17 Tren Digital Marketing 2020 yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Discussion in 'Internet Marketing' started by muezaa, Apr 27, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    51
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    17 Tren Digital Marketing 2020 yang Tidak Boleh Anda Abaikan - Digital marketing memasuki era baru dan terus bergerak dengan cepat. Mau tidak mau kita pun harus mengikuti perkembangan tersebut jika tidak ingin tertinggal. SEO, PPC, Media Sosial, Email dan sekian banyak contoh pemasaran digital yang terus mengalami perubahan baik dari segi teknologi, teknik, serta algoritma.

    Apabila tidak ingin tertinggal dalam persaingan bisnis, berikut adalah 17 tren pemasaran digital terbaru di indonesia 2020 yang perlu anda catat.

    1. Shoppable Posts
    Sosial media merupakan salah satu bagian terbesar digital marketing selain search engine. Mungkin anda tidak menyadari saat ini banyak orang lebih memilih berbelanja di media sosial dari pada di marketplace. Pada tahun 2019 faktanya sekitar 70% pengguna instagram & facebook memanfaatkan media sosial untuk berbelanja dan berjualan.

    Selama beberapa tahun terakhir, Facebook, Instagram, dan Pinterest meluncurkan fitur create shoppable posts. Ini mirip seperti e-commerce dimana pengguna bisa memamerkan barang dagangannya dengan membuat postingan berupa katalog produk online. Bagi pengecer online, cara ini bagus untuk mengarahkan traffic ke halaman produk.

    Seperti contoh Shoppable Posts dari Breitling di instagram

    [​IMG]
    Foto tersebut menunjukan feed dari Brietling dimana ketika Anda menyentuh foto, nama dan harga jam akan muncul. Kemudian saat anda sentuh harga maka anda akan dibawa ke laman dengan informasi yang lebih detail (di alihkan ke halaman website). Pada halaman ini Anda juga dapat menggulir dan melihat lebih banyak produk.

    Jadi dengan memanfaatkan media sosial, maka Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan baru, mengurangi kesulitan pelanggan untuk membeli, serta memudahkan jalur perniagaan. Shoppable posts dipastikan akan terus meningkat di tahun 2020 ini. So apakah anda mau melewatkannya begitu saja?

    2. Teknologi Immersive seperti AR dan VR
    Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) makin populer semenjak Pokemon Go menerapkan teknik ini. Diprediksikan pada tahun 2020 akan semakin meningkat dan sekitar 150 juta orang akan menggunakan teknologi AR untuk berbelanja online.

    Apa sih Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) itu? AR merupakan teknologi yang memasukan semua informasi bentuk nyata ke dalam ranah digital. Sedangkan VR menciptakan seluruh lingkup buatan untuk menggantikan yang asli menjadi virtual.

    Sudah banyak perusahaan besar yang menerapkan teknologi ini. Dimana pelanggan dapat melihat seperti apa bentuk produk yang dijual tanpa harus mendatangi toko fisik (live) terlebih dahulu.

    3. Konten Interaktif
    93% pembeli akan memilih konten yang lebih interaktif dari pada konten ambigu. Fokuskan pemasaran konten dan berikan apa yang orang butuhkan. Seperti contoh konten interaktif: Shoppable posts, AR/VR, Video, kuis, jejak pendapat, dll.

    Berikut alasan mengapa Konten interaktif menjadi salah satu tren digital marketing paling populer di tahun 2020:

    • Konten Interaktif selalu baru dan original, audiens menyukai konten fresh dan bermanfaat
    • Pengunjung betah berlama-lama sehingga menurunkan tingkat bounce rate konten anda
    • Meningkatkan Engagement konten
    • Meningkatkan Brand Awarness
    • 93% Pengguna internet paling suka berinteraksi
    4. Otomatisiasi Google Ads
    Baru-baru ini google melakukan pembaharuan iklan dengan mengoptimalkan Otomatisiasi yang artinya pengiklan dapat melakukan smart bidding secara otomatis.

