12 Tren Desain Grafis 2021, Seperti Apa Ya?

Discussion in 'HTML & Website Design' started by andiharamain, Jul 9, 2021.

  1. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bagi para pekerja di industri kreatif, mengikuti perkembangan tren adalah keharusan. Tren yang terbentuk setiap tahun pun tidak boleh dilewatkan, seperti tren desain grafis yang juga turut berubah pada tahun 2021 ini. Sebagaimana perubahan yang telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ada beberapa unsur yang ditonjolkan dan menjadi nilai jual.

    Seperti apa tren desain grafis 2021 ini? Melansir situs behance.net, setidaknya ada 12 jenis desain yang akan mendominasi tren desain 2021. Simak yuk!

    1. Desain 3D
    Desain 3D mengkombinasikan objek 3D dengan foto, ilustrasi, dan desain 3D. Desain 3D akan menambahkan kedalaman makna dan sentuhan akan realitas masa kini dengan inovasi yang futuristik. Tentunya, menghasilkan desain 3D berarti kamu harus siap dengan konsep dan teknik yang imajinatif.

    [​IMG]

    2. Desain Emoji
    Sesuai namanya, jenis desain ini memasukkan unsur emoji atau emoticon dalam desain. Inilah saatnya bermain dengan desain yang penuh warna dan menyenangkan, mulai dari desain flat hingga animasi. Warna kuning yang cerah menjadi highlight yang dapat mengalihkan perhatian orang-orang yang melihatnya.

    [​IMG]

    3. Desain yang Terinspirasi dari Alam
    Berkaca kepada alam memang tidak pernah salah. Karena itu, desain yang memasukkan motif alam, seperti daun, bunga, dan pohon akan selalu terlihat segar. Warna natural seperti hijau dan cokelat akan menunjukkan kesan menenangkan yang merefleksikan alam.

    [​IMG]

    4. Desain Ilusi Optik
    Desain yang menarik perhatian tidak melulu harus jelas. Itulah yang coba ditunjukkan oleh desain ilusi optik yang menipu mata dan otak sehingga membuat siapapun yang melihatnya harus berhenti dan memastikan apakah yang dilihatnya nyata.

    Jenis desain ini menghadirkan unsur magis yang menyeret orang-orang untuk menghabiskan waktu lebih lama melihatnya. Bermain dengan warna, garis, hingga movement yang membuat desainmu seakan bergerak adalah kunci jenis desain ini.

    [​IMG]

    5. Desain Tipografi 3D
    Tipografi memang telah menjadi elemen marketing yang cukup penting sejak lama. Namun, menghadirkannya dalam bentuk desain 3D akan lebih menarik perhatian dan itulah tren yang akan banyak digunakan pada 2021. Tampilan yang realistis dengan elemen animasi, tekstur, dan pola menarik akan membuat desainmu on point.

    [​IMG]

    6. Ilustrasi Kartun
    Memiliki ilustrasi yang unik tentu akan membuat desainmu lebih “dilihat”. Imajinatif, ceria, dan mampu menggugah senyuman siapa pun yang melihatnya adalah elemen yang ditonjolkan dalam tipe desain ini. Untuk keperluan branding, pembuatan poster, hingga website dapat menggunakan tipe ini. Lagi pula, karakter kartun juga tidak akan lekang dimakan zaman. Kamu pun bisa lebih bersenang-senang dalam mengeksplorasinya dengan cara yang lebih kreatif.

    [​IMG]

    7. Desain Emas
    Emas adalah simbol kemewahan dan kualitas, sementara efek metalik telah menjadi tren untuk menunjukkan unsur teknologi, modern, dan inovasi. Namun, tahun ini, kamu dapat bermain dengan warna emas dan menjadikannya sorotan di tengah menjamurnya desain minimalis. Kamu juga bisa bermain-main dengan variasi desain metalik, matte, glossy, hingga menghadirkan efek cahaya reflektif.

    [​IMG]

    Baca juga: 6 Tips Memulai Karir di Industri Animasi, Dicoba Yuk!

    8. Desain Voxel Art
    Meski zaman semakin canggih, desain voxel art justru masih bisa menjadi raja tahun ini. Desain dengan gambar piksel 2D akan mengingatkanmu kepada Minecraft atau Lego. Sederhana, sedikit retro, namun juga membawa kita ke masa kanak-kanak yang menyenangkan. Membawa nilai-nilai nostalgia yang berkesan, kamu akan mendapatkan perhatian lebih dengan desain voxel art.

    [​IMG]

    9. Desain Monokrom & Duotone
    Sederhana, namun mampu menghadirkan kesan yang kuat. Desain monokrom bermain dengan warna yang terbatas, namun tidak membatasi pesan yang bisa ditangkap oleh penikmat desainnya. Dari segi pembuat desain dan brand yang memakainya pun, kamu jadi bisa memilih warna yang memang menggambarkan dirimu dan membuatnya stand out.

    [​IMG]

    10. Desain Bentuk Geometris
    Desain yang menonjolkan unsur-unsur geometris memang sudah lama ada dan bukanlah hal baru. Namun, tahun 2021 adalah era 3D sehingga bentuk geometris pun dipadukan dengan unsur 3D pada tahun ini, menjadikan desain yang dinamis dan dan lebih “berbicara”.

    [​IMG]

    11. Desain Tipografi Tidak Beraturan
    Tidak ada aturan dalam desain ini. Kamu boleh sebebasnya bermain-main dengan teks, penataan huruf yang berantakan, penempatan yang tidak sesuai, hingga penghilangan huruf yang berarti. Karena akhir-akhir ini dunia sudah sangat kacau, kenapa kita tidak menikmatinya dengan desain yang kacau?

    [​IMG]

    12. Desain Tanpa Warna
    Tahun ini mungkin adalah waktunya untuk mengurangi warna dan bahkan meniadakannya. Desain tanpa warna menghadirkan kesan klasik dalam warna hitam dan putih, mengistirahatkan sejenak mata dari warna yang membuat kewalahan. Namun, sekadar hitam dan putih akan membosankan. Oleh karena itu, desain tanpa warna memadukan warna yang sederhana dengan suasana, gerakan, bayangan, animasi, hingga perpaduan efek dan highlight warna yang lembut.

    [​IMG]


    Itulah 12 tren desain grafis 2021 yang akan menjadikan desain kamu menonjol pada tahun ini. Supaya semakin maksimal mendesain karya kamu, ada laptop ConceptD 7 Ezel Pro yang punya tampilan visual dengan 100% Adobe® RGB Color Gamut untuk cakupan warna luas serta sertifikasi PANTONE® dan Delta E<2. Laptop ini juga menggunakan teknologi pena Wacom® EMR dengan sensitivitas 4.096 seakan kamu menggambar diatas kertas dengan tinta. Desain yang diciptakan pun menjadi lebih mudah untuk diperbaiki dan disempurnakan.

    [​IMG]

    Tren desain memang selalu berubah, karena itu para desainer dituntut siap mengikuti perkembangan jika ingin menjadi desainer mumpuni. Lalu, dari 12 tren desain grafis 2021 ini mana paling sesuai sesuai dengan gayamu?
     
Loading...

Share This Page