10 Makanan Asia Yang Paling Enak

Discussion in 'General Discussion' started by kdvid, Sep 25, 2017.

  1. kdvid

    kdvid New Member

    Joined:
    Sep 22, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]


    Massaman curry

    Hidangan khas Thailand ini diberikan predikat sebagai salah satu makanan terenak di Asia oleh CNNGo. Racikan bumbu dan bahan yang segar membuat kari yang satu ini sangat menggugah selera. Untuk penyuka makanan pedas terutama kari, hidangan ini cocok disajikan bersama nasi hangat.

    Massaman curry adalah hidangan kari khas Thailand yang berasal dari kaum muslim di Thailand. Konon hidangan ini berasal dari Thailand Tengah di pusat Ayutthaya yang pada abad ke 16 dibawa melalui utusan Persia dan pedagang.

    Namun ada juga informasi yang menyebutkan hidangan ini berasal dari Thailand Selatan dan dihubungkan dengan pedagang dari Arab. Pedagang membawa rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, pekak, jinten cengkeh, dan pala dari Indonesia ke pantai selatan Thailand.

    [​IMG]

    Peking Duck

    Bebek Peking adalah makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing.

    Makanan bebek Peking ini juga ditemui di Taiwan, dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yang kalah perang saudara dan mundur ke Taiwan tahun 1949.

    Bebek Peking dibuat menggunakan daging bebek khusus diternakkan untuk makanan ini. Bebek-bebek digemukkan dengan cara memberikan makanan bergizi, pada saat bebek-bebek kekenyangan, peternak-peternak mungkin saja memasukkan makanan ke dalam kerongkongan sang bebek secara paksa. Ini yang kemudian menjadikan bebek Peking juga dikenal dengan nama bebek isi. Bebek tadi disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus yang akan menambah wangi daging bebek yang dipanggang.

    [​IMG]

    Ramen

    Ramen adalah mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari Cina dan telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang.

    Ciri khas dari ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning merupakan hasil buatan tangan atau buatan mesin. Sekilas memang mirip dengan mie instan yang ada di Indonesia. Namun mie ramen memiliki diameter yang lebih kecil. Mie tersebut dimasukkan ke dalam kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu.

    Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap.

    [​IMG]

    Dimsum

    Dim sum adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

    Dim sum sudah dikenai sebagai makanan popular sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan makan dim sum konon bermula pada periode Jalur Sutra (Asia Tengah ke Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M). Ketika itu para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di . kedai teh pinggir jalan untuk minum teh di sore hari.

    Kebiasaan ini sempat memudar pada abad ketiga gara-gara Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan ngemil dim sum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk. Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini. malah menjadikan dim sum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha (mandarin yincha) yakni minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat sambil menyantap dimsum.

    [​IMG]

    Som tam

    Som Tam adalah salad segar khas Thailand. Di beberapa negara ada pula versi yang sedikit berbeda, misalnya saja di Kamboja dikenal dengan nama Bok I’hong, di Laos disebut Tam Som, dan di Vietnam dikenal dengan sebutan Goi Du Du. Dari beberapa versi tersebut, versi Thailand disebut-sebut sebagai versi yang paling lezat.

    Jika umumnya pepaya dikonsumsi dalam keadaan matang berwarna kuning kemerahan, Som Tam menggunakan bahan utama pepaya yang belum matang. Pepaya yang masih berwarna hijau dan keras ini dikupas kemudian diserut sehingga menghasilkan potongan-potongan kecil yang cukup panjang dan renyah.

    Som Tam bisa dikonsumsi kapan saja, pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Di siang hari yang terik, Som Tam sangat cocok karena rasanya yang segar. Setelah menikmati sajian daging atau ikan, Som Tam bisa menjadi pilihan makanan pencuci mulut.

    [​IMG]

    Pad thai

    Pad thai - sering juga dieja sebagai phat Tthai - adalah ikon kuliner Thai. Ia bahkan merupakan satu-satunya makanan yang menyandang nama Thai. Pad thai memang ternyata punya peran penting dalam sejarah Thailand. Nama Thai sengaja diberikan ketika makanan ini dipopulerkan sekitar tahun 1930-an untuk membangkitkan semangat nasionalisme.

    Pad Thai juga dimaksudkan sebagai upaya untuk mengurangi konsumsi beras, sekalipun mi yang dipakai sebetulnya juga dibuat dari beras. Pad Thai adalah kuetiauw goreng khas Thai. Pad dalam bahasa Thai memang berarti goreng. Pad thai dan kuetiauw goreng sama-sama memakai mi gepeng lebar dari beras, sama-sama memakai tauge dan kucai, pad thai juga sering disajikan dengan protein berupa daging sapi atau seafood. Isian lainnya adalah tahu kuning padat yang diiris kecil kecil. Aroma bawang putih, ebi, dan nam phla (saus ikan) menguar dengan cantiknya dari masakan panas ini.

    [​IMG]

    Tom yam

    Tom yam adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal.

    Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

    Makanan ini memiliki rasa yang enak dan sedap juga bisa dinikmati kapanpun yang anda inginkan. Untuk membuat makanan yang satu ini tentunya sangat mudah dan praktis sehingga anda dapat membuatnya sendiri.

    [​IMG]

    Sushi

    Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras (mizkan), garam, dan gula.

    Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas dalam nasi adalah karena cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino pada daging ikan. Hasilnya salah satu dari lima rasa dasar yang menyehatkan.

    Sampai tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus dan terbatas pada sushi pesan-antar. Walaupun rumah makan kaitenzushi yang pertama sudah dibuka tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud di tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi, di Indonesia sendiri sushi baru mulai populer di era 2000-an meskipun sebelum itu sebetulnya sudah ada restoran Jepang yang menyediakan sushi.

    Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi.

    [​IMG]

    Nasi goreng

    Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

    Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

    Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

    [​IMG]

    Rendang

    Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

    Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

    Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

    [​IMG]

    BONUS

    Yang mana favorit agan ?

    Source
    http://kdvproduction.blogspot.com
     
    Last edited: Sep 25, 2017
  2. Dhika Suryaatmaja

    Dhika Suryaatmaja Member

    Joined:
    Aug 4, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Rendang paling nendang :cool:
    *bagus*
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    yg dari luar baru pernah nyobain Ramen aman dimsum doang, tapi tetep sih enakan makanan kita, apalagi Rendang hihi
     
  4. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    255
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    makanan wajib tiap pagi bikin sarapan nasi goreng,,,min nasi uduk ga masuk nominasi?:D
     
  5. Zanzetta

    Zanzetta New Member

    Joined:
    Sep 26, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selain daging bebek, usaha kuliner lain juga dapat coba misalnya tempat bissteak dimana dapat menggunakan daging sapi premium sehingga semakin laris usaha yang anda jalankan.
     
  6. kmisty

    kmisty New Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nasi Goreng itu tua muda bahkan vegetarian banyak yang suka..
     
Loading...

Share This Page