10 Tips Sebelum membeli Smartphone Second

Discussion in 'Android' started by Bagas Pramudita, May 10, 2019.

  1. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Pada saat ini Smartphone terbaik mempunyai fitur-fitur yang sangat canggih dan mempunyai body yang sangat trendy. Eitsss, Smartphone terbaik mempunyai harga yang relatif mahal guys.

    Salah satu alternatif terbaik untuk membeli smartphone terbaik ini adalah dengan membeli smartphone bekas guys. Tetapi sebelum kalian membeli smartphone bekas tersebut alangkah baiknya kalian mengetahui tips sebelum membeli smartphone.

    Tapi tenang guys kali ini saya akan membahas tentang tips sebelum membeli smartphone bekas tersebut, buat kalian yang belum mengetahuinya yuk simak kebawah agar kalian tidak menyesal karena salah pilih atau bisa jadi smartphone mengalami kerusakan yang serius. Dari pada lama yuk kita simak.

    TIPS SEBELUM MEMBELI SMARTPHONE BEKAS

    1. Jangan Membeli Smartphone Model Lama
    [​IMG]
    Tips pertama, Jangan membeli smartphone dengan model lama. Smartphone yang telah berumur lebih dari 3 tahun atau bahkan 5 tahun itu tidak bagus lagi untuk digunakan guys, karena smartphone tersebut memiliki resiko yang tidak memuat sistem operasi smartphone saat ini guys.

    Pada saat ini, jika kamu tidak dapat menginstall sistem operasi terbaru guys. Maka smartphone tersebut hampir tidak bisa menginstall versi terbaru dari aplikasi terpopuler.

    Nah buat kalian kalau ingin membeli smartphone bekas pilih smartphone yang model terbaru ya guys!

    2. Pastikan Smartphone Tidak Terkunci
    [​IMG]
    Tips yang kedua, Pastikan smartphone yang kamu pilih tidak terkunci. Biasanya smartphone yang terkunci dijual dengan harga relatif murah guys, meskipun kamu bisa membuka kunci smartphone tersebut,ini akan menambah biaya juga loh guys!

    Sama saja kalian mengeluarkan biaya tambahan karena kamu akan membawa smartphone tersebut ke tukang service untuk membuka kuncinya. Nah! Kalian pastikan bahwa smartphone bekas yang kalian beli tidak terkunci guys.

    3. Pastikan Bukan SmartPhone Curian
    [​IMG]
    Tips ketiga, pastikan tidak membeli smartphone hasil curian. jika pemilik asli smartphone merupakan seseorang yang mengerti teknologi dan bisa melacak keberadaan smartphonenya. Pastinya kalian akan dituduh sebagai pencuri guys, padahal kalian membeli smartphone tersebut dengan orang lain

    Kamu juga bisa memeriksa apakah smartphone yang kalian beli merupakan hasil curian atau bukan. Nah, kalian dapat memintai IMEI, ESN atau MEID dari smartphone tersebut guys. Dan, periksalah secara online, apakah smartphone tersebut dilaporkan telah dicuri atau tidak.

    Jadi kalian harus selalu waspada ya ketika membeli smartphone bekas guys.

    4. Periksa Fisik Smartphone
    [​IMG]
    Tips keempat, Periksa terlebih dahulu fisik dari smartphone bekas tersebut. Jangan berharap jika membeli smartphone bekas kamu akan mendapatkan smartphone dengan fisik baru.

    Jika terdapat goresan pada smartphone tersebut, kamu masih bisa menawar harganya lebih murah. Apalagi kalau pada layar smartphone bekas juga sudah pecah, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif murah guys.

    5. Periksa Port dan Slot Pada Smartphone
    [​IMG]
    Tips kelima, periksa port dan slot pada smartphone bekas yang ingin kamu beli. Port USB adalah port yang paling penting pada smartphone guys. Nah, jangan hanya mengecek dengan charger tetapi kamu juga cek dengan mentransfer data dari PC. Apakan Terdeteksi atau tidak.

    Sedangkan pada slot, kamu harus mencobanya dengan memasangkan SD Card ke smartphone tersebut dan periksa memory pada SD Card tersebut terdeteksi atau tidak. Jika, salah satu perangkat port atau slot tidak terdeteksi berarti terjadi kerusakan pada smartphone tersebut guys.

    6. Periksa Baterai
    [​IMG]
    Tips keenam, Periksa juga fisik dari baterai pada smartphone bekas yang ingin kamu beli. Caranya dengan lepas baterai dan periksa, apakah baterai tersebut cacat atau kembung. jika demikian,berarti kamu harus membeli bekas yang lain.

    jika baterai pada HP tidak bisa dilepas atau Hp tersebut Non-removable, kamu bisa mencobanya dengan mencharger hp selama 15 sampai 20 menit. Bila hp menimbulkan efek panas atau overheat, berarti baterai hp tersebut sudah rusak guys.

    7. Periksa Fitur Lainnya
    [​IMG]
    Tips ketujuh, Periksa fitur yang terdapat pada smartphone yang ingin kamu beli. Selain memeriksa kondisi fisik, kondisi port, kondisi slot dan kondisi baterai. AKmu juga harus memeriksa fitur lainya. Periksa juga kondisi kamera, apakah kamera pada smartphone tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, kamu juga harus memeriksa flash pada smartphone tersebut guys.

    Jika terdapat kerusakan pada fitur itu, sebaiknya kalian bisa memilih smartphone yang lain atau jika kalian menerima kekurangan dari fitur itu kalian bisa menawarkan harga yang lebih murah.

    8. Periksa kelengkapan aksesoris
    [​IMG]
    Tips kedelapan, Periksa juga kelengkapan aksesoris di dalam box atau dus smartphone bekas yang ingin kamu beli. Jika penjual hanya memberikan hp saja tanpa chargeran, earphone atau kabel data.

    Sebaiknya kalian memilih Hp lainnya yang dijual beserta chargeran. Akan tetapi, jika kalian tetap ingin membeli hp bekas tersebut sebaiknya kalian menawarkan kepada sipenjual agar menurunkan harga guys.

    9. Garansi
    [​IMG]
    Tips Kesembilan, membeli smartphone bekas dari situs-situs yang menawarkan garansi kepada pembeli. Jadi, jika kamu merasa tidak puas dengan smartphone yang dibeli, situs tersebut akan menawarkan pengembalian barang atau tukar barang lain.

    Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat efisien guys, karena jika smartphone yang kamu beli tidak sesuai yang diiklankan, kamu dapat mengklaim produk dari toko tersebut.

    10. Harga
    [​IMG]
    Tips yang kesepuluh, harga smartphone bekas merupakan salah satu hal terpenting sebelum membeli smartphone bekas terbaik. kamu juga bisa menyesuaikan pembelian smartphone bekas yang sesuai dengan budget yang ada.

    Sebelum membelinya lebih baik kalian memeriksa harga terlebih dahulu di situs e-commerce yang ada di internet. Nah, jika sudah sesuai budget yang kamu siapkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan tips yang lainnya ya guys. karena, bisa saja kamu mendapatkan harga dibawah budget yang kamu siapkan.

    Jadi gimana guys apakah kalian jika ada kritik atau saran yuk komen di kolom komentar guys.

    Sumber: TipsPintar
     
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    109
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Rencana sih ada mau beli hp second, tapi udah kebanyakan wkwk, makasih om referensinya :D
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,134
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Belum ada rencana untuk beli hape lagi, tapi sangat bermanfaat tipsnya
     
Loading...

Share This Page