10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan Kamu Mungkin gak Nyangka

Discussion in 'Health & Medical' started by kickbisnis, May 6, 2017.

  1. kickbisnis

    kickbisnis Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Secangkir Kopi

    MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN
    | Kopi merupakan minuman dari seduhan biji kopi yang di sangrai atau dimasak kemudian dihaluskan dan menjadi bubuk kopi, perlu diketahui pula kopi merupakan salah satu minuman favorit didunia dikutip dari hipewee.com masyarakat dunia mengkonsumsi kopi lebih dari 5 milyar cangkir kopi setiap hari, dengan jumlah penduduk dunia sebanyak 6miliar jiwa jika konsumsi kopi mereka adalah 2x sehari itu dapat di asumsikan bahwa jumlah penikmat kopi di seluruh dunia mencapai 2,5 milyar orang adalah penikmat kopi dan 4 milyar orang didunia sudah pernah menikmati secangkir kopi woww! Angka yang besar bukan? Bukan angka yang menakjubkan kalau dibandingkan dengan secangkir nikmat dan sejuta manfaat kopi bagi kesehatan itu sendiri. Berikut manfaat dibalik nikmatnya kopi bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.
    Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

    1. Manfaat Kopi Dapat meningkatkan semangat kerja

    Mungkin anda sering merasa lelah dan letih pada saat beraktifitas dengan meminum secangkir kopi dapat menjaga tubuh anda dengan pembaruan energi, tubuh akan terasa lebih segar berenergi. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi membuat aliran darah dan penyerapan oksigen dalam tubuh akan meningkat.

    2. Manfaat Kopi Dapat Mencegah Penyakit Diabetes
    Konsumsi kopi diketahui dapat meningkatkan kadar SHBG dalam darah, sehingga menurunkan risiko diabetes. SHBG adalah Jenis potein yang disebut sex hormone–binding globulin (SHBG) yang berfungsi untuk mengatur hormon jenis kelamin, ternyata berperan dalam mengendalikan diabetes tipe 2.

    3. Manfaat Kopi Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

    Manfaat Kopi Bagi kesehatan selanjutnya adalah kopi dapat mencegah penyakit atau sindrom Alzheimer, Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat,berbicara dan kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan pada otak yang sifatnya progresif alias berlahan lahan. Dan studi baru oleh para ilmuan terhadap peserta dengan usia 65 hingga 85 tahun menunjukan bahwa menemukan tanda tanda demensia dan gejala awal Alzheimer pada mereka orang orang yang mengkonsumsi lebih sedikit dibandingkan mereka orang orang yang mengkonsumsi kopi lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan kafein dalam kopi dinilai dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap kemampuan otak untuk menyimpan memori.

    4. Manfaat Kopi dapat mencegah Depresi

    Depresi secara umum merupakan kesehatan dalam ilmu psikologi, manfaat kopi dapat mencegah depresi itu sendiri dikutip dari dailymeal Kopi dapat menghindarkan diri anda dari perasaan tertekan. Sebagaimana sebuah studi yang diikuti oleh 50.000 wanita antara usia 35 hinga 50 tahun, orang yang mengkonsumsi kopi terhindar dari resiko depresi hingga 15%. Hal ini mungkin disebabkan karena kafein dalam kopi yang membuat seseorang lebih aktif dan waspada.

    5. Kopi dapat mencegah penyakit kanker

    Adapun beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi hal itu dikemukakan dalam sebuah penelitian oleh para ahli dan ilmuan berikut beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi:

    a. Kanker Otak American journal institution

    b. Kanker payudara dilakukan oleh keio university di jepang

    c. Kanker kulit dilakukan oleh peneliti di Brigham and Women's Hospital, Boston

    d. Kanker hati dilakukan di university of Minnesota

    e. Kanker prostat dilakukan oleh harvard school public health

    f. Kanker usus National Cancer Institute Amerika

    g. Kanker endometrium thedailymeal 28/09/2012



    6. Manfaat Kopi Menurunkan Resiko Multiple Schlerosis

    Kombinasi sebab dan akibat dalam temuan tersebut belum sepenuhnya terkonfirmasi namun dipercaya kandungan kafein dalam kopi yang bermanfaat dan mempunyai efek protektif atau perlindungan terhadap otak dan sumsum tulang belakang. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal peeer-reviewed, yaitu jurnal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatryedisi 3 maret 2015 mengungkapkan orang yang rajin meminum kopi lebih terlindungi dari resiko Multiple Schlerosis.

