Tips Jual Sembako di Saat Pandemi

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Sep 15, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Di dalam artikel ini kami akan berbagi bagaimana cara buka toko sembako. Meskipun peluang membuka usaha sembako dinilai tinggi, faktanya banyak pelaku usaha sembako yang akhirnya terpaksa gulung tikar karena beberapa faktor. Salahnya pengelolaan dalam sistem persediaan, kurangnya pelayanan atau masalah dalam pengelolaan keuangan kerap menjadi kegagalan usaha ini.

    Namun ada satu hal tidak disangka yang menjadi faktor gagalnya usaha sembako, yaitu penentuan lokasi. Sebagai usaha yang berkaitan dengan hidup banyak orang, lokasi yang strategis merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan agar bisa menjangkau konsumen semaksimal mungkin.

    Maka dari itu pilihlah lokasi terbaik untuk memudahkan pasar potensial menjangkau toko usaha sembako yang Anda buka. Berikut akan kami berikan referensi lokasi untuk membuka toko sembako yang akan membuat usaha Anda sukses.

    1. Dalam Area Pasar

    Pasar adalah tempat berkumpulnya konsumen, tujuan mereka sudah terlihat jelas. Bicara soal pasar, tempat ini memang terbaik untuk usaha sembako. Maka pasar tradisional jelas harus masuk dalam urutan pertama. Pengunjung utama dari pasar tradisional adalah calon konsumen potensial dari usaha sembako.

    2. Dekat Kawasan Usaha Kuliner

    Selain konsumen rumah tangga, pasar terbesar dari usaha sembako adalah mereka yang mengoperasikan usaha kuliner seperti warung makan. Mereka membutuhkan suplai beras, gula, minyak goreng dan bahan lain dalam jumlah besar. Bahkan bisa jadi lebih besar dari permintaan yang muncul dari pasar rumah tangga.

    3. Kawasan Pemukiman

    Kawasan pemukiman yang jelas merupakan pasar potensial untuk usaha sembako. Tidak ada rumah tangga yang tidak membutuhkan bahan pokok. sehingga menyiapkan usaha di tengah pemukiman bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Karena membeli sembako dari Anda akan jauh lebih praktis dibandingkan pergi ke pasar atau toko sembako di tepi jalan.
     
  2. segara dian

    segara dian New Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Saya yakin sembako termasuk produk yang demand-nya tidak akan menurun drastis apalagi di masa pandemi bagaimanapun juga semua orang pasti perlu sembako. Saya juga kepikiran pengen jual sembako tp belum nemu platform yang tepat, sedangkan untuk produk rumah tangga semacam sabun cuci tangan, deterjen, hand sanitizer lain sih saya beli di Olaif yang memang sedia produk khusus rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari
     
    Last edited by a moderator: Dec 15, 2021
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Sembako selalu dibutuhkan banyak orang sih
    di pemukiman kalau ada pesaingnya juga pembeli mencari yang harganya termurah.
     
Loading...

Share This Page