    Google ads melakukan launching machine learning untuk mengoptimalkan bidding, sehingga konversi yang dihasilkan bisa maksimal. Peningkatan kemampuan untuk memilih tindakan konversi tingkat kampanye juga terus dilakukan guna mengoptimalkan bidding agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    Peningkatan kemampuan untuk mengatur bidding secara otomatis juga dilakukan, anda bisa mengatur saat pemasaran sedang aktif maupun tidak. Peningkatan ini akan membantu Anda memaksimalkan konversi Anda.

    5. Personalized marketing
    Iklan tradisional dan iklan generik sudah tidak efektif lagi di tahun 2020 ini. Konsumen tidak tertarik dengan iklan semacam itu karena tidak ada hubungannya dengan minat mereka. Bahkan mereka rela membayar untuk menghilangkan iklan tersebut ketika mereka sedang menikmati layanan streaming musik atau menonton video.

    Maka disinilah peran penting Personalized marketing.

    Survei menyatakan 90 % dari 1.000 orang telah menemukan pemasaran yang telah dipersonalisasi dan 70% diantaranya fix melakukan bisnis dengan perusahaan yang melakukan tehnik tersebut.

    Cara paling populer tehnik Personalized marketing antara lain adalah

    • Daftar Email Tersegmentasi – Email hasil personalisasi terbukti bisa menghasilkan 3 x lebih banyak daripada email biasa. Anda bisa menggunakan tools seperti MailChimp, Constant Contact, Hubspot dan pardot untuk memudahkan Personalized marketing.
    • Pemasangan iklan digital (google ads dan facebook & instagram ads) – Jaringan periklanan online seperti google ads dan facebook instagram ads memiliki fitur iklan yang dipersonalisasi. Disana anda bisa mengatur target pelanggan berdasarkan minat, demografi dan tingkah laku. Dengan begitu anda bisa mendapatkan pelanggan potensial yang menguntungkan untuk bisnis anda.
    6. Social Messaging Apps
    Aplikasi media sosial seperti Facebook Massenger, Telegram, Line dan Whatsapp kini tidak lagi digunakan hanya untuk chat dengan teman atau keluarga saja. Nah pada tahun 2018, aplikasi ini malah populer untuk kegiatan bisnis. Para pengecer online memanfaatkan media ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

    Menurut mereka, Messaging app menjadi pilihan pelanggan untuk melakukan kontak langsung dengan penjual atau perusahaan. Meski periode sebelumnya dikuasai BBM blackbarry, namun massaging app yang sekarang jauh lebih terintegerasi dan lebih nyaman digunakan.

    Berikut adalah beberapa cara menggunakan messaging app untuk bisnis:

    • Membangun grub kontak
    • Membangun hubungan
    • Edukasi pelanggan tentang produk anda
    • Undang beberapa orang untuk event promosi
    • Berikan pelayanan penuh kepada pelanggan
    Keuntungan menggunakan Messaging app:

    • Meningkatkan penjualan
    • Mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial
    • Dapat menghemat waktu dan jauh lebih efisien
    • Messaging app menyediakan banyak fitur bisnis
    7. Visual Search
    Apakah anda percaya suatu saat nanti orang-orang menggunakan gambar untuk mencari atau membeli barang di mesin pencari? ya – dalam versi beta, Pinterest dan Google sudah mengambil langkah ini. CEO pinterest Ben Silbermann percaya bahwa masa depan pencarian lebih mengedepankan gambar dari pada kata kunci.

    8. Voice Search
    Menurut data Alexa Rank, lebih dari 25% orang di AS memiliki speaker pintar seperti Google Home atau Amazon Echo. Selain itu, 33% pengguna smartphone di seluruh dunia lebih memilih voice search daripada keyword search untuk pencarian. Menurut mereka voice search lebih cepat dan praktis daripada mengetikan keyword dulu di keypad. Nah, diprediksikan voice search atau pencarian suara bisa menjadi salah satu tren pemasaran digital terbesar di indonesia tahun 2020 ini.

