√ Penyebab Motor Matic Ngempos Saat Digas,, Yuk Simak

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Oct 9, 2019.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Penyebab Motor Matic Ngempos Saat Digas – Motor matic ialah salah satu jenis motor yang memang sangat popular sekarang ini dibandingkan dengan jenis motor lainnya yang beredar di pasaran. Motor matic menjadi sangat popular dan diminati oleh masyarakat karena kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

    Seperti motor manual maupun motor sport atau motor kopling. Mudah digunakan bentuknya yang menarik tidak perlu oper gigi lebih simpel dengan design futuristik merupakan sebagai kelebihan dan alasan masyarakat menaruh minat lebih pada jenis motor matic dibanding yang lainnya.

    Sama halnya dengan jenis sepeda motor lainnya motor matic tentu pernah mengalami kondisi yang menjadikan motor tersebut tidak nyaman untuk digunakan sehingga sangat mengganggu begi pengendaranya.

    Dan salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi pada motor matic ialah kondisi dimana motor menjadi ngempos saat digas ditarik. Kondisi tersebut bukan hanya menyebabkan keadaan tidak nyaman namun juga dapat membahayakan pengendaranya sehingga harus segera diatas.

    Penyebab Motor Matic Ngempos Saat Digas Yang Perlu Diperhatikan
    Berikut ini mengenai penyebab motor matic ngempos saat digas dan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait permasalahan pada motor matic tersebut dalam ulasan dibawah ini:

    V-belt Mengalami Kerusakan
    Penyebab yang pertama yang paling mudah dicek dari kondisi motor matic saat digas ialah v-belt yang bermasalah. Pada motor matic v-belt ialah kabel berbahan karet yang digunakan sebagai penggerak untuk menghubungkan mesin motor matic dengan roda dan menjadi bagian motor yang bertanggung jawab terhadap konversi energi serta performa mesin kepada putaran roda motor.

    Fungsi v-belt tersebut sama dengan fungsi dari rantai pada motor manual. Kondisi v-belt yang bermasalah seperti putus atau aus dapat menjadi penyebab tarikan motor ngempos karena tugas utama kabel penggerak tersebut tidak berlangsung dengan normal.

    Kompresi Mesin Berkurang
    Kompresi motor yang berkurang merupakan penyebab selanjutnya mengapa motor matic mengalami kondisi ngempos. Kompresi mesin secara definisi merupakan sebuah tekanan yang dihasilkan oleh piston mesin motor matic ketika gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil dalam proses yang terjadi di dalam mesin.

    Proses kompresi motor matic tersebut sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh motor matic. Dengan kondisi hilangnya kompresi pada motor matic akan memicu munculnya kondisi tarikan motor menjadi ngempos dan berat terutama di tarikan atas, motor di gas ngeden hingga tiba-tiba motor matic menjadi matic seketika.

    Masalah Pada Komponen Pembakaran
    Jika dalam pemeriksaan pemicu yang disebutkan diatas bukan penyebabkan maka keadaan utama yang dapat menjadikan motor matic mengalami kondisi ngempos ketika digas terutama untuk motor matic usia kuat ialah karena adanya masalah pada komponen pembakaran di dalam mesin motor.

    Masalah pada komponen pembakaran motor tersebut menyebabkan, sistem pembakaran yang tidak optimal di motor matic sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi oleh motor pun menjadi tidak maksimal.

    Beberapa komponen pembakaran yang sering sekali mengalami masalah sehingga memicu motor matic ngempos diantaranya sebagai berikut:

    Komponen Karburator
    Beberapa motor matic lama yang sering mengalami kondisi ngempos masing menggunakan sistem karburator dan belum menerapkan injeksi pada mesinnya. Masalah yang dapat terjadi pada komponen karburator motor matic diantaranya seperti kemasukan air dan tersumbat kotoran.

    Sehingga dapat menyebabkan fungsi utama karburator menjadi terganggu. Fungsi karburator ialah mencampur bahan bakar dengan udara pada jenis mesin sehingga dapat terjadi proses pembakaran. Dengan adanya masalah pada karburator maka pembakaran tidak akan berlangsung secara maksimal sehingga menjadikan motor matic ngempos.

    Fuel Pump
    Bagian dalam komponen pembakaran lain yang juga dapat menyebabkan motor menjadi ngempos ialah fuel pump. Komponen tersebut merupakan bagian dari mesin motor matic injeksi yang memiliki fungsi untuk memompa bensin ke bagian injector yang akan diteruskan ke bagian pembakaran.

    Sehingga proses pembakaran berlangsung dengan baik. Masalah pada fuel pump seperti tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin menjadi kekurangan bahan bakar untuk dibakar sehingga tekanan motor berkurang dan menyebabkan motor matic ngempos.

    Pilot Jet
    Pada sistem motor matic kita juga mengenal adanya komponen pilot jet dalam bagian pembakaran yang bertanggung jawab terhadap penyaluran bahan bakar ke dalam mesin motor untuk selanjutnya dibakar.

    Permasalahan pada pilot jet juga dapat menyebabkan motor matic mengalami kondisi ngempos. Masalah yang kerap kali terjadi pada bagian tersebut diantaranya seperti pilot jet yang buntu ataupun rusak. Rusaknya komponen pilot jet yang merupakan bagian dari sistem pembakaran tersebut juga menjadi salah satu penyebab motor boros.

    CDI Dan Busi
    Komponen mesin lain yang sebaiknya diperiksa ketika motor matic mengalami kondisi ngempos ialah bagian CDI dan Busi. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk menyediakan pengapian pada proses pembakaran di dalam mesin. Rusaknya kedua komponen tersebut dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak maksimal sehingga motor kurang tenaga meskipun gas sudah ditarik penuh.

    Bagian Filter Udara
    Filter udara ialah bagian yang berfungsi menyaring udara yang masuk kedalam mesin dalam peruntukannya untuk proses pembakaran. Masalah pada filter udara seperti tersumbatnya dapat menyebabkan proses pengapian menjadi tidak masimal sehingga energi dan tenaga yang dihasilkan pun juga tidak kuat.

    Selain filter udara bagian lain yang juga dapat menyebabkan motor matic menjadi ngempos ketika bermasalah ialah jarum skep yang berfungsi mengatur suplai gas dan bahan bakar ke mesin maupun spul yang berperan untuk proses pengapian. Simak ulasan selengkapnya DISINI
     
  2. ayongopi

    ayongopi New Member

    Joined:
    Nov 19, 2019
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
Loading...

Share This Page