15 Kegunaan USB OTG Yang Bermanfaat

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by haris99, Jul 5, 2016.

Tags:
  1. haris99

    haris99 New Member

    Joined:
    Jul 4, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    USB OTG (On The Go) adalah sebuah kabel yang terdiri dari konektor male USB micro di satu sisi dan konektor female USB mini di sisi yang lain. Kabel ini biasa digunakan menghubungkan Smartphone ke perangkat peripheral atau perangkat lain yang menggunakan kabel USB sebagai konektornya.

    Artikel ini saya buat karena terinspirasi dari seorang Youtuber yang menjelaskan tentang kegunaan USB OTG. Di video tersebut terdapat 10 kegunaan dari USB OTG dan disini saya tambah menjadi 15. Untuk videonya, saya lampirkan di bagian akhir artikel ini

    Bagi anda yang memiliki kabel USB OTG berikut akan saya ulas 15 kegunaan dari USB OTG yang sangat bermanfaat yang mungkin belum anda ketahui. Langsung saja kita mulai.

    1. Untuk koneksi Smartphone dengan Keyboard
    [​IMG]
    Jika anda ingin mengetik suatu pesan atau email yang panjang atau bahkan membuat suatu artikel menggunakan Smartphone, tentu akan kesulitan jika hanya menggunakan keyboard virtual di layar. Nah dengan bantuan USB OTG, maka anda bisa mengetik menggunakan keyboard eksternal yang biasa digunakan untuk komputer.

    Ini cocok sekali untuk blogger yang suka posting artikel. Para blogger bisa dengan mudah memposting artikel dengan cepat dan mudah tanpa harus menyalakan komputer atau laptop. Cukup gunakan Smartphone dan sambungkan dengan keyboard dengan bantuan USB OTG. Tapi ingat, gunakan keyboard dengan konektor USB juga, jangan konektor PS/2, hehe.

    2. Untuk koneksi Smartphone dengan Mouse
    [​IMG]
    Mouse biasanya digunakan untuk navigasi kursor/ pointer di komputer. Nah, anda pun dapat menggunakan mouse untuk navigasi di Smartphone.

    3. Koneksi Smartphone dengan USB Fan
    [​IMG]
    USB Fan merupakan kipas kecil yang menggunakan port USB sebagai sumber tegangan. Jika anda memiliki USB Fan, maka akan berguna untuk mendinginkan Smartphone anda atau mencegah dari overheating.

    4. Koneksi Android dengan Flashdisk
    Dengan USB OTG, Smartphone anda dapat membaca file - file di dalam flashdisk layaknya komputer. Tidak hanya itu, Smartphone juga dapat memanajemen file tersebut seperti mengkopi, memindah, menghapus file dan lain sebagainya.

    5. Koneksi Android dengan Card Reader
    [​IMG]
    Dengan Card Reader anda bisa membaca berbagai jenis kartu penyimpanan seperti miniSD, microSD, MMC melalui Smartphone. Anda juga dapat memanajemen isi dari kartu penyimpanan tersebut seperti memindah, menghapus, mengkopi dan lainnya.

    6. Koneksi dengan Harddisk Eksternal

    [​IMG]
    Smartphone anda dapat digunakan untuk membaca dan memanajemen Harddisk Eksternal juga dengan bantuan USB OTG sama seperti point di atas.

    7. Koneksi Smartphone dengan Joystick
    [​IMG]
    Buat anda penggemar game, fungsi ini harusnya jangan dilewatkan. Anda bisa memainkan game (yang mensupport game controller) dengan lebih puas menggunakan Joystick, cukup menggunakan Joystick yang biasa digunakan untuk Komputer. Ini sangat bermanfaat untuk merawat layar agar tidak cepat rusak karena bermain game.

    8. Koneksi Android dengan USB Light
    [​IMG]
    USB Light sangat berguna ketika mati lampu. Anda dapat menyalakan USB Light tanpa powerbank dan hanya dengan Smartphone saja dengan bantuan USB OTG. Dan USB Light ini jauh lebih terang dibanding flash yang tertanam di Smartphone anda.

