√ Yuk Simak,, Penyebab Motor Habis Dicuci Susah Hidup & Tips Menghindarinya

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Oct 14, 2019.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Motor Habis Dicuci Susah Hidup – Untuk hal ini aktifitas mencuci motor memang merupakan aktifitas yang rutin bagi pemilik motor supaya motor tetap terlihat cantik. Dan apalagi saat sudah mulai memasuki musim hujan, motor biasanya akan menjadi lebih cepat kotor. Debu genangan air yang kotor, bekas lumpur di jalanan dan berbagai macam kotoran yang ada dijalanan pasti akan menempel di body motor. Tentu hal tersebut sangatlah menggangu tampilan motor.

    Namun perlu diketahui mencuci motor tidak boleh asal mencucinya saja, bahwa pencucian motor yang tidak benar bisa membuat masalah bagi motor yaitu mesin menjadi mogok. Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana bisa motor habis dicuci susah hidup ?? apa yang menjadi penyebab motor habis dicuci susah hidup ?? umumnya penyebab motor habis dicuci susah hidup dikarenakan bermacam-macam faktor.

    Penyebab Motor Habis Dicuci Susah Hidup
    Nah berikut ini ialah beberapa faktor yang menyebabkan motor habis dicuci susah hidup kembali, simak penjelasannya dibawah ini:

    Cek Kunci Kontak
    Hal ini mengapa kunci kontak haruslah dicek terlebih dahulu ?? karena hal ini merupakan hal sederhana pertama yang bisa dilakukan saat mesin mati. Coba untuk cek apakah ada arus listrik yang dialirkan dari accu ke kontak kunci yang kemudian disalurkan pada lampu sen kanan dan kiri, klakson motor, indicator lampu atau indicator gigi motor.

    Apabila semuanya menyala berarti tidak ada masalah yang terjadi pada motor. Namun apabila tidak menyala, kemungkinan selot kontak kunci terlepas dikarenakan semprotan air pada saat mencuci motor sebagai salah satu alasan kenapa motor tidak bisa distarter, hal tersebut biasa terjadi pada motor yang covernya sudah mengalami modifikasi.

    Air Masuk Dalam Karburator Mesin
    Saat kalian mencuci motor kalian kemungkinan tanpa sengaja air masuk ke dalam karburator mesin sebagai salah satu kondisi masalah pada karburator. Perlu kita ketahui bahwa karburator ialah salah satu komponen yang berfungsi untuk menyalurkan pembakaran bahan bakar mesin motor, yang bercampur dengan udara, sehingga rentan sekali terhadap adanya air. Tentu itu sangat mengganggu. Dan solusinya ialah pemilik kendaraan haruslah membuka mangkuk karburator.

    Jika dirasa ada bekas rembesan air, maka hal tersebut berpotensi adanya air masuk pada bagian tersebut. Caranya ialah dengan menutup kran bensin terlebih dahulu, kemudian buka pada bagian mangkuk karburator. Biasanya ada baut yang digunakan untuk menyumbat. Pada saat membuka baut ini, maka bensin yang berasal dari mangkuk karbu akan keluar, biarkan seluruh bensin tersebut keluar dari mangkuk karburator.

    Pada proses ini sebenarnya tidak cuma mengeluarkan bensin dari mangkuk karburator, melainkan air yang ada dalam karburator tersebut juga akan ikut keluar. Apabila keseluruhan bensin dari dalam mengkuk karburator sudah keluar semua, maka tutup saluran ini dengan memasangkan kembali bautnya. Buka kembali kran bensin kemudian hidupkan kembali mesin dengan menggunakan starter otomatis hingga berkali-kali, namun apabila motor masih tetap tidak menyala, maka kalian perlu mengecek sistem pembakaran mesin.

    Periksa Bagian Cop Busi
    Cop busi motor kemungkinan bisa menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan mogoknya motor dikarenakan air sangatlah mudah masuk pada bagian tersebut. Kalian bisa melepas pada bagian cop busi sendiri, dimana bagian ini terletak pada bagian ujung kabel busi. Cop busi ini merupakan bagian yang menghubungkan antara kabel busi dengan komponen busi motor.

    Air dapat saja masuk dan membasahi komponen ini dan berimbas pada gangguan arus pengapian sehingga api yang dihasilkan oleh mesin tidaklah maksimal. Kalian hanya perlu untuk memeriksa pada bagian dalam cop busi apakah cop busi basah atau tidak.

    Apabila cop busi basah, maka kalian perlu mengeringkan cop busi dengan menggunakan lap kering atau bisa menggunakan juga penyemprot udara. Setelah dirasa cukup kering maka pasangkan kembali cop busi hingga terkunci ke busi. Hidupkan kembali motor kalian, apabila masih belum hidup kalian dapat mencoba proses selanjutnya.

    Membuka Busi Motor
    Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan ialah membuka busi motor dengan menggunakan kunci busi. Periksalah pada ujung elektrodanya, apabila pada saat proses starter kendaraan tidak menyala, maka kemungkinan elektroda busi terkena basahan.

    Bensin yang tidak terbakar pada saat starter mesin kendaraan bisa jadi disebabkan karena busi yang basah akibat kemasukan air. Jangan khawatir, solusinya ialah langsung colokkan busi pada cop busi seperti biasa dalam keadaan posisi busi yang sudah terlepas. Kemudian tempelkan ulir busi pada bagian kepala silinder, lakukan starter dengan menggunakan kick start pada posisi kunci kontak yang sedang ON.

    Bila perapian pada busi ini berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan percikan api yang dihasilkan oleh elektroda busi. Jika tidak ada percikan api, maka menandakan ada permasalahan yang terjadi pada sistem pengapian motor.

    Kalian wajib mengecek pada bagian socket yang berkaitan dengan sistem pengapian kendaraan bermotor seperti socket CDI. Letaknya biasanya berada pada pangkal kabel busi, disitulah akan ditemukan berbagai macam komponen perapian.

    Tips Menghindari Motor Mogok Saat Dicuci
    Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari agar motor tidak mogok saat dicuci. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari motor mogok saat dicuci ialah sebagai berikut:

    • Usahakan supaya menyemprotkan air pada bagian body saja bukan pada bagian area mesin.
    • Jika hendak mencuci pada area bagian mesin, alangkah baiknya jika menggunakan busa bersabun dan kemudian disiram secara manual.
    • Sebaiknya hindari, menyemprotkan air pada bagian karbu motor dan socket area, kelistrikan motor.
    • Pada saat mencuci motor, pastikan untuk memasang penutup pada body motor, khususnya penutup samping yang berfungsi untuk menutup semua bagian kelistrikan motor.
    • Jangan sekali-kali menyemprotkan air pada bagian dalam knalpot motor, apabila ingin membersihkan area knalpot motor sebaiknya hanya bersihkan saja pada ujung knalpot dengan menggunakan busa yang sudah diberikan sabun.

    Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Penyebab Motor Habis Dicuci Susah Hidup & Tips Menghindarinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
     
    Last edited: Oct 18, 2019
Loading...

Share This Page