10 Gudeg Malam Jogja Yang Enak Dan Terkenal Wajib Dicoba

Discussion in 'Tourism' started by maslatip, Jun 23, 2020.

  1. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    167
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Hallo sobat bersosial, bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi info tentang makanan khas Yogyakarta yang sudah sangat terkenal yaitu gudeg. Jogja selalu identik dengan gudeg. Oleh karena itu, belum lengkap rasanya liburan ke Jogja tanpa mencicipi sajian gudegnya.

    Seperti halnya angkringan, rasanya tak terlalu sulit menemukan gudeg di Jogja. Pasalnya, hampir setiap sudut kota ini selalu ada penjual gudeg, baik pagi, siang, tengah malam atau pun dini hari. Nah, buat kamu yang kebetulan sedang kelaparan saat malam hari dan ingin mencicipi gudeg di Jogja, berikut ini saya sajikan daftar tempat makan gudeg malam Jogja yang terkenal enak recommended.

    [​IMG]

    1. Gudeg Pawon

    Sesuai namanya, gudeg ini disajikan langsung dalam pawon (pawon = dapur). Jadi, saat membelinya kamu akan diajak masuk ke dalam dapur tempat pembuatan gudeg. Nasi, gudeg, krecek, kuah areh dan lauk seperti ayam dan telur sudah tersaji di atas meja. Para pembeli tinggal antri satu persatu untuk dilayani oleh penjualnya, sedangkan tempat duduknya berupa lesehan di teras rumah.

    Rumah makan Gudeg Pawon ini buka hanya sekitar 2,5 jam mulai dari pukul 21.30 - 00.00 WIB. Meskipun buka malam hari, namun pembelinya selalu antri panjang. Jika terlambat datang, kamu mungkin akan kehabisan. Cita rasanya yang enak dan tak terlalu manis, membuat gudeg ini digemari banyak orang. Tak heran jika Gudeg Pawon menjadi salah satu ikon kuliner Jogja yang terkenal wajib dicoba.

    Bila ingin membelinya, sebaiknya kamu datang sebelum jam buka agar mendapatkan menu dalam keadaan masih lengkap. Alamat / lokasi Gudeg Pawon terletak di Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

    Gudeg merupakan salah satu makanan manis khas Jogja yang paling populer. Makanan ini terbuat dari nangka muda (baca : gori) yang direbus bersama gula jawa, santan, dan rempah-rempah. Secara umum, gudeg memiliki rasa manis. Namun, ada juga lho gudeg Jogja dengan cita rasa tak terlalu manis, malah cenderung asin dan gurih. Satu diantaranya yaitu Gudeg Bromo Bu Tekluk.

    Lokasi Gudeg Bromo terletak di Jl. Affandi (ex. Jl. Gejayan) No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun hanya berupa warung kaki lima pinggir jalan, tapi pembelinya sangat ramai. Perlu kesabaran ekstra saat membeli gudeg ini karena antriannya cukup panjang dan lama, mungkin hampir sekitar 1 jam. Jam buka Gudeg Bromo setiap malam mulai pukul 23.00 - 05.00 WIB.

    3. Gudeg Permata Bu Narti


    Gudeg Permata Bu Narti termasuk salah satu gudeg malam Jogja legendaris yang paling terkenal. Kabarnya, warung gudeg ini sudah ada sejak tahun 1951. Untuk cita rasa gudegnya manis dan gurih, porsinya lumayan banyak sehingga membuat perut kenyang.

    Warung Gudeg Permata memang hanya berupa tenda pinggir jalan, namun tiap malam hampir selalu ramai pembeli. Apalagi saat weekend, kamu harus rela antri untuk menyantapnya. Alamatnya terletak di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 - 02.00 WIB (Minggu tutup).

    4. Gudeg Kayu

    Tak kalah enak dengan Gudeg Permata, Gudeg Kayu Hj Budiharjo juga patut dicoba. Lokasinya berada di Jl. Laksda Adisucipto No.9, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka sekitar pukul 18.30 - 23.00 WIB.

    Selain gudeg, warung lesehan ini juga menawarkan nasi pecel. Gudegnya memang terbilang lezat, begitu juga dengan lauk lainnya seperti telur, tempe, tahu, ayam, ati ampela, dan gorengan. Hanya saja, porsi nasinya tak terlalu banyak. Buat kamu yang suka makan banyak, saat pesan harus bilang ke penjualnya agar ditambah porsi nasinya.