    9. Koneksi Smartphone dengan LAN

    [​IMG]
    Jika anda memiliki LAN to USB maka anda dapat berinternet ria menggunakan kabel internet. Walaupun kita bisa menggunakan fitur wifi di Smartphone, tetapi dengan kabel internet, akan menghasilkan koneksi internet yang lebih stabil.

    10. Koneksi dengan USB Sound
    [​IMG]
    Jika anda suka video call, maka USB OTG akan berguna untuk menghubungkan Smartphone dengan USB Sound. Dengan USB Sound, anda dapat menghubungkan Headphone dengan Smartphone. Walaupun secara mendasar fungsi headphone dengan earphone itu sama, tetapi kualitas suara dan mic yang dihasilkan akan lebih baik dengan headphone. Karena di dalam headphone terdapat jalur tersendiri antara mic dengan speakernya tidak seperti earphone yang menggunakan satu jalur.

    11. Koneksi dengan Printer
    Tidak perlu repot lagi kalau mau ngeprint. Cukup dengan sambungkan kabel USB printer anda ke Smartphone melalui kabel USB OTG. Dengan bantuan aplikasi printer yang dapat didownload di Play Store, anda dapat mencetak dokumen dengan Smartphone anda.

    12. Koneksi dengan Scanner
    Walaupun ada banyak aplikasi Android yang dapat merubah kamera menjadi Scanner, tetapi hasilnya jelas akan berbeda jika dibandingkan dengan scanner khusus yang biasanya digunakan di komputer. Dengan bantuan USB OTG dan aplikasi Android, anda dapat menscan dokumen dengan kualitas tinggi dengan Scanner yang disambungkan ke Smartphone anda.

    13. Koneksi dengan Kamera DSLR
    [​IMG]
    Jika anda memiliki kamera DSLR, maka Smartphone anda juga dapat bermanfaat untuk mendukung DSLR tersebut. Dengan aplikasi DSLR, anda dapat mengontrol DSLR yang terhubung dengan Smartphone melalui USB OTG.

    14. Charge Smartphone lain
    Dengan USB OTG, Smartphone anda dapat berperan sebagai powerbank! Ya, Anda dapat mencharge Smartphone lain dengan Smartphone anda dengan bantuan USB OTG. Caranya simpel, cukup sambungkan Smartphone anda dengan USB OTG kemudian sambungkan ke kabel USB yang sudah ditancapkan ke Smartphone lain.

    15. Koneksi dengan USB HUB
    [​IMG]
    USB HUB adalah sejenis terminal untuk USB Port. Dengan alat ini, maka Smartphone anda akan seperti komputer. Anda dapat menghubungkan keyboard, mouse, printer, harddisk, charger dan lainnya sekaligus ke dalam sebuah Smartphone.

    Berikut video dari seorang Youtuber tentang beberapa kegunaan dari USB OTG.


    Sumber: http://www.teknografis.com/2016/07/15-kegunaan-usb-otg.html
     
  2. Farrell

    Farrell New Member

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gamers pasti suka pakai joystick untuk main game
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,868
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Luar biasa teman.
    Pantas dimiliki
    ntar kalau sudah punya smartphone
    wkwkwkwkkk....
     
  4. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,090
    Likes Received:
    79
    Trophy Points:
    48
    Banyak fungsinya juga ya, pas buat main game dg joystik di android.
     
  5. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Wah ini sangat bermanfaat sekali gan :)
     
  6. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kalau menurut saya yang paling berguna buat saya, yang bisa baca flash disk sama hard disk eksternal. Jadi terbantu, ga perlu lagi komputer buat pindahin file yang ada di fd sama hd eksternal ke smartphone.
     
  7. Muhammadif

    Muhammadif New Member

    Joined:
    Jun 19, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah ternyata sangat rekomended sekali gan khususnya untuk gamers yang menggunakan android, Seperti Game PSP atau game yang berkaitan dengan stick lainya..
     
    Last edited by a moderator: Jul 6, 2017
  8. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page