12 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Desain Emboss Logo

Discussion in 'General Discussion' started by Dudu, Jan 4, 2019.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Logo merupakan sebuah gambar yang mewakili identitas dari perusahaan yang kamu bangun. Jika kita menanyakan kepada orang-orang mengenai apa saja logo yang mereka kenal, sebagian besar akan menyebutkan berbagai logo yang sangat ikonik seperti Apple, Facebook, Nike,dan sebagainya. Nah, oleh karena itu ada hal-hal yang dapat membuat logo ikonik sehingga diingat oleh begitu banyak orang, bahkan bersifat timeless.

    Ada berjuta orang yang membutuhkan logo sebagai sarana pemasaran yang baik untuk perusahaan mereka. Anda yang bekerja di industri desain emboss logo, sudah pasti mengerti bagaimana menghasilkan emboss logo yang baik untuk klien Anda. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam desain emboss logo. Apa sajakah itu? Berikut 12 hal yang harus diperhatikan saat membuat emboss logo :

    [​IMG]

    1. Gunakan Visual Double Entendre
    Beberapa logo favorit Saya, memanfaatkan teknik yang disebut Visual Double Entendre, yaitu yang memiliki dua gambar kemudian dibungkus menjadi satu, melalui konsep atau ide cerdas. Desain diatas adalah contoh yang sempurna. Logo ini mengambil bentuk sebuah paku, yang menunjukkan “lokasi” atau “tempat,” tetapi juga jelas terlihat seperti sebuah gelas anggur yang terbalik. Desain emboss Logo yang menggunakan teknik ini, mendatangkan ide mengesankan. Orang biasanya menyukai permainan pikiran kecil yang Anda mainkan, dan membuat mereka menghargai desain.

    [​IMG]

    2. Perhatikan Warna dan Ukuran yang Digunakan
    Warna dan ukuran menjadi bagian yang terpenting dalam pembuatan logo, karena warna akan memberikan nyawa serta arti. Dalam pembuatan logo, disarankan untuk menggunakan warna dominan dan hanya menggunakan tiga kombinasi warna agar tetap terlihat profesional. Nah, selain warna, aspek ukuran juga mempengaruhi baik tidaknya logo perusahaan, yaitu pastikan bahwa emboss logo tersebut dapat diperbesar ataupun diperkecil pada ukuran apa saja tanpa kehilangan identitas perusahaan.

    [​IMG]

    3. Hindari Klise
    Setiap tahun, desain emboss logo datang dengan bermacam mode. Maka, Saya berpikir bahwa ada baiknya Anda menanggulangi penggunaan ide yang sama secara berulang-ulang.

    Pola dasar seperti contoh di atas, sering kita jumpai dimanapun. Mengapa tidak menggunakan desain emboss logo yang lahir dari ide Anda sendiri? Mungkin akan lebih baik daripada mengambil karya orang lain. Hindari sebuah klise dalam ilmu desain. Cobalah untuk bereksplorasi dengan pikiran Anda sendiri, kemudian tuangkan apa yang ada di kepala Anda.

    [​IMG]

    4. Buatlah dengan Desain yang Simple
    Kesederhanaan juga merupakan unsur yang menentukan kesuksesan sebuah emboss logo. Logo tidak perlu didesain terlalu kompleks atau rumit untuk memberikan banyak arti. Bahkan, banyak orang lebih suka desain yang tetap sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Seperti logo Fedex yang merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman, dimana antara huruf E dan X terdapat bentuk panah yang melambangkan tujuan Fedex untuk terus maju ke depan.

    [​IMG]

    5. Berkreasilah Semampu Anda
    Daripada mengikuti sebuah kelompok dan menggunakan desain klise, lebih baik Anda berjuang sendiri untuk sesuatu yang unik dan mudah dikenali. Coba perhatikan contoh desain emboss logo Evernote diatas.

    Logo yang hanya sebuah kepala gajah, dan tidak terlihat seperti sebuah konsep yang begitu unik. Namun, coba perhatikan cara menggambarnya, yaitu dengan lekukan di telinganya yang membuatnya seperti sebuah lipatan kertas.

    Saat Anda merancang emboss logo, pertimbangkan apakah desain Anda unik atau biasa saja. Apakah mungkin, orang lain akan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan karya Anda? Cobalah memulai ide dengan beberapa sketsa kasar sebelum memilih desain seperti apakah yang berada di pikiran Anda.

    [​IMG]

    6. Buatlah Jenis Huruf Kustom
    Ketika kita berada pada subyek yang unik, hampir tidak ada yang dapat memberikan logo Anda rasa unik seperti halnya yang diberikan oleh huruf kustom.

