10 Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam Seminggu!

Discussion in 'Health & Medical' started by ihsansfd, Mar 10, 2016.

  1. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Berat badan masih jadi permasalahan umum umat seantero dunia. Setuju? Akhirnya banyak orang-orang yang nekat melakukan diet mengurangi porsi makannya dengan drastis. Akibatnya? Berat badan bukannya turun, malah makin naik karena tidak bisa mengendalikan nafsu makan dengan baik. Penyakit-penyakit menyerang, dan gagallah program diet.

    Terus, bagaimana sih cara menurunkan berat badan yang benar? Ikuti tipsnya di bawah ini!


    1. Mencari program diet ringan yang cocok
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menelusuri mana program diet yang cocok untuk Anda lakoni. Program yang sekiranya tidak menganggu aktivitas keseharian Anda dan dapat Anda lakukan secara rutin. Contohnya program diet seperti obsessive-compulsive disorder (OCD), konvensional, mayo, dan lain sebagainya.

    2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin
    Buah dan sayur merupakan contoh asupan bergizi yang kaya akan serat. Makanan yang memiliki kadar serat tinggi sangat mudah dicerna oleh tubuh. Sayur dan buah juga memiliki kadar lemak yang rendah (kecuali avokad), makanya sangat disarankan kedua jenis makanan ini dijadikan menu diet harian Anda.

    Beberapa buah yang mempunyai serat tinggi, antara lain adalah pir, pepaya, jambu biji, dan anggur. Sayur yang mempunyai serat tinggil, antara lain adalah brokoli, lobak, bayam, labu, kembang kol, kubis, dan sayuran hijau lainnya.

    Agar lebih optimum, kombinasikan sayur dengan buah-buahan. Konsumsilah 1-3 kali dalam sehari. Buah-buahan seperti pisang dan avokad lebih baik Anda hindari karena secara ilmiah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

    3. Olahraga dengan teratur
    Bila Anda memiliki cukup waktu untuk sedikit berolahraga, kerjakanlah. Jangan sia-siakan waktu tersebut, setidaknya sisakan 30 menit waktu untuk melatih alat gerak Anda. Dalam konteks ini bisa dengan olahraga jenis apa saja, seperti senam, jogging, lari ditempat, berenang, dan lain-lain. Yang penting dapat membakar lemak dalam tubuh Anda, selama tidak membahayakan bagi diri Anda sendiri.

    4. Atur pola makan yang tepat
    Dalam program diet yang Anda lakukan, silakan siapkan secarik kertas dan catat makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi, lalu berapa kali Anda harus makan dalam sehari (usahakan tak lebih dari tiga kali), dan kapan Anda harus mulai mengonsumsinya. Terlihat sepele, tetapi bisa fatal akibatnya bila diremehkan. Contohnya bila Anda telat makan, Anda akan lebih cepat lapar dan akhirnya tidak bisa menahan diri untuk mengambil porsi makan yang tidak seharusnya.

    Waktu yang disarankan untuk mengomsumsi makanan adalah pagi (7—9), siang (12—13), dan sore hari (15—19). Hindari makan pada larut malam, karena menurut riset, tidur sehabis makan itu tidak baik bagi pencernaan.

    5. Ganti sarapan Anda dengan sereal atau oat
    Ketika sarapan, usahakan jangan mengonsumsi makanan berlemak. Konsumsilah makanan yang mengandung protein serta serat tinggi untuk membantu mempertahankan berat badan Anda. Contohnya seperti sereal, oatmeal, dan makanan ringan yang mengandung gandum.

    6. Minum air putih minimum delapan gelas sehari
    Air putih dapat menghilangkan dehidrasi dan membantu proses metabolisme tubuh. Saat menjalankan program diet, sebaiknya sediakan sedikitnya delapan gelas air putih untuk Anda konsumsi setiap harinya.
    Jangan lupa untuk selalu awali kegiatan makan Anda dengan mengomsumsi segelas air putih, hal ini dapat menambah rasa kenyang sehingga nafsu makan Anda berkurang.

    7. Kurangi makanan berkalori tinggi
    Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan mengurangi makanan dengan kalori tinggi. Pada saat memulai kegiatan diet, pastikan Anda mengurangi makanan-makanan yang mengandung banyak kalori. Contohnya seperti nasi, mie instan, daging babi, dan sebagainya. Konsumsi kalori tak lebih dari 2000 kkal demi menurunkan berat badan Anda.

    8. Hindari tidur terlalu malam
    Kurang tidur juga dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Mengapa demikian? Karena saat kita tidur kurang dari yang seharusnya (normalnya delapan jam), gula darah dan produksi insulin akan meningkat sehingga memicu tubuh jadi mudah merasa lapar. Tidak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan resistensi insulin yang membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

    9. Ubah mindset Anda
    Banyak orang yang terlalu khawatir dengan berat badannya yang kian lama kian meningkat, akhirnya jadi pesimistis dalam melakukan kegiatan apapun untuk menurunkan berat badan. Pola pikir seperti inilah yang harus dijauhi, karena kalau Anda berpikir demikian maka tidak ada motivasi yang muncul untuk mengubahnya. Yakinlah, bahwa yang Anda kerjakan pasti memberi hasil positif.

    10. Konsultasi pada pakar atau orang yang berpengalaman
    Jika Anda memiliki teman yang mempunyai pengalaman berhasil dalam program diet yang dilaksanakannya, Anda bisa tanyakan bagaimana cara ia melakukannya. Lalu Anda bisa mengaplikasikannya dalam keseharian Anda. Bisa juga Anda konsultasikan pada dokter atau ahli gizi terdekat.

    Setelah tujuh hari, kini waktu yang tepat untuk menimbang berat badan Anda kembali
    Setelah semua langkah-langkah di atas telah berhasil Anda lakukan, maka kini saatnya untuk menimbang berat tubuh Anda kembali. Dan selamat, apabila setelah mempraktikkan cara ini berat badan Anda berkurang. Bila belum, tingkatkan lagi, masih ada Minggu berikutnya!

    Rujukan: http://www.indotipstricks.net/2015/12/cara-menurunkan-berat-badan.html
     
    lasealwin likes this.
  2. Wahyudi

    Wahyudi Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    thred yang sangat bagus gan sangat bermanfaat
     
  3. putra bungsu

    putra bungsu Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    357
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    dan sangat panjang sekali sampe nggak kelar saya mbacanya bosen
     
  4. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Cocok untuk yang gendut :D
     
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Saya rasa dua hal, olahraga dan mengatur pola makan adalah kunci utama dan harus
     
  6. Wahyudi

    Wahyudi Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    yang sabah rajin rajin membaca biar dapet ilmu yang bermanfaat *belajar*
     
Loading...

Share This Page