10 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by wealthy92, May 3, 2018.

  1. wealthy92

    wealthy92 New Member

    Joined:
    Jan 12, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    1
    Sistem kekebalan (imunitas), jaringan interaktif organ, sel dan protein adalah pertahanan utama tubuh terhadap virus, bakteri atau zat asing lainnya. Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, anda akan tetap sehat dan peluang untuk sakit semakin kecil.


    [​IMG]
    Sedangkan saat kinerja sistem kekebalan tubuh terganggu, anda menjadi rentan terhadap penyakit, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh, penting untuk mengonsumsi makan sehat, istirahat yang cukup dan tidur nyenyak.

    Namun, selain pola makan yang baik dan tidur berkualitas, ada banyak hal-hal kecil yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh. Berikut adalah 10 kebiasaan sederhana yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

    1. Menjaga Kebersihan Sejak Dini

    Kebiasaan sederhana pertama yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh adalah kebersihan diri sendiri. Kebersihan diri akan membantu melawan kuman menyerang dan mencegah infeksi.

    Pada saat yang sama, anda akan menghindari penyebaran kuman ke orang lain. Cuci tangan anda sesering mingkin, terutama setelah menyentuh benda-benda yang mungkin mengandung bakteri dan kuman.

    2. Minum Banyak Air

    Tidak peduli seberapa banyak anda makan makanan bergizi, hal itu tidak akan ada gunanya jika anda tidak minum air yang cukup. Salah satu manfaat air minum adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, yang memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh anda.

    Air membantu membuang racun keluar dari tubuh dan memastikan bahwa sel-sel dan organ mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan dapat berfungsi dengan baik.

    3. Tertawa

    Jika emosi negatif seperti marah dan kesedihan dapat mengganggu kesehatan, tertawa justru sebaliknya. Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, yang pada gilirannya akan memberikan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi.

    4. Mandi Sinar Matahari

    Sinar matahari membantu produksi vitamin D, vitamin yang membantu mempromosikan kekebalan tubuh. Vitamin ini mendukung berfungsinya sel T yang membangun kekebalan dalam melawan organisme jahat.
    Jika tingkat vitamin D rendah dalam darah, anda berisiko menderita infeksi dan penyakit seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

    5. Selalu Berpikiran Positif

    Bersikap optimis, gembira dan selalu positif adalah salah satu cara agar tetap sehat. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak isyarat positif dari pikiran dan perasaan kita. Bahkan, sikap positif telah terbukti meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

    6. Mulai Hari dengan Sarapan

    Sarapan penting bagi kesehatan, tetapi makan sesuatu yang sehat jauh lebih penting. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan mengonsumis makanan sehat saat sarapan. Sayuran dan buah-buahan dikatakan memiliki dua kali lipat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

    Sistem kekebalan tubuh membutuhkan beberapa nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Antioksidan, vitamin C, E, A, dan selenium adalah beberapa nutrisi yang dapat anda temukan dalam sayuran dan buah-buahan.

    7. Meditasi

    Meditasi ternyata juga berguna menjaga sistem kekebalan tubuh. Meditasi menciptakan kondisi mental yang positif bagi sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan meditasi juga meningkatkan antibodi yang membuat fungsi sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

    8. Latihan, Olahraga, dan Berjalan Kaki

    Latihan dan olahraga adalah salah satu cara yang paling penting dalam mempromosikan kekebalan tubuh. Jika anda tidak punya waktu untuk latihan intens, berjalan kaki harian 30 menit bisa anda coba agar organ di tubuh berfungsi dengan baik.

    9. Mendengarkan Musik

    Kebiasaan lain yang bisa membuat anda sehat adalah mendengarkan musik. Ketika anda mendengarkan musik, ada peningkatan antibodi immunoglobulin A dalam tubuh. Antibodi ini berperan penting dalam sistem mukus dan menjaga sel-sel sehat.

    10. Hindari Gula

    Jika anda ingin kondisi kesehatan yang lebih baik dan imunitas yang tinggi, satu hal kecil yang dapat membuat banyak perbedaan adalah membatasi konsumsi gula pada makanan yang anda makan. Kebiasaan ini akan terasa manfaatnya dalam jangka panjang.

    (mw/kr)

    sumber : magwuzz.com
     
    lasealwin and Damar like this.
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    621
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih informasinya, mudah-mudahan dengan tip yang diberikan tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit, kalau tubuh sehat bisa melakukan aktifitas harian dengan nyaman, kalau tidak sehat akan terganggu aktifitasnya
     
    Damar likes this.
  3. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    551
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  4. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    232
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
  5. GaluhRama

    GaluhRama New Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    nice inpoh nih! wajib diterapin!!
     
  6. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalau bahas tertawa untuk kekebalan tubuh agak dilema sih, soalnya, kalau nanti tua pasti kebanyakan senyum bikin keriput hahaha
     
    AfnanKhawari likes this.
  7. Bagus_permadi

    Bagus_permadi New Member

    Joined:
    Nov 29, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Informasinya sangat bermanfaat, terima kasih..
     
  8. Alamsyah

    Alamsyah New Member

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Jgn begadang..dimarahin bang Roma..
     
  9. Balqis

    Balqis Member

    Joined:
    Apr 25, 2018
    Messages:
    58
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    satu lagi, jangan cumak mandi sinar matahari aja, tapi mandi air juga *ketawa4*
     
  10. Anggarawepe

    Anggarawepe Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Nomor 8 betul itu..
    Tambahin juga, olah raganya jangan terlalu capek... Malah bikin sakit jadinya..
     
  11. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    160
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Maksudnya berjemur matahari pagi kali ya??
     
  12. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,864
    Likes Received:
    168
    Trophy Points:
    63
    olahraga aktivitas yang harus, boleh juga digantikan dengan jalan kaki dan bersepeda saat hendak kemana-mana....
    salam...
     
  13. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    244
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    ini yang bagus untuk dilakukan, karena selain berefek sehat juga terhindar dari penyakit hati :)
     
  14. sfidn

    sfidn Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    latihan, olahraga dan jalan kaki, ane rasa itu hal yang sama gan. hahahaa
    intinya olahraga, dan kalau tidak menggunakan teknik olahraga yang baik, yang ada bakalan cedera. gak bikin kekebalan tubuh bertambah.
     
  15. Nas Ozil

    Nas Ozil New Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    lumayanlah...dapat ilmu
     
  16. tajba

    tajba New Member

    Joined:
    Sep 10, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Informasinya sangat bermanfaat
     
  17. Meetechno

    Meetechno New Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    29
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Tidur 8 jam sehari :D
     
Loading...

Share This Page