    Multipe Schlerosis adalah penyakit progresif yang secara berlahan lahan muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung syaraf (mielin) dalam otak dan saraf tulang belakang.

    7. Manfaat kopi untuk kesehatan dapat mencegah Parkinson

    Mengkonnsumsi kopi dalam takaran yang teratur tidak sampai berlebihan setiap hari dapat mencegah penyakit parkinson. Sepertinya anda tidak ingin mendapati diri anda mengidap parkinson karena parkinson adalah sebuah sebuah penyakit yang disebabkan kerusakan secara bertahap sel otak tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh (motor system).

    8. Manfaat kopi bagi kesehatan Mencegah Encok

    Sebuah studi yang dilakukan pada banyak pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dan resiko encok atau nyeri sendi peradangan yang disebabkan oleh tingginya asam urat. Baik itu kopi biasa maupun kopi tanpa kafein akan memberikan dampak positif pada mereka yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko 60 persen lebih rendah terkena serangan dan kondisi encok.

    9. Manfaat Kopi Mengandung Antioksidan tinggi

    Antioksidan adalah molekul yang mempu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reksi kimia yang menghasilkan radikal bebas(oksidan) yang memicu reaksi berantai yang dikhawatirkan dapat merusak sel. Dan kopi memiliki anti oksidan yang tingi, hal tersebut di kemukakan oleh seorang peneliti Edward Giovannucci dalam “Cancer Epidemology, Biomarkers & Prevention” Harvard , bahwa kopi memiliki jumlah antioksidan lebih banyak daripada kebanyakan buah dan sayuran. Bahkan kopi merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi dibandingkan makanan lainnya yang dikonsumsi oleh orang amerika sehari hari.
    Intisari Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
    Dari segudang manfaat yang ada dan terkandung dalam kopi seyogyanya kita harus bijak dalam mengkonsumsi kopi janganlah berlebihan, meminum kopi yang dianjurkan adalah 2x sehari tidak lebih juga tidak kurang karena segala sesuatu yang berlebihan memiliki efek yang tidak baik apapun itu baik kopi maupun segala sesuatu hal didunia ini begitu juga jika kurang akan manfaat yang diperoleh tidaklah maksimal. Sebenarnya meminum kopi tidaklah dianjurkan dengan mencampur dengan bahan lainya namun rasanya tidaklah enak mungkin kalau meminum kopi yang hanya diseduh tanpa menggunakan gula pahit mungkin, namun jika kita membuat kopi dianjurkan juga tidak terlalu banyak gula karena takaran gula yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit gula alias diabetes, cukuplah perbandingan 1:1 antara kopi dan gula yang artinya sesendok kopi dan sesendok gula adalah takaran untuk segelas kopi.




    Ayo Ngopi . . .

    Sekian dan semoga bermanfaat...
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Ayu ngopi ... biar jadi kopi kehitam-hitaman gitu ...
     
  3. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    416
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Kopi hitam semangatku. Hhe
     
  4. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    mantap, saya pecinta kopi :D
     
  5. awandeys

    awandeys Member

    Joined:
    Mar 14, 2017
    Messages:
    34
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Kopi yang ada rasa kecut-kecutnya itu kopi dari mana ya den ?
     
  6. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    571
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Iya jadi nggak ngantuk jadi semangat haha
     
  7. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,728
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wah baca thread ini makin nikmat kalo sambil minum kopi :D:D
     
Loading...

Share This Page