Perlunya Medical Check Up Walaupun Kondisi Badan Sehat

Discussion in 'Health & Medical' started by mas irwan, Aug 15, 2014.

  1. mas irwan

    mas irwan New Member

    Joined:
    Jul 1, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    medical-check-up.jpg

    Orang lebih mengenal istilah pemeriksaan kesehatan dengan istilah medical check up. Dan seringkali kegiatan ini hanya dilakukan untuk hal-hal dan tujuan tertentu. Misalnya, persyaratan pada penerimaan karyawan baru, syarat kenaikan pangkat atau jabatan dalam pekerjaan, dan jarang sekali yang melakukannya untuk tujuan mengetahui kondisi sebenarnya dari tubuh seseorang, apakah sedang menderita penyakit tertentu ataukah tidak.

    Medical check up ini bisa dilakukan baik dalam kondisi badan sehat ataupun sakit. Dalam hal ini, seorang dokter akan melakukan pendekatan diagnosis terhadap pasien dengan beberapa langkah, seperti wawancara atau anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan penunjang lainnya, seperti foto rontgen, elektrokardiografi, dan lain sebagainya. Tentunya tidak harus semuanya dilalui, setiap langkah akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

    Dengan medical check up lebih dini, akan dapat diketahui kondisi kesehatan seseorang sejak awal. Sehingga apabila suatu penyakit dapat diketahui di tahap awal, laju perjalanan penyakit bisa dihentikan atau paling tidak dilambatkan. Namun kenyataannya, rata-rata masyarakat tidak ingin melakukan pemeriksaan tersebut apabila belum benar-benar merasa sakit.

    Alasan terbesar : mereka merasa takut jika nantinya mendapati kabar buruk tentang kesehatannya. Alasan yang lain, mereka enggan melakukan medical check up karena merasa sehat, sehingga tak perlu memeriksakan kondisi tubuhnya. Intinya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memantau kesehatannya tergolong masih rendah. Karena itulah, sangat perlu sosialisasi informasi tentang pentingnya medical check up tersebut agar kesadaran masyarakat lebih meningkat.

    Sumber : Perlunya melakukan medical check up di rumah sakit
     
  2. xface2

    xface2 Member

    Joined:
    May 15, 2013
    Messages:
    529
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    biasanya perusahaan besar yg sudah mendapatkan predikat iso 9001 dan iso 140001 selalu melakukan medikal cek up terhadap karyawan2nya
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    karena dengan medical check up bisa diketahui gejala penyakit yang akan timbul..
     
  4. tipsehat

    tipsehat Member

    Joined:
    Aug 20, 2014
    Messages:
    29
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Salah satu penyebabnya orang males medical check up mnrut sy kok krn faktor males ataupun faktor budget, jngkan utk medical check up isa mencukupi kebutuhan sehari-hari aja sdh bersyukur :D
     
Loading...
Similar Threads - Perlunya Medical Check
  1. gungunguna78
    Replies:
    2
    Views:
    871
  2. Irwanto
    Replies:
    0
    Views:
    689

Share This Page