kata – kata memunculkan istilah – istilah paedofilik.

    Pada akhir minggu lalu, banyak orang yang melaporkan ketika mengetik kata – kata “how to have” akan diselesaikan dengan sejumlah variasi dengan kata – kata “s*x with your kids”. Bahkan ada yang mencari produk tertentu hasilnya pun muncul kata – kata seperti “s*x”.

    Ada juga yang berspekulasi bahwa ada seseorang yang tidak bertanggung jawab sengaja mempermainkan hasil pencarian di YouTube.

    “Tim kami sebelumnya telah di informasikan adanya hasil pencarian otomatis yang mengganggu ini dan mereka dengan cepat telah menghapusnya,” ujar jura bicara dari YouTube yang dikutip dari BBC.com.

    “Saat ini kami tengah menyelidiki masalah ini guna menentukan apa penyebab munculnya gangguan pada autocompletion (penyelesaian otomatis) pada fitur pencarian,” imbuhnya.

    YouTube sendiri belum memberikan penjelasan kenapa kalimat “how to have s*x with your kids” muncul dan digunakan sebagai sebuah saran dalam pencarian.

    Sementara itu, Tony Stower, seorang Manajer Kebijakan dan Urusan Publik dari NSPCC, mengatakan bahwa YouTube seharusnya bisa berbuat lebih baik lagi.

    “Jejaring sosial yang jelas – jelas digunakan oleh jutaan anak – anak seharusnya tidak menyarankan konten ilegal dan berbahaya,” jelasnya.

    “Seharusnya masalah ini diperbaiki secepatnya jangan sampai diketahui oleh media terlebih dahulu, baru YouTube bertindak,” tambahnya.

    Tony Stower juga mengatakan bahwa sebuah amandemen akan dibuat pada undang – undang mengenai data proteksi di Inggris, sehingga semua layanan jejaring sosial dapat menjaga keamanan pengguna jejaring sosial.

    Ia juga mengatakan pihak NSPCC sendiri selalu mendesak para politikus untuk mendukung undang – undang tersebut.

    Lain halnya dengan Charlie Warzel, seorang penulis di Buzzfeed, ia melihat adanya gangguan pada hasil pencarian otomatis di YouTube adalah sebuah aksi yang dilakukan dengan sengaja.

    “Hasilnya terlihat spesifik dan bisa saja hasil tersebut merupakan kerjasama dari sebuah kampanye atau sistem algoritmanya,” katanya.

    Ia juga menambahkan, bisa saja itu sebuah upaya untuk mengisi hasil pencarian di YouTube untuk membuat malu situs YouTube.

    Dari hasil video yang dimunculkan dengan menggunakan kata pencarian “how to have” tidak memperlihatkan adanya video yang memiliki unsur pelecehan terhadap anak – anak.

    Gangguan pada hasil pencarian tersebut muncul seminggu setelah YouTube di kritik karena tidak melakukan tindakan yang cukup guna mengatasi para predator seksual yang mentargetkan pengguna anak – anak di situsnya.

    Merek – merek besar seperti Mars, Lidl dan Adidas menarik iklan – iklan dari YouTube setelah hasil penyelidikan yang dilakukan oleh BBC dan The Times memperlihatkan adanya akun – akun yang digunakan untuk membuat komentar yang tidak pantas pada video anak – anak.

    Sumber
     
  2. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wahh... Algoritmanya nih yang diakali...
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Atau memang itu kata kunci yang paling dicari di youtube di lokasi tersebut?
     
  4. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    hebat yang bisa ngakalain yutub
     
  5. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hebat juga ya bisa main main sama algoritma youtube
     
  6. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kok bisa ya, algorttma youtube bisa diretas orang lain?
    ini mungkin yang jahil ahli algoritma yang jahil.
     
Loading...

Share This Page