Karakteristik dan Tips Dekorasi Rumah Tropis Modern

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Nov 26, 2022.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    164
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Karakteristik dan Tips Dekorasi Rumah Tropis Modern - Iklim panas dan lembap di Indonesia memang paling pas untuk menerapkan gaya rumah tropis modern. Arsitektur tropis modern sebenarnya lumayan simpel dan bahan yang dipakai pun juga mudah ditemukan.

    [​IMG]

    Kayu menjadi fitur utama dari arsitektur tropis, ini sekaligus memberikan nuansa santai dan lebih dekat dengan alam. Tren rumah tropis modern telah menyihir banyak orang, sehingga jamak yang mulai mendekorasi rumahnya bahkan dengan budget sangat besar.

    Penasaran, bahan dan desain seperti apa yang kamu perlukan untuk membawa atmosfer tropis ke hunian tercinta? Yuk, ketahui dulu karakteristiknya berikut!

    Karakteristik Rumah Tropis Modern

    Berikut ini beberapa ciri utama dari rumah tropis yang bisa diterapkan di Indonesia maupun di beberapa negara tropis lainnya:

    Rumah Tropis dengan Atap Miring

    Tidak hanya di rumah, atap miring juga diaplikasikan di beberapa bandara. Fungsinya untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari langsung atau terpaan hujan deras. Perubahan cuaca secara mendadak dan terus menerus dalam waktu yang cukup lama, membuat rumah atau bangunan lainnya mengalami beberapa masalah serius.

    Biasanya atap miring memiliki skala kemiringan 30 derajat, desain ini juga menggunakan langit-langit jenjang setinggi 2,5-3 meter lebih.

    Memiliki Banyak Ventilasi

    Suhu di dalam rumah harus terjaga dengan baik, jika tidak ini akan memengaruhi perabotan khususnya yang tak tahan suhu lembap atau panas. Pemasangan lubang ventilasi di dinding rumah berfungsi untuk proses sirkulasi udara. Ini juga berguna untuk menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan.

    Rumah tropis modern pun kerap menggunakan ventilasi silang (cross ventilation), sehingga udara yang masuk jadi lebih optimal dan membuat setiap ruangannya terasa lebih sejuk. Banyaknya ventilasi juga membuat pencahayaan alami jadi lebih mudah memasuki seluruh penjuru rumah.

    Warna Netral

    Gaya arsitektur tropis memiliki beberapa jenis, ini akan berpengaruh pada pilihan warna cat interior dan eksterior rumah. Misalnya saja, kamu ingin mencoba menerapkan gaya rumah tropis minimalis yang simpel dengan cat tembok berwarna pastel.

    Tapi, pada umumnya rumah tropis menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, hijau, terakota dan lainnya. Setiap unsur warna ini memberikan kenyaman dibandingkan dengan warna yang mencolok, misalnya saja warna kuning.

    Material Alami

    Konsep rumah tropis modern adalah kembali ke alam, di mana semua unsur material yang digunakan berupa kayu, bambu, batu alam dan barang-barang daur ulang. Tak harus baru, kamu bisa memanfaatkan material bekas dan masih layak pakai untuk menampilkan hunian tropis yang menarik dan unik.

    Tips Mudah Dekorasi Rumah Tropis Modern

    Penggunaan Material Bata Merah

    Tak harus merombak semua hunian rumah dengan gaya tropis modern, cukup di beberapa ruangan yang dirasa perlu saja, salah satunya di kamar tidur. Jika kamu memiliki tampilan dinding kamar yang biasa saja, mari kreasikan dengan batu bata ekspos di salah satu sisinya.

    Tapi, pemasangan batu bata tergolong cukup mahal. Jangan khawatir, tak perlu yang asli, saat ini banyak iklan properti yang menjual 3D wallpaper yang bisa langsung kamu gunakan di dinding kamar.

    Sentuhan Tanaman Merambat

    Tips mudah selanjutnya adalah, menanam tanaman rambat yang menjuntai dari lantai atas. Efek tanaman hijau pastinya akan membawa kesan rumah tropis yang sejuk dan menyegarkan.

    Kamu tak perlu repot untuk menanamnya dari awal, banyak dekorasi tanaman yang sudah jadi dan tinggal diaplikasi di tempat yang kamu inginkan.

    Jendela Besar dan Penggunaan Sliding Door

    Mengganti dinding dengan jendela atau pintu sliding door memang membutuhkan biaya lebih, tapi hasil yang didapatkan akan membuat tampilan rumah lebih stylish dan modern.

    Tapi, jika kamu tak ingin membuat kantong jebol, cukup ganti 2-3 jendela full kaca tanpa bingkai. Efeknya akan membuat ruangan terlihat luas dengan cahaya yang masuk lebih banyak.

    Tambahkan Tanaman ‘Tropis’

    Menggunakan tanaman tropis seperti pohon palem hias di pekarangan bisa menjadi tips jitu, agar rumah tropis modern jadi nampak lebih segar dan hidup.

    Sentuhan warna hijau dari tanaman yang juga berasal dari negara tropis dapat menjadi elemen dekoratif yang alami, serta mampu membuat tampilan hunian jadi lebih ‘komplit’.

    Ganti Keramik dengan Lantai Kayu

    Agar gaya rumah tropis modern makin terasa, mengganti keramik atau menambahkan lantai kayu bisa jadi pilihan yang tepat. Dijamin, rumah kamu akan langsung berubah 100% karena kayu dapat memberikan efek hangat dari arsitektur tropis yang minimalis.

    Lantai kayu memang memiliki jenis lantai yang berbeda dan harga yang mahal, tapi itu bukan halangan. Penggunaan lantai kayu tiruan atau lantai parket dengan harga murah, bisa langsung kamu aplikasikan di lantai rumah.

    Bagaimana, mudah sekali ‘kan menghadirkan desain rumah tropis minimalis di rumah? Buat kamu yang tertarik dengan informasi mengenai dekorasi rumah hingga properti pilihan, langsung saja kunjungi website properti yang banyak tersebar di internet.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Mungkin nilai artistiknya menggunakan lantai kayu lebih natural.
    Tapi daya tahan atau keawetanya mungkin lantai keramik lebih dapat diandalkan.
     
Loading...

Share This Page