10 Tips Efektif Membuat Anak Anda Mandiri

Discussion in 'General Lifestyle' started by Septiano Pratama, Mar 29, 2021.

  1. Septiano Pratama

    Septiano Pratama New Member

    Joined:
    Feb 4, 2021
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagaimana Mengajari Anak Anda Menjadi Mandiri
    Ada banyak cara untuk melatih anak mandiri dan tetap menikmati masa kecilnya sebagaimana mestinya.

    manfaat-anak-mandiri-dapat-meningkatkan-kepercayaan-diri.jpg

    1. Beri Dia Tanggung Jawab yang Bisa Dia Tangani
    Anak Anda tidak perlu mulai menangani keuangan rumah dan membuat keputusan besar. Kemandirian perlu dimulai dari diri sendiri dan dari sanalah Anda dapat membantu anak Anda. Jika Anda berencana piknik dan membutuhkan anak Anda untuk membantu Anda, berikan dia tugas-tugas sederhana seperti membuat daftar barang yang mungkin Anda perlukan atau pergi dan mengemasi tasnya sendiri untuk perjalanan akhir pekan singkat yang mungkin Anda lakukan.

    2. Hindari Mencampuri Urusan Anak Anda
    Banyak orang tua mengacaukan bimbingan dengan berpegangan tangan dan terus-menerus campur tangan dalam tindakan anak jika dia melakukan sesuatu yang salah atau memakan waktu lebih lama dari yang dibutuhkan. Ketika anak Anda masih kecil, ada baiknya membimbing anak Anda dengan beberapa instruksi atau saran terbuka yang menginformasikan kepadanya tentang kemungkinan bahwa tugas tersebut dapat diselesaikan dengan cara yang lebih mudah. Tetapi saat dia tumbuh dewasa, biarkan dia mendatangi Anda jika dia membutuhkan bantuan, daripada campur tangan yang tidak perlu.

    3. Perkenalkan Pilihan Dengan Pilihan Terbatas
    Menanyakan kepada anak Anda apa yang ingin dia makan di restoran bisa membuatnya kewalahan karena menu restorannya cukup banyak. Sebaliknya, pilih banyak opsi dari menu dan minta dia untuk memilih dari opsi yang dipilih. Memulai dengan jumlah terbatas dapat membantunya membuat pilihan dengan mudah dan mempersiapkannya untuk pilihan yang lebih baru.

    4. Biarkan Anak Anda Membuat Keputusan Sendiri Setiap Saat
    Anda mungkin lebih suka menyuruh anak Anda mengerjakan pekerjaan rumahnya sebelum dia pergi bermain. Tapi dia mungkin lebih suka bermain dulu baru menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Biarkan anak Anda sedikit kebebasan dalam aspek yang lebih kecil, seperti memilih apa yang akan dikenakan atau makanan apa yang akan dimakan di malam hari. Dan selama dia melakukan apa yang dia janjikan, Anda seharusnya tidak memiliki masalah.

    5. Miliki Empati Terhadap Anak Anda
    Anak Anda baru saja belajar mandiri, jadi itu tidak akan mudah baginya. Hindari memarahinya atau merendahkannya, bahkan jika dia gagal melakukan sesuatu yang cukup sederhana. Berada di sana untuk mendukungnya dan membantunya jika dia memintanya, tanpa menghakiminya.

    6. Jangan Jadikan Kegagalan Sebagai Masalah Besar
    Akan ada saat-saat ketika anak Anda mungkin gagal dalam suatu hal, dan jelas, dia akan kecewa. Hibur dia dan beri tahu dia bahwa tidak apa-apa untuk gagal. Ajari dia untuk belajar dari kegagalan itu, bangun dan coba lagi. Dia bahkan mungkin mengulanginya meskipun sudah diperingatkan. Tidak apa-apa, biarkan dia belajar dari kesalahannya. Beri tahu anak Anda apa yang seharusnya bisa dia lakukan dengan lebih baik, tetapi jangan hubungkan kegagalan dengan dia. Ini bisa sangat menghambat harga dirinya.

    Baca Selengkapnya: Cara Mengajari Anak Mandiri Sejak Dini
     
  2. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    mantaaap membantu sekali mas artikelnya
     
  3. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Tapi bukan berarti kita acuh ya, kita sebagai orang tua kudu menunjukan jalan juga untuk mereka hehe jangan sampai salah. Semangat yang mau jadi orang tua hehe
     
Loading...

Share This Page