    Jenis huruf kustom membantu Anda untuk memastikan apakah emboss logo sudah cukup baik? Mungkin ada seorang desainer bisa menirukan jenis huruf yang Anda gunakan dengan waktu singkat. Namun, butuh beberapa keterampilan nyata untuk meniru jenis huruf kustom.

    [​IMG]

    7. Tetaplah Membuat Desain yang Sederhana
    Tidak semua orang bisa menerobos dunia bisnis dengan desain yang indah. Namun, jika Anda tidak cocok dengan pernyataan ini, jangan takut untuk melangkah, karena tidak ada yang dapat mencegah Anda untuk membuat logo mengagumkan.

    Dalam situasi ini, ingatlah bahwa kesederhanaan logo yang kuat, akan membuatnya menembus dunia bisnis dan selalu membuktikan bahwa mendunia tidak melulu harus mewah dan rumit.


    [​IMG]

    8. Pertimbangkan Proporsi & Simetri
    Beberapa orang dapat terbawa pada diskusi proporsi dan simetri. Pada poin ini, masih ada beberapa pelajaran penting untuk Anda. Coba Anda perhatikan logo Twitter diatas.

    Lingkaran tidak digunakan untuk meyakinkan Anda tentang gambar burung yang tidak masuk akal. Akan tetapi, lingkaran-lingkaran tersebut digunakan hanya sebagai panduan untuk membuat emboss logo secara seimbang dengan kurva dan busur yang konsisten.


    [​IMG]

    9. Pikirkan Tentang Ruang Negatif
    Sepanjang jalur yang sama sebagai makna ganda adalah trik dengan usia lama yang memanfaatkan ruang negatif dalam logo dengan beberapa cara cerdas. Tehnik ini digunakan oleh perusahaan pengiriman barang yang menggambarkan anak panah diantara huruf E dan X. Silakan Anda perhatikan dengan seksama. Ruang negatif digunakan secara halus. Kebanyakan orang melihat logo FedEx selama beberapa tahun, namun tidak semua menyadari tanda panah antara 2 huruf terakhir itu.


    [​IMG]

    10. Pasif vs Aktif
    Salah satu aspek yang menarik dari desain logo adalah konsep menanamkan gerakan atau kegiatan menjadi sebuah logo. Hal ini memang tidak selalu tepat, tetapi terkadang itu benar-benar dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan, baik dari sudut pandang visual maupun konseptual.

    Sebagai contoh, mari kita lihat lagi logo Twitter. Burung pergi dari posisi duduk bertengger, dan kemudian pasif untuk menjadi aktif dan akhirnya memilih untuk terbang. Dalam iterasi terbaru, mereka mengambil konsep ini lebih jauh dengan mengarahkan burung ke atas untuk menunjukkan bahwa dia naik ke udara, bukan mengambang di sepanjang lintasan yang sama.

    [​IMG]

    11. Mengetahui Makna
    Setiap logo yang baik memiliki sebuah cerita. Jauh lebih bermakna dari sekedar sketsa. Logo yang kuat dipenuhi dengan makna yang tampak maupun tersembunyi. Kita telah membahas hal ini dalam beberapa kasus di atas. Panah pada logo FedEx mengindikasikan bergerak maju dan melaksanakan pengiriman, logo Apple memiliki “gigitan” yang hilang, dan burung pada logo Twitter terbang menuju ke atas.


    [​IMG]

    12. Desain yang Unik
    Nah, inilah hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika membuat logo perusahaan milikmu sendiri, yaitu unik. Apa sih maksud unik? Definisi unik dalam poin ini artinya, emboss logo perusahaan yang kamu buat harus sama sekali berbeda dengan desain dari perusahaan lain. Jika mirip atau sama, kamu dapat dikenai sanksi karena telah melanggar hak cipta dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum kamu membuat logo ya, dan pastikan bahwa emboss logo perusahaanmu bersifat unik.

    Hal ini sangat bagus ketika Anda sebagai seorang desainer dapat menunjukkan pada klien, berapa banyak pikiran dan penalaran pada emboss logo yang Anda produksi untuk mereka.

    Klien mungkin berpikir bahwa semua yang mereka inginkan adalah sesuatu yang segar dan sejuk, tetapi jika Anda malah memberikan emboss logo yang mengikat pada nilai-nilai inti dari misi perusahaan, itu artinya Anda akan meniup pikiran mereka dan mereka akan mencintai desain logo karya Anda.
     
Loading...

Share This Page