    Jadi mulai dari sekarang anda tidak bisa mengabaikan voice search. Optimasi website anda untuk pencarian suara – seperti menggunakan longtail keywords, dan kata umum yang banyak digunakan oleh pengguna internet.

    9. Fitur “Stories” pada Media Sosial
    Teknologi ini sudah ada sejak Snapchat (2017) merilis fitur “Story” pada platform media sosial mereka. Stories atau Story adalah pesan pendek berupa gambar dan video yang kemudian menghilang setelah 24 jam. Fitur ini makin populer dikalangan milenial dan gen z ketika mereka berselancar di Facebook dan Instagram.

    Hampir semua UMKM hingga perusahaan besar memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan brand awareness dan interaksi audiens. Saatnya anda mencoba membuat “story” di Facebook dan Instagram untuk produk anda, kemudian lihat bagaimana reaksi mereka?

    10. Libatkan Karyawan
    Ajak dan latih karyawan anda untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Bukan hanya sekedar memahami product knowledge saja, tapi ajarkan juga bagaimana cara menghadapi pelanggan – seperti keramahan dan kesopanan – merupakan bagian terpenting dalam strategi pemasaran. Saya yakin dengan cara ini anda bisa meraih keberhasilan yang signifikan untuk bisnis anda.

    11. Posisi “Nol” pada SERP (Featured Snippet Google)
    Posisi 0 #nol kini berada di posisi teratas menggantikan posisi 1 pada halaman pencarian. Posisi ini amat didambakan para digital marketer diseluruh dunia. Google menghadiahkan bagi siapa saja yang melakukan SEO Onpage dengan benar pada konten mereka.

    [​IMG]
    Posisi 0 #nol berada persis dibawah baris iklan google dalam bentuk cuplikan teks singkat dibalut bingkai seperti tabel. Dengan Featured Snippet Google Anda bisa mencuri lebih banyak perhatian pengguna halaman pencarian yang berpotensi menaikan trafik serta CTR website anda melalui Posisi nol.

    12. Influencer Marketing
    Banyak praktisi beranggapan Influencer Marketing akan mati di tahun 2020. Kenyataannya, tehnik ini masih berpengaruh terhadap ROI bahkan bisa terus meningkat. Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens jika anda memanfaatkan orang-orang yang berpengaruh di media sosial. Terlebih audiens dari influencer biasanya lebih loyal dan percaya penuh terhadap produk yang disponsori oleh influencer ketimbang tagline iklan.

    Temukan influencer yang sesuai dengan target demografis bisnis Anda, reputasi serta jenis konten yang mereka buat. Ini akan sangat membantu visi dan misi perusahan dalam upaya meningkatkan brand awareness.

    13 User Generated Content (UGC)
    Biarkan pelanggan bekerja untuk brand anda! Buat mereka memposting konten unik milik mereka sendiri terkait brand anda. Strategi ini sangat menguntungkan sekaligus menjalin pertemanan diantara kedua belah pihak (pemilik brand dan pelanggan). UGC mirip apa yang dilakukan reseller atau dropshiper, perbedannya adalah kalau dropshipper punya tujuan kormesil, sedangkan UGC tidak.

    Jadi bagaimana cara menerapkan UGC ini?

    • Berikan diskon besar-besaran atau Flash Sale
    • Buat event berupa sumbangan atau amal
    • Berikan bonus tanpa adanya syarat tertentu
    • Berikan produk anda secara gratis dengan menyuruh mereka membuat postingan terbaik terkait brand anda
    14. Content Marketing
    Menurut anda, apakah “content is the king” masih menjadi julukan di tahun 2020?

    Tentu saja!

