10 Perbedaan Saham dan Crypto – Lebih Untung Mana ?

Discussion in 'General Business' started by Herwin Junior Situmorang, May 1, 2021.

  1. Herwin Junior Situmorang

    Herwin Junior Situmorang New Member

    Joined:
    Nov 24, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Akhir-akhir ini Crypto menjadi primadona invetasi di tengah pasar saham yang kurang bertenaga, bahkan muncul kekhawatiran telah terjadi pergeseran investor bursa saham ke aset digital secara besar-besaran. Kerena memang keuntungan aset-aset crypto saat ini melonjak tinggi, sehingga banyak para pelaku pasar saham hijrah ke cypto. Tetapi selanjutnya muncul pertanyaan apa sih emang perbedaan Saham dan Crypto ?

    Anda berada di tempat dan waktu yang tepat, artikel ini akan menjabarkan apa saja perbedaan saham dan crypto yang paling mendasar, karena kedua instrument ini adalah jenis kendaraan investasi yang sangat berbeda, meskipun saham dan cypto sama-sama bisa ditradingkan.

    1. Tujuan
    Cypto :

    Crypto awalnya diciptakan sebagai mata uang yang diharapkan diterima oleh masyarkat dunia untuk melakukan segala jenis transaksi pembayaran. Cryptocurrency adalah mata uang yang dibuat untuk menggantikan mata uang yang ada saat ini yang tentu jauh lebih berteknologi, aman, cepat, simple dan murah.

    Saham :

    Sedangkan saham diciptakan untuk menghimpun dana dari masyarakat. Dana ini nantinya digunakan untuk mengembangkan perusahaan. Sebagai gantinya investor menjadi pemilik perusahaan tersebut dimana nantinya saham ini bisa diperjual-belikan dan deviden saham.

    2. Kegunaan
    Cypto :

    Dengan crypto kita bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran antar negara lebih mudah dan cepat, ketimbang menggunakan kartu kredit dan transfer antar bank. Bahkan crypto bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan pinjaman di platform tertentu.

    Saham :

    Sementara saham tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran, karena saham memang bukan uang.

    3. Volatilitas market
    Crypto :

    Baik crypto dan saham memang memiliki volatilitas yang tinggi. Perbedaan saham dan crypto terletak pada aset-aset cyrpto yang kenaikan ataupun penurunan harganya tidak dibatasi. Naik ratusan persen atau turun ratusan persen itu hal yang biasa dalam dunia crypto.

    Saham :

    Sementara di saham, kenaikan dan penurunan harga saham dibatasi oleh regulasi pemerintah. Seperti di Indonesia ada ARA (auto reject atas) dan ARB (auto reject bawah).

    4. Jam Operasional
    Crypto :

    Crypto buka 24 jam nonstop selama 7 hari.

    Saham :

    Sedangkan di saham ada jam buka dan jam tutup serta ada hari libur.

    5. Regulasi pemerintah
    Crypto :

    Karena crypto adalah bitcoin maka dianggap sama seperti emas, yaitu produk komuditas sehingga diawasi oleh Bappeti (Badan Pengawasan Perdagangan Bejangka Komoditi). Perlu diketahui crypto tidak diawasi oleh OJK karena tidak dianggap sebagai produk jasa keuangan.

    Saham :

    Sementara di saham, aktifitasnya di fasilitasi oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    6. Analisa Aset
    Crypto :

    Perbedaan saham dan crypto selanjutnya yaitu, di crypto sangat sulit menganalisa fundamental aset yang ada atau nilai intristiknya dikarenakan crypto tidak memiliki aset dasar (underlying asset). Sehingga kenaikan harga crypto sangat identik karena hukum penawan dan permintaan di pasar. Sehingga kalau Anda yang ingin berinvestasi perlu sangat berhati-hati dan selektif di aset-aset crypto ini.

    Saham :

    Sedangkan di saham fundamentalnya lebih mudah dianalisa karena memiliki fisik, yaitu tergantung pada kinerja keuangan, pendapatan perusahaan dan potensi berkembang di masa depan.

