Hati-Hati Modus Penipuan dengan Identitas Oranglain

Discussion in 'General Discussion' started by satriajogja, Sep 15, 2013.

  1. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Berkaitan dengan posting saya sebelumnya yaitu kehilangan kamera DSLR Canon akibat penipuan, berikut modus yang digunakan oleh pelaku dan sindikat penipuan tersebut. Inti dari modus penipuan dapat dirangkum sebagai berikut. Pertama pelaku penipuan membuat iklan kredit motor tanpa uang muka pada surat kabar lokal (dalam kasus ini Harian Tribun Jogja). Setelah ada calon korban yang menghubungi, pelakupun mengajak korban bertemu untuk pemrosesan kredit. Pelaku mengajak bertemu di suatu tempat (tidak mungkin mau dikantor dealer karena memang bukanlah karyawan dealer). Dalam kesempatan ini pelaku meminta korban untuk menyerahkan identitas diri berupa KTP serta surat-surat penting seperti BPKB, STNK, Kartu Keluarga, dsb. Si pelaku pun meminta untuk membawanya terlebih dahulu untuk diproses dengan janji setelah selesai akan segera dikembalikan.

    Nah setelah berhasil membawa surat-surat penting tersebut pelaku pun kabur dengan nomer handphone yang sudah tidak aktif lagi. Nah setelah kabur membawa surat-surat tersebut maka kemudian pelaku mencari rental kamera (pada kasus saya) dan meminjam dengan identitas dan jaminan surat-surat penting milik orang lain yang dia bawa kabur tersebut. Untuk menutupi dentitas asli, pelaku berpura-pura sakit bengkak pada bagian pipi dengan perban dan menggunakan masker penutup wajah. Jika dia berhasil meyakinkan korban maka barangpun akan segera dibawa kabur dan nomer handphone tidak aktif lagi.
     
  2. Kanggarda

    Kanggarda Member

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    57
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    wah, betul betul dunia

    wah, betul betul dunia dipenuhi sampah orang tidak berguna, yang mencari uang dengan segala cara *berdarah*
     
  3. maserba

    maserba New Member

    Joined:
    May 7, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Duh, harus lebih hati-hati nih jika kita mau meminjam uang. Jangan sampai identitas kita dipakai oleh orang lain. Untung saja penipu tersebut hanya menyewa kamera di tempat jasa rental kamera, kalau sampai sewa mobil, bisa bahaya tuh.
     
Loading...

Share This Page