Cara Mencegah Wasir

Discussion in 'Health & Medical' started by BEIM, Jul 7, 2014.

  1. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]
    Cara mencegah wasir merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Alasan utama pentingnya mengetahui cara mencegah wasir adalah karena rasa sakit yang timbul dari penyakit wasir tersebut. Disamping itu efek negatif lain dari adanya penyakit wasir adalah rasa tidak nyaman, terutama untuk jangka waktu penderita yang lama.

    Informasi tentang cara mencegah wasir merupakan hal penting sebelum Anda menjadi penderita penyakit wasir. Apabila penyakit wasir sudah cukup parah bukan hanya rasa sakit yang akan timbul, juga akan mulai terjadi pendarahan ketika buang air besar (BAB). Hal ini jangan dianggap sepele, karena apabila fatal akan dapat menyebabkan anemia (kekurangan darah).

    Faktor Penyebab Wasir

    Tentu saja penyakit ambeien tidak akan mungkin muncul kalau tidak ada yang menjadi faktor penyebab wasir. Faktor penyebab wasir yang paling utama adalah kebiasaan dan gaya hidup. Kebiasaan jongkok dalam jangka waktu yang lama ketika buang air dan mengejan sangat berpengaruh pada faktor penyebab wasir. Gaya hidup tidak suka mengkonsumsi sayur dan buah-buahan kaya serat dapat menyebabkan kotoran menjadi lebih keras dan harus mengejan ketika buang air besar (BAB). Kemudian kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama. Faktor penyebab wasir diatas adalah sebagian kecil dari sekian banyak faktor penyebab ambeien.

    Cara Mencegah Wasir

    Dari penjelasan tentang faktor penyebab wasir, lantas bagaimana cara mencegah wasir yang efektif? Berikut ini adalah 5 cara efektif mencegah wasir:
    • Mengkonsusmi makanan cukup serat - serat adalah salah satu pencegah wasir yang sangat baik. Hal Ini dikarenakan kandungan serat pada makanan akan membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah saat buang air. Jadi, pastikan bahwa Anda makan makanan kaya akan serat dalam jumlah yang cukup, baik itu berupa buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak serat. Kurangnya serat pasti memberikan kontribusi untuk masalah ambeien Anda.
    • Pastikan bahwa dalam sehari Anda telah minum air dalam jumlah cukup banyak. Dehidrasi , setidaknya cukup berpengaruh kepada faktor penyebab ambeien , karena membuat tinja keras, yang membuat Anda akan merasa lebih sulit untuk buang air. Hal Itu bagian dari alasan mengapa akan timbulnya masalah konstipasi , sehingga akan menyebabkan pembuluh darah disekitar anus membengkak dan akan menjadi wasir apabila sering terjadi.
    • Jangan terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk biasanya akibat pekerjaan di kantor akan dapat menjadi faktor pendukung penyebab wasir. Biasakan untuk tetap menggerakkan badan Anda dan sesekali jalan keluar untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidak merasa tegang.
    • Menggunakan kertas tisu toilet yang lembut. Karena ketika Anda menggunakan jenis kertas tisu toilet yang kasar dan keras akan menyebabkan permukaan kulit disekitar anus Anda mengalami iritasi dan cukup berbahaya apabila Anda menderita wasir.
    • Mandi air hangat. Mandi air hangat sangat membantu Anda menghindari timbulnya wasir. Karena ketika berendam dalam air hangat semua jaringan dalam tubuh akan menjadi rileks, sehingga memungkinkan bagi Anda yang memiliki tanda-tanda penyakit wasir untuk berendam dalam air hangat untuk merileksasi otot-otot pada bagian Anus sehingga terhindar dari masalah wasir.
    5 langkah diatas merupakan tips yang dapat Anda coba sebagai cara mencegah wasir. Namun masih ada faktor lain yang menjadi penyebab ambeien.

    sumber : www.rumahwasir.co.id/artikel.php/detail/64/cara-mencegah-wasir
     
  2. V.S.M

    V.S.M Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    169
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    teman kantor saya ada yang sakit wasir juga,,mudah2an bisa membantu dia.. kasihan juga kalau ngeliat lagi kumat :(
     
  3. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    biasa jongkok ternyata menjadi penyebab wasir *kaget3*
     
Loading...

Share This Page