10 Tips Wajib Merawat Jaket Kulit

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Muhammad Amin, Feb 21, 2015.

  1. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    241
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Jaket kulit asli, sangat berbeda jauh dengan jaket semi kulit. Kebanyakan orang awam akan mengeluh kenapa jaket kulitnya tidak seawet seperti yang banyak di bicarakan orang :)
    Bagi yang membeli jaket kulit online bahkan mungkin bisa mengira kalau jaket yang di belinya itu tidak di buat dari bahan kulit asli.

    [​IMG]

    Rata-rata sebuah jaket kulit yang berkualitas memang dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Dengan catatan jika anda merawat jaket kulit tersebut dengan cara yang benar. Sangat mudah untuk menghancurkan jaket kulit dalam sekejap setelah anda membelinya. :)

    Berikut beberapa tips wajib yang harus dilakukan, jika anda ingin jaket kulit kesayangan tetap awet :
    1. Jangan menggunakan spray atau parfum langsung ke permukaan jaket kulit. Cukup semprotkan pewangi pada bagian furing. Zat kimia tertentu bisa merusak tekstur alami jaket kulit.
    2. Gunakan bodylotion untuk menjaga tekstur jaket kulit tetap lembab dan lentur. Sering terpapar panas dapat menyebabkan jaket kulit mengering dan pecah-pecah.
    3. Jika terkena hujan jangan sampai jaket kulit anda basah kuyup, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan air. Apalagi sampai merendamnya atau memasukkan ke dalam mesin cuci.
    4. Jika terlanjur basah, ambil hanger dan jangan melipatnya dalam kondisi basah kuyup karena bekas lipatan akan membekas dan merubah warna jaket kulit.
    5. Jangan mengeringkan dengan cara di jemur langsung di bawah panas matahari apalagi hair dryer. Karena akan membuat jaket kulit keriput dan mengkerut.
    6. Cukup mengeringkan dengan lap kering dan diangin-anginkan. Gantung jaket kulit dengan hanger dan jangan di simpan di ruang tertutup yang tidak ada sirkulasi udara. Agar tidak menimbulkan bau dan juga jamur.
    7. Jika ingin membersihkan noda yang menempel, cukup gunakan minyak goreng atau cairan pembersih khusus. Untuk menggosok noda yang membandel gunakan kapas.
    8. Hindari pemakaian detergen, karena deterjen bisa membuat tekstur jaket kulit mengelupas karena panas.
    9. Untuk membersihkan noda yang sangat sulit atau meyetrika bagian jaket yang sudah kusut, sebaiknya serahkan ke binatu atau ahli jaket kulit secara langsung.
    10. Selalu gunakan spray anti jamur, dan simpan jaket kulit di suhu yang sejuk agar jaket kulit anda awet.
    Sumber : http://jaketkulitz.blogspot.com
     
  2. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah jualan jaket kulit ya :D, baguskah? prospekkah?
     
  3. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    241
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Kebetulan banyak temen yang pengerajin kulit mas, jadi ketularan :D Kalau masalah prospek relatif.. Kayaknya semua bisnis prospeknya bisa bagus asal digarap serius hehe..
     
  4. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    kemaren sempet liat punya temen kaka. jaket kulitnya di masukin ke mesin cuci. hasilnya jadi keriput dan keras.. trs di coba ke tukang reparasi jaket kulit tetep keras. katanya minyak asli dari kulitnya udah keluaaar terus pelembut kulitnya udah ga bisanya nyerep.. al hasil cuma di cat kembali ajah... #dontTryThisAtHome
     
    Muhammad Amin likes this.
  5. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    241
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Wah untung gak sobek :) Btw thanks sharing pengalamannya..
     
  6. navetsea

    navetsea New Member

    Joined:
    Mar 27, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    jaket kulit designer dunia, malah dicuci, di stonewash, dll. supaya berkerut lho,
    [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG]
    asalkan mesin cucinya tipe drum bukaan depan, dan ga pake deterjen, bisa kok dicuci (balik jaketnya bagian furing di luar, tutup semua retsletingnya) . sesudah keluar mesin cuci hati hati mengangkatnya jangan dijinjing di satu tempat karena bisa berubah bentuk, angkat dengan dua tangan, taruh di handuk di atas meja sampe setengah kering, baru sesudah itu digantung pake hanger jas yang pundaknya membulat/ atau pakaikan pada manekin kalo ada, sesudah kering dioles lotion lagi yang ada lanolin, dan wax nya. jangan pake body lotion (karena body lotion mengandung bahan kimia untuk kulit hidup termasuk pemutih, vitamin, extrak tanaman, parfum, dll. bukan untuk kulit mati yang disamak) apalagi silicone spray buat mengkilapkan dashboard mobil/ jok motor( karena silicone ini membuat lapisan yang menyumbat pori dan sangat sulit dihilangkan hasilnya jaket tidak bisa bernapas dan suatu saat kalau perlu dicat ulang catnya susah menempel karena ditolak oleh molekul silicone nya, dan merusak benang jahitan) kalo nggak nemu lotion khusus jaket/ tas kulit, pake mink oil juga bisa tapi sedikit aja karena bisa merubah warna dan terasa agak lengket kalau kebanyakan. sumber: baca baca di internet, dan coba di jaket sendiri (hasilnya jaket kulit tipis jadi kelihatan lebih kisut/ walaupun nggak se ekstrim gambar-gambar di atas mungkin itu sengaja diremas remas waktu masih setengah basah kali, sedangkan jaket kulit tebal/ sapi sesudah dicuci ga keliatan bedanya).
     
    Muhammad Amin likes this.
  7. akunjkn

    akunjkn New Member

    Joined:
    Sep 3, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ane tambahin gan :)

    Untuk melakukan perawatan perlu di perhatikan 3 hal berikut ini :
    1. Penyimpanan : Simpan di tempat yang bersih dan dalam kondisi terlipat rapi atau di gantung di tempat yang tertutup.
    2. Pemakaian : Hindarkan jaket dari air dan minyak wangi, dan jangan di gunakan untuk tidur agar tidak kusut.
    3. Pencucian : Dilarang mencuci, hanya di perbolehkan di lap.
     
    Last edited: May 1, 2016
    Muhammad Amin likes this.
  8. ermadewy

    ermadewy New Member

    Joined:
    May 13, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah mantep tuh gan...
     
  9. RakaFebri

    RakaFebri New Member

    Joined:
    May 24, 2018
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    itu tipsnya buat kulit imitasi ato asli bro?
     
Loading...

Share This Page