√ Yuk Simak,, 7 Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin,,, !!!

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Oct 8, 2019.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin – Sepeda motor masih menjadi andalan transportasi yang sangat diandalkan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Kelebihan dari motor yang menjadikannya lebih popular di kalangan masyarakat di bandingkan transportasi lain termasuk mobil ialah karena kemudahan dalam penggunaan.

    Dengan harga yang relatif masih dapat terjangaku utamanya melalui kredit, tidak membutuhkan lahan parker yang luas seperti mobil, perawatan yang lebih mudah serta kemampuan dari sepeda motor yang dapat digunakan untuk melewati jalanan macet dan daerah yang cukup sempit.

    Dan selain karena kebutuhan masyarakat akan sepeda motor yang selalu tinggi termasuk untuk mengganti motor yang sudah cukup tua, penjualan sepeda motor yang terus naik di pasaran juga disebabkan oleh karena berkembangnya bisnis ojek berbasis aplikasi online diberbagai kota besar.

    Dengan adanya kebutuhan yang begitu tinggi dan minat masyarakat yang sangat luas menjadikan hampir pada setiap keluarga di masyarakat setidaknya memiliki satu sepeda motor meskipun sudah memiliki kendaraan pribadi lain seperti mobil.

    Dan setiap pemilik sepeda motor tentu harus memperhatikan kondisi motornya agar dapat digunakan dalam mendukung setiap aktivitas yang dijalani sehari-hari. Adanya permasalahan pada motor tentu dapat menyebabkan gangguan yang bisa menjadikan fungsi dari motor tersebut tidak dapat optimal sebagai kendaraan yang salah satunya ialah ketika motor tiba-tiba mati seperti kehabisan bahan bakar.

    Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin / Bahan Bakar
    Nah berikut ini beberapa penyebab motor mati seperti Kehabisan bensin atau bahan bakar yang perlu diperhatikan dalam uraian dibawah ini:

    Kehabisan Bensin
    Dan ketika mengalami kondisi motor yang mati kehabisan bahan bakar maka yang pertama harus dilakukan ialah memeriksa bahan bakar dari motor itu secara benar. Hal ini dikarenakan bisa jadi motor yang memang mati seperti kehabisan bahan bakar tersebut benar-benar tidak ada bahan bakar di tangkinya.

    Nah untuk mengatasi kondisi penyebab motor mati mendadak saat jalan tersebut sangat mudah yaitu hanya tinggal mengisi bahan bakar ke dalam motor dan nyalakan perlahan.

    Kran Bensin Yang Tertutup
    Pada setiap jenis motor tentu kita akan melihat adanya kran bensin atau bahan bakar yang tujuannya untuk mengatur keluar tidaknya bahan bakar dari tangki ke proses selanjutnya pada mesin. Kondisi motor yang mati seperti kehabisan bensin sebenarnya bukan kehabisan bensin yang sesungguhnya namun mungkin karena kran bensin dalam kondisi tertutup.

    Sehingga tidak ada bahan bakar yang masuk ke dalam mesin, tidak adanya bahan bakar tersebut tentu menjadikan motor tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya cukup dengan membuka kran dan menyalakan motor perlahan karena menunggu bensin untuk masuk ke mesin. Kran yang tertutup juga menjadi salah satu penyebab motor susah hidup di pagi hari.

    Pada Ventilasi Tangki Bensin Yang Tersumbat
    Sebelum memeriksa lebih jauh terkait kondisi mesin apakah bermasalah atau tidak maka hal yang sebaiknya dilakukan selain memperhatikan dua hal yang disebutkan diatas juga bisa melihat apakah ventilasi tangki bahan bakar lancar atau sedang tersumbat.

    Dan untuk memastikannya cukup dengan melihat penutup tangki yang ternyata ada bagian lubang ventilasinya dengan fungsi untuk menyamakan tekanan diluar dan didalam tangki. Jika ventilasi tersumbat maka tidak ada sirkulasi udara yang dapat menjadikan bensin tertahan di dalam tangki sehingga mesin tidak mendapatkan bahan bakar untuk proses pembakaran menjadi tenaga untuk motor berjalan.

    Komponen Main Jet Bermasalah
    Jika ketiga penyebab motor mati seperti kehabisan bensin diatas ditemukan dalam kondisi yang normal maka perlu ada pemeriksaan yang lebih rumit ke bagian komponen mesin. Dan salah satu komponen mesin yang dapat bermasalah dan menjadikan motor mati seperti kehabisan bahan bakar ialah main jet.

    Main jet yang fungsinya untuk menyalurkan bensin dari pelampung ke intake manifold yang akan diteruskan dalam proses pembakaran. Tersumbatnya bagian main jet dapat menyebabkan bensin tidak mengalir ke pembakaran sehingga menyebabkan tidak adanya tenaga yang terkonversi dari bahan bakar dan menjadikan motor mati total tidak dapat bergerak.

    Komponen Busi Bermasalah
    Motor yang mati seperti kehabisan bahan bakar seringkali terjadi pada motor lama. Selain penyebab yang disebutkan diatas komponen lain yang dapat bermasalah ialah bagian busi. Busi ialah komponen dalam sepeda motor yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api dalam proses pembakaran bahan bakar menjadi energi dan tenaga untuk motor berjalan.

    Masalah pada bagian busi seperti mati atau kabel yang terputus dapat menyebabkan motor menjadi tidak bertenaga dan mati sehingga tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya. Untuk mengatasinya maka dapat dengan membersihkan busi maupun rumahnya atau mengganti kabel yang mungkin terputus serta lakukan cara merawat busi agar tidak cepat lepas.

    Mesin Motor Overheat
    Penyebab lainnya yang menjadikan motor mati seperti kehabisan bahan bakar ialah karena mesin yang overheat atau terlalu panas. Salah satu penyebab overheat pada motor ialah oli atau pelumas yang kurang jumlahnya dan tidak berkualitas.

    Kondisi oli yang kurang dan sudah jenuh dapat menyebabkan gesekan piston di dalam mesin menjadi tidak terlindung dan memicu suhu tinggi pada mesin yang merupakan salah satu penyebab overheat pada motor. Kondisi ini juga berlangsung terus akan menyebabkan piston macet sehingga motor mati karena tidak adanya tenaga yang dihasilkan.

    Penyebab Yang Lainnya
    Dan selain beberapa kondisi yang disebutkan diatas, ada beberapa penyebab motor mati seperti kehabisan bensin lainnya seperti masalah pada komponen pembakaran di dalam mesin diantaranya seperti CDI, Spul, Kiprok maupun koil dan karburator yang kotor sehingga menjadikan pembakaran untuk menghasilkan tenaga bagi motor menjadi tidak optimal. Simak ulasan selengkapnya DISINI
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Saya pernah mengalami motor mati namun sebelumnya sudah ada tanda kerusakan dengan berkedipnya kode MIL, sampai akhirnya harus berhenti karena tidak bisa nyala, dibawa bengkel ternyata spull yang rusak, kena deh ganti spull tigaratusan ribu lebih
     
Loading...

Share This Page