    Tanpa konten bisnis anda tidak akan pernah ada di internet! Jadi buatlah konten informatif, mendidik serta bermanfaat. Ajak pembaca berinteraksi disana dan buat mereka membagikan ulang apa yang anda posting. Memang tidak mudah, tapi itulah yang anda harus lakukan di tahun 2020 ini.

    Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO yang Menarik untuk Dibaca

    Konten tidak hanya berkualitas namun juga harus mengikuti pedoman SEO Onpage maupunn SEO Offpage. Singkatnya, jangan pernah berhenti membuat konten untuk pembaca dan mesin pencari. Teruslah fokus membuat konten dan video yang interaktif.

    Baca Juga: Apa Perbedaan SEO Onpage dan SEO Offpage?

    15. Siaran Langsung Video di Media Sosial
    Sejak 2018 lalu, beberapa paltform media sosial mengembangkan fitur live video. seperti “Story” namun dalam bentuk live video. Yang menarik disini adalah anda dapat melihat jumlah pemirsa yang menonton siaran langsung anda. Dan yang paling mengejutkan adalah beberapa platform marketplace mulai melirik tren seperti ini. Jadi sayang sekali jika anda tidak memanfaatkan moment baik ini!

    16. Mix Marketing
    Tren ini paling sering digunakan para pebisnis sebagai strategi pemasaran mereka. Mix marketing yang paling umum digunakan adalah prinsip 4P (Product, Price, Place dan promotion).

    • Product: berbicara tentang keunggulan produk
    • Price: memberitahu harga produk, memberikan diskon, cashback dll
    • Place: memberitahu lokasi toko
    • Promotion: mengajak mereka untuk membeli
    Namun sebenarnya, pemasaran digital akan jauh lebih efektif jika anda menerapkan prinsip 4E (Engage, Educate, Evangelize, Excite).

    • Engage: berinteraksi dengan pelanggan
    • Educate: buat konten yang informatif, mendidik, bermanfaat
    • Evangelize: buat mereka agar merekomendasikan produk anda kepada orang lain
    • Excite: buat konten yang membuat mereka antusias agar mereka kembali lagi melihat konten anda
    Sumber : Blom Panduanim.com

    17. Algoritma Prediktif Interface
    Aplikasi web, android, Ios selalu mengikuti perkembangan algoritma, pemrosesan bahasa, dan kecerdasan buatan (AI). Hal ini tentu baik untuk bisnis anda diranah pemasaran digital. Mempresiksikan berapa jumlah anggaran dimasa mendatang, mengetahui anggaran secara transparan, dan bahkan anda bisa mengoptimalkan keseluruhan anggaran. Ini adalah kemajuan besar, mengingat pemasaran membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

    Kesimpulan
    Sangat tidak bijak jika anda melewatkan satu dari 17 tren digital marketing diatas. Apalagi sekarang memasuki tahun 2020 dimana tingkat persaingan akan semakin ketat. Faktor perdagangan global, teknologi, dan perubahan-perubahan yang terlalu cepat membikin anda harus tetap kreatif disegala bidang terutama dalam hal memanfaatkan peluang yang ada untuk kesuksesan bisnis anda.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,448
    Likes Received:
    104
    Trophy Points:
    63
    Manarik, bagaimana caranya untuk satu artikel bisa masuk ke posisi #0
    persaingan sangat banyak tentu ini sulit bagi yang pemula
     
  3. dzeko

    dzeko New Member

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    60
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    caranya untuk meraih Posisi “Nol” pada SERP (Featured Snippet Google) bagaimana ya ?
     
  4. Imam Hermawan

    Imam Hermawan New Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Daging semua nih isinya. TQ Gan:cool:
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Mantap lengkap sekali.. perlu baca berlulang agar paham.. thanks ya
     
  6. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    103
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Apakah perlu syarat khusus agar bisa memanfaatkan fitur ini di Instagram?
     
Loading...

Share This Page