Dampak Letusan Gunung Kelud

Discussion in 'General Discussion' started by pram, Feb 14, 2014.

  1. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Dampak Letusan Gunung Kelud, pasti sudah tahukan kalau gunung kelud meletus, beritanya bisa di baca di bersosial di link ini berikut http://ber.so/SGZ Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meletus pada Kamis (13/2), pukul 21.15 WIB. Inilah sebagian dampak langsung yang dirasakan di kota-kota besar di Pulau Jawa.

    [​IMG]

    1.Semua sekolah diliburkan
    Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memutuskan untuk meliburkan semua kegiatan belajar mengajar di sekolah karena hujan abu akibat letusan Gunung Kelud di Jawa Timur masih melanda kota pelajar tersebut.
    "Pada hari ini, Jumat (14/2), kami mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah dan meminta siswa belajar di rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana, di Yogyakarta, Jumat (14/2).
    Di beberapa wilayah Kota Yogyakarta, tebal abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud mencapai lebih dari tiga sentimeter dan hingga pukul 07.30 WIB, hujan abu masih terus turun.

    2.Bandara Adisutjipto ditutup
    Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Jumat, ditutup total akibat hujan abu dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.
    "Sejak penerbangan pertama tadi sekitar pukul 05.55 WIB, seluruh aktivitas penerbangan ditutup total," kata Humas PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Faizal Indra, Jumat (14/2).
    Menurut dia, alasan penutupan adalah hujan abu yang cukup tebal melanda Yogyakarta dan sekitarnya.
    "Alasan lain karena jarak pandang pilot hanya 200 meter dan ini sangat berbahaya. Jarak pandang ideal seharusnya 2.000 meter," katanya.

    3.Kota Surabaya diguyur hujan abu
    Sebagian wilayah Surabaya dan sekitarnya mulai dini hari hingga pagi ini dilanda hujan abu. "Saya kaget saat buka pintu rumah pagi tadi, kok banyak debu di depan. Ternyata debu ini dampak dari Gunung Kelud," ujar Aedid, warga Bulak Banteng, Jumat (14/2).
    Hingga pukul 07.30 WIB, hujan abu masih terjadi. Aktifitas warga pun terpengaruh, bahkan para siswa yang berangkat sekolah terlihat menggunakan masker, payung, dan jas hujan. "Kalau tidak menggunakan masker atau alat lainnya, tentu mengganggu saluran pernafasan dan membuat mata pedih," kata dia.

    4.Bandara Cilacap terpaksa tutup
    Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah, ditutup untuk sementara akibat hujan abu akibat letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.
    "Bandara ditutup sementara karena cuacanya sangat gelap akibat hujan abu," kata Kepala Bandara Tunggul Wulung, Banggas Silitonga, di Cilacap, Jumat (14/2) pagi.
    Dalam hal ini, kata dia, Bandara Tunggul Wulung untuk sementara tidak melayani penerbangan pada pagi hari dengan rute Halim Perdanakusumah-Cilacap pergi pulang (pp) dan Cilacap-Semarang (pp).

    Pada Kamis (13/2) malam, warga di sekitar Kaweron, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berhamburan keluar rumah dihebohkan kabar Gunung Kelud meletus setelah beberapa jam sebelumnya dinaikkan statusnya dari Siaga (Level III), menjadi Awas (Level IV).
    Selain bau belerang sudah menyebar dan sedikit terlihat kepulan gumpalan awan hitam dan semburan lava pijar di atas gunung itu dari daerah dengan radius berkisar 15--20 kilometer.
    Di sejumlah daerah terkena dampak dengan terjadinya hujan kerikil erupsi Gunung Kelud yang menyebar sampai jarak puluhan kilometer. Hujan abu juga terjadi di sejumlah daerah, baik Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.
    Perubahan status gunung yang berada di ketinggian 1.776 meter di atas permukaan laut itu relatif sangat cepat, dari sebelumnya aktif normal berubah menjadi waspada pada Minggu (2/2), dan berubah lagi menjadi siaga pada Senin (10/2) pukul 16.00 WIB, dan saat ini, Kamis (13/) pukul 21.15 WIB berubah statusnya menjadi awas.
    Letusan Gunung Kelud di antaranya terjadi pada tahun 1990, sebelumnya tahun 1966 setelah Gerakan 30 September dan tahun 1955. Letusan tahun 1990 menewaskan sekitar 250 orang dan letusan terakhir terjadi pada 2007, namun bersifat "letusan tertahan".

    Sumber : Antara
    Editor : Kristianto

    Foto : Gunung #Kelud (twitter)

    Sumber Berita : http://lampost.co/berita/inilah-dampak-letusan-gunung-kelud
     
  2. jebolontong

    jebolontong New Member

    Joined:
    Feb 14, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kasiannn Yaa. Semua pasti ada

    Kasiannn Yaa. Semua pasti ada hikmahnya
     
  3. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    alghaniy wrote:

    Aamiin :D
     
  4. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    jebolontong wrote:

    Betul sekali mbak *bagus*
     
  5. jackpamot

    jackpamot New Member

    Joined:
    Mar 4, 2014
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Si kecil yg berbahaya, masih

    Si kecil yg berbahaya, masih inget beberapa bulan yg lalu pas abunya sampe ke semarang
    #ngeri
     
  6. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    untung sekarang sudah bersih ya, untungnya juga kemarin pas musim hujan
     
Loading...

Share This Page