    5. Gudeg Mercon Bu Tinah

    Bosan dengan cita rasa gudeg yang manis? Kamu bisa mencoba sajian gudeg pedas di warung Gudeg Mercon Bu Tinah. Lokasinya terletak di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka tiap malam mulai pukul 21.30 hingga pukul 01.00 lewat tengah malam.

    Gudeg mercon ini sebenarnya sama dengan gudeg-gudeg lainnya, hanya saja ada tambahan oseng-oseng mercon yang super pedas. Warung Bu Tinah berupa tenda kecil pinggir jalan, tapi pembelinya cukup ramai sehingga kadang kala harus antri. Selain gudeg dan oseng mercon, tersedia olahan aneka lauk seperti telur, ceker, ayam kampung, sate ayam, ceker krispi, mendoan, dan bakwan.

    Baca Juga : Makanan Khas Semarang Yang Enak Dan Terkenal

    6. Gudeg Mercon Mbak Yuni

    Tak terlalu jauh dari Gudeg Mercon Bu Tinah, ada Gudeg Mercon Mbak Yuni yang juga bercita rasa enak. Alamatnya ada di Jl. Pangeran Diponegoro No.100, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.30 - 01.00 WIB.

    Seporsi Gudeg Mercon Mbak Yuni biasanya berisi nasi, gudeg, sayuran hijau, krecek, bihun / soun, lauk sesuai pesanan, kuah areh, dan oseng mercon. Untuk tingkat kepedasan, gudeg mercon ini termasuk sedang masih dalam kategori wajar.

    7. Gudeg Mbak Pirang

    Walaupun hanya berjualan memakai tenda kecil pinggir jalan, tapi cita rasa Gudeg Mbak Pirang (Gudeg Bu Mardjo) tak kalah enak bila dibandingkan dengan gudeg yang disajikan di restoran ternama. Menu makanan di sini antara lain berupa nasi, gudeg, krecek, kuah areh, ayam, telur, tahu, tempe, dan oseng mercon pedas.

    Cita rasa masakan gudegnya manis dan gurih. Selain rasanya lezat, keunikan gudeg ini terletak pada penjualnya yang mewarnai rambutnya dengan warna pirang sehingga dikenal Gudeg Mbak Pirang. Lokasinya terletak di Jl. Magelang No.194-196, Rogoyudan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta (samping Arsys Lighting). Jam buka mulai pukul 9 malam hingga 01.00 dini hari.

    8. Gudeg Pedes Mbah Jo

    Beralih di kawasan Gejayan Jogja, ada Gudeg Pedes Mbah Jo yang juga layak disambangi. Gudeg malam ini terbilang enak dengan banyak pilihan lauk, mulai dari rica-rica, rendang jengkol, daging ayam (dada, paha, sayap), ceker, ati ampela, oseng kikil, sate bakso, hingga tahu bakso.

    Lokasi Gudeg Pedes Mbah Jo terletak di Jl. Affandi No.35, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.30 - 04.45 WIB.

    9. Gudeg Mbak Sasha

    Masih di area Gejayan Jogja, ada Gudeg Mbak Sasha yang juga cukup ramai pembeli saat malam hari. Lokasinya persis berada pada halaman Toko Swalayan Mirota Gejayan, tepatnya Jl. Affandi No.43, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 22.00 - 23.00 WIB.

    Cita rasa gudegnya enak dan manisnya pas. Sepertinya cocok buat kamu yang baru mengenal gudeg. Apalagi di santap bareng gorengan di sana yang masih panas, hmmm... nikamat banget!

    10. Gudeg Sagan

    Nah, buat kamu yang kebetulan mencari gudeg malam Jogja dengan ruang makan nyaman layaknya restoran, maka Gudeg Sagan bisa menjadi pilihan pas. Di sana, tersedia ruangan indoor dan outdoor disertai hiburan live musik. Asyik banget deh tempatnya, tapi biasanya ramai sehingga kamu harus sabar antri ya.

    Cita rasa gudegnya enak dan tak terlalu manis. Kalau tak keliru, gudeg ini termasuk salah satu tempat makan favorit komika Raditya Dika ketika berkunjung ke Jogja. Alamat Gudeg Sagan terletak di Jl. Prof. Herman Yohanes No.54 A, Samirono, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 - 00.00 WIB.

    Demikianlah beberapa tempat makan gudeg malam Jogja yang terkenal enak wajib dicoba. Range harga makanan gudeg tersebut berkisar antara 15 - 50 ribu rupiah, tergantung lauk yang dipesan. Agar kamu tak kecewa saat membayar, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu harganya terutama saat makan di warung gudeg pinggir jalan tanpa daftar menu.
     
Loading...

Share This Page