17 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by ananta, Dec 7, 2017 at 8:20 PM.

  1. ananta

    ananta New Member

    Joined:
    Thursday
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ulasinfoku - Pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun kemangi, daun kemangi bisa disebut juga dengan sayuran pelengkap, karena dimana ada penyetan pasti ada juga daun kemanginya. Dan bisa dibilang daun kemangi juga merupakan daun atau sayuran yang cukup merakyat.

    Akan tetapi mungkin masih sebagian masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari daun kemangi, dan yang perlu diketahui, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

    Daun kemangi juga memiliki beberapa kandungan nutrisi, dan kandungan nutrisinyapun cukup baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat dari daun kemangi adalah vitamin A, Vitamin C, Fosfor, Magnesium, Eugoneol dan Flavanoid dan masih banyak lagi.

    Lalu pada postingan kali ini kami akan mengulas 17 manfaat daun kemangi Bagi kesehatan, dan berikut ulasannya:

    1. Mencegah Diare
    Daun kemangi juga memiliki kandungan zat fitokimia, dan zat tersebut berfungsi sebagi pencegah bakteri yang menyebabkan diare.

    2. Mencegah Asam Urat
    Di dalam daun kemangi juga terdapat minyak esensial dan peranan dari minyak esensial adalah sebagai anti-inflamasi. Dan efeknya pun dapat menghindarkan tunub dari serangan asam urat.

    3. Menurunkan Kolesterol
    Kandungan zat antioksidan dan juga fitokimia pada daun kemangi memiliki peranan penting, yaitu untuk membasmi kolesterol pada pembuluh darah serta menghindarkan dari aterosklerosis atau bisa juga disebut radang pada pembuluh darah.

    4. Terhindar Dari Penyakit Kardiovaskular
    Rutin mengkonsumsi daun kemangi sangatlah bagus, karena dapat membuat aliran darah lancar dan juga membuat tekanan darah selalu normal. Kurang lebih daun kemangi mampu mencegah tubuh dari serang penyakit kardiovaskular.

    5. Pereda Infeksi Pada Telinga
    Minyak esensial yang terdapat pada kemangi ternyata juga memiliki peran sebagai anti inflamasi dan hasilnyapun mampu meredekan infeksi pada telinga.

    6. Mencegah Diabetes
    Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kemanggi ternyata mampu juga untuk menstabilkan kadar gula darah, sehingga mampu menurunkan kadar gula darah tinggi yang dialami penderita diabetes.

    7. Mencegah Rusaknya Sel Tubuh
    Kandungan dari daun kemangi juga bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Yang mana telah diketahui, apabila ada sel tubuh yang rusak maka kemungkinan terjadi bisa memunculkan penyakit-penyakit yang tidak di inginkan.

    8. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
    Apabila sel di dalam tubuh telah rusak maka sel-sel kanker dapat tumbuh dengan mudah. Akan tetapi sifat dari daun kemangi yang memiliki antioksidan, maka dapat menangkal radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel.

    9. Menghambat Berkembangnya Bakteri
    Daun kemangi juga bersifat anti bakteri, maka dari itu peranannya pun mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

    10. Menyehatkan Liver
    Mengkonsumsi kemangi dapat membantu untuk lebih memstabilkan fungsi pada hati. Hal ini dikarenakan sel lemak yang menumpuk pada hati bisa berkurang yang mungkin saja bisa menyebabkan datangnya penyakit liver.

    11. Melancarkan Pencernaan
    Daun kemangi juga menyimpan kandungan serat, di mana kandungan serat tersebut mampu melancarkan pencernaan. Selain itu fungsinya pu mampu mengurangi sakit kram di perut.

    12. Menstabilkan Keasaman Pada Tubuh
    pH di dalam tubuh juga mampi stabil karena banyaknya kandunga nutrisi yang terdapat pada daun kemangi. Stabilnya pH di dalam tubuh membuat metabolisme lebih terjaga dengan aman, serta enzim dan juga hormon di dalam tubuh mampu berfungsi lebih baik lagi.

    13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Betakaroten merupakan kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, maka dari itu mengkonsumsi daun kemangi cukup bagus karena daun kemangi juga memiliki kandungan betakaroten.

    14. Aliran Darah Menjadi Lancar
    Konsumsi kemangi yang sering adalah dibuat lalapan maupun direbus, dan dengan banyaknya kamdungan nutrisi pada daun kemangi manfaatnya pun mampu membuat aliran darah menjadi lancar.

    15. Mencegah Batu Ginjal
    Daun kemangi juga bersifat diuretik, dan manfaatnya pun untuk memproses detoksifikasi pada daun kemangi, sehingga bermanfaat juga untuk menangkal terserangnya batu ginjal.

    16. Menyehatkan Gigi dan Juga Mulut
    Kandungan sifat anti bakteri yang terdapat pada daun kemangi ternyata bagus juga untuk kesehatan gusi dan gigi, selain itu daun kemangi juga mampu mencegah bakteri yang dapat membuat sakit gigi.

    17. Menghilangkan Bau Badan
    Bagi yang merasa mengalami bau badan apabila berkeringat, maka solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin.

    Demikian ulaan dari kami mengenai 17 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, semoga info dari kami bermanfaat. Sekian dan terimakasih.
     
    Last edited: Dec 7, 2017 at 8:29 PM
  2. kaporkareena

    kaporkareena New Member

    Joined:
    Friday
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    makan sambel atau penyetan tanpa daun kemangi gak lengkap rasanya
     
  3. ananta

    ananta New Member

    Joined:
    Thursday
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    betul sekali kak kurang lengkap
     
  4. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    48
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Luar biasa yaa, saya sih doyan juga apalagi kalau makannya Campur Ayam Bakar Bumbu Pedas, uenak banget, plus sehat
     
  5. Yeni Angraeni

    Yeni Angraeni New Member

    Joined:
    Yesterday
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau ini bukan Makan Daun kemangi namanya, tapi makan ayam bakar campur lalapan kemangi hihiiii, mantaps kalau itu...
     
Loading...

Share This Page