    7. Aktifitas investasi
    Crypto :

    Sebuah aset crypto bisa ditradingkan, bisa dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman, bisa diinvestasikan, dan bisa ditransfer ke pihak lain serta bisa dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman.

    Saham :

    Sementara di saham hanya ada trading dan mendapatkan deviden.

    8. Penyimpanan Aset
    Crypto :

    Aset Crypto disimpan di wallet yang disediakan oleh exchange. Exchange adalah platform yang digunakan untuk mempertemukan penjual dan pembeli untuk aset-aset kripto.

    Saham :

    Sementara di saham tidak disimpan di perusahaan sekuritas yang Anda pakai, tetapi di simpan oleh KSEI (Kustodian Setral Efek Indonesia). Jadi, meskipun perusahaan sekuritas Anda bangkrut sekalipun, saham yang dimiliki tetap aman karena disimpan di KSEI.

    9. Penerbit aset
    Crypto :

    Siapapun bisa menerbitkan aset-aset crypto yaitu token, tetapi sebelumnya perlu diketahui coin dan token itu dua hal yang berbeda. Coin memiliki blockchain sendiri, sedangkan Token nebeng atau numpang di blockchain coin. Jadi, siapapun bisa menerbitkan token.

    Saham :

    Sedangkan di saham agar sebuah perusahaan bisa go public atau listing di BEI (Bursa efek Indonesia) harus memenuhi beberapa regulasi yang harus ditaati. Sehingga tidak semua perusahaan bisa IPO, makanya hanya ada 700-an perusahaan yang listing di BEI.

    10. Keamanan
    Crypto :

    Karena aset crypto disimpan di wallet yang ada di exchange yang berada di jaringan internet maka kemanannya rentan di hack peretas. Jadi apabila exchange diretas oleh para hacker, maka exchange tidak bertanggung jawab karena exchange hanya sebagai perantara transaksi.

    Saham :

    Sementara di saham aset kita di simpan di KSEI (Kustodian Setral Efek Indonesia) di fasilitasi oleh BEI dan diawasai oleh OJK. Belum pernah sejarahnya berita saham hilang, contohnya : “telah hilang saham BBRI 10 lot”, saya tidak pernah mendengar berita seperti itu
    Itulah beberapa perbedaan saham dan crypto yang semoga memberikan insight untuk Anda dalam memilih investasi.

    Jadi, Lebih untung investasi saham vs crypto ?
    Dari penjelasan perbedaan saham dan crypto diatas, sebenarnya sulit menyimpulkan mana yang lebih menguntungkan itu semua tergantung tipe dan tujuan investasi. Setiap instrumen investasi akan selalu mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

    Tetapi yang paling penting pahami dan kenali dahulu secara baik investasi apa yang Anda akan pilih, karena resiko kerugian itu muncul akibat kurangnya ilmu tentang apa yang Anda lakukan, jangan pakai uang Anda untuk sesuatu tidak dipahami terlebih apalagi ikut-ikutan saja..

    So, kira-kira kamu team saham atau team crypto ya guys ? please, tulis di kolom komentar..
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,132
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Sejak crypto ada sampai kini, tetap nggak paham :oops:
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,722
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih jadi lebih paham perbedaanya dengan saham
    dulu pernah punya sedikit Bitcoin tapi sudah dijual, kalau tidak mungkin jika dijual sekarang harganya jauh lebih tinggi
    Sekarang yang lagi trending kayaknya Dogecoin, gegara Elon Musk pengin bawa Dogecoin ke bulan.
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,654
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Saya malah gak tau kapan crypto ada :D,
    tapi berbekal iseng & pengen support arto... akhirnya nyoba juga
    [​IMG]
     
  5. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau gue kebalikannya nih, adanya Crypto gak ada saham wkwkwk padahal uda diajakin temen main dari tahun lalu tapi tetep aja gak gue lakuin wk
     
Loading...

Share This Page