13 Dampak Negatif Insomnia Dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Apr 3, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Anda penderita insomnia atau gangguan tidur? Kenali 13 dampak negatif insomnia berikut ini!
    [​IMG]

    • Masalah psikologis, seperti sulit fokus, gangguan memori, kurang semangat, mudah lupa dan depresi.
    • Masalah fisik seperti mudah merasa lelah, nyeri otot, hipertensi dan kekebalan tubuh menjadi lemah.
    • Masalah sosial, seperti membuat seseorang kurang produktif, kurang bisa menikmati hubungan keluarga dan teman.
    • Angka harapan hidup lebih rendah dibandingkan orang yang cukup tidur.
    • Resiko stress meningkat.
    • Tampak lebih tua. Kurangnya tidur bisa membuat kulit lebih pucat dan wajah terlihat lelah.
    • Resiko terkena kanker lebih tinggi. Olahraga sangat penting untuk mencegah kanker, akan tetapi jika kurang tidur bisa merusak efek pelindungnya.
    • Meningkatkan rasa lapar sehingga beresiko membuat gemuk.
    • Meningkatkan resiko jantung koroner pada wanita paruh baya.
    • Terbentuknya kantung mata di wajah.
    • Meningkatkan risiko gejala diabetes dan hipertensi pada pria.
    • Menurunkan kadar hormon testosteron dan jumlah sperma pada pria.
    Mencegah Dampak Negatif Insomnia Dengan Cara Yang Mudah Dan Efektif :
    [​IMG]✓ Atur Pola Tidur
    Cara mengatasi insomnia yang harus dijadikan kebiasaan yaitu dengan mengatur pola tidur. Kesehatan tidur bisa terjaga dengan dilakukannya pola tidur pada jam yang sama setiap harinya. Untuk membantu hal tersebut anda bisa menggunakan bantuan alarm sehingga Anda akan selalu diingatkan ketika jam tidur dan mulai terbangun kembali pada saat bangun tidur seperti biasanya. Hindari tidur terlalu malam sehingga tubuh bisa lebih segar ketika Anda bangun. Apabila Anda sudah memiliki jadwal jam tidur setiap malamnya Anda akan otomatis merasakan kantuk dan ingin tidur pada jadwal tidur tersebut.

    [​IMG]✓ Kurangi Cahaya Berlebih Atau Gunakan Lampu Yang Redup
    Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu. Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi insomnia sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Selain itu perhatikan pula tirai jendela yang ada di kamar Anda, pastikan tirai tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.

    [​IMG]✓ Hindari Paparan Cahaya Alat Elektronik Sebelum Tidur


    Saking sibuknya kita dalam dunia kerja, sering sekali kita meletakan beberapa peralatan elektronik di dalam kamar tidur. Seperti contohnya televisi dan komputer. Meskipun tidak dinyalakan, alat elektronik tersebut tetap saja menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari. Tidak hanya dua alat elektronik itu saja yang perlu Anda jauhkan, tetapi gadget atau ponsel juga harus segera Anda pindahkan. Sebab sekarang ini banyak sekali masyarakat yang membawa gadget mereka tidur. Keberadaan ponsel ini menurut saya sangatlah mengganggu, sebab ketika pesan masuk pasti ponsel akan berbunyi. Meskipun sudah dimatikan, terkadang cahaya lampu dari ponsel tersebut membuat kita ingin memainkannya sebentar.

    [​IMG]✓ Jangan Makan Berat Saat Menjelang Tidur
    Makan merupakan hal sepele, tetapi saya sarankan Anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Sebab ketika makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

    [​IMG]✓ Hindari Konsumsi Kafein
    Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia sulit tidur yang terakhir ini saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

    Artikel terkait : Obat Alami Insomnia (Gangguan tidur)
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hmm ngeri juga ya kalau kena insomnia, alhamdulillah sampe sekarang masih aman
     
    Sri Mulyani likes this.
  3. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    553
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    wah kaya yh saya udha kena.., saol yh tiap hari ngalong mulu kerja.., heheh
     
    Sri Mulyani likes this.
  4. Dhantws

    Dhantws New Member

    Joined:
    Mar 2, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Sri Mulyani likes this.
  5. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page