18 Permainan Tradisional yang Bikin Kangen Masa Kecil

Discussion in 'General Discussion' started by Priangga Otviapta, Jun 19, 2016.

  1. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Ada 18 jenis Permainan Tradisional ndonesia yang pernah populer di jamannya. Permainan tersebut sangat diminati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut memainkannya. Indonesia sangat mempunyai beragam kebudayaan dan sosialisasi dan diantaranya termasuk permainan. Pada zaman dahulu semua permainan dilakukan secara bersama-sama dan biasanya dilakukan di tempat yang luas, contohnya seperti lapangan. Namun sekarang hampir semua anak memainkan permainan di gadget mereka. Sudah banyak sekali permainan yang biasanya dimainkan bersama teman tapi sekarang dibuat dalam bentuk game komputer atau handphone. Inilah 18 jenis permainan tradisional Indonesia yang pernah populer di jamannya
    1. PETAK UMPET
    Pertama ada permainan yang bernama petak umpet, permainan ini dilakukan oleh lebih dari dua orang. Caranya sangat mudah sekali. Ada satu orang yang menjadi penjaga dan mencari temannya yang menghilang, sedangkan orang yang lain mengumpet disuatu tempat. Misalnya bermain dengan tujuh orang, lalu dimulai dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi penjaga. Jika hompimpa sisa satu orang maka langsung dinyatakan dia kalah, tetapi jika hompimpa berbanding 3:4, maka yang tiga orang melakukan hompimpa hingga sisa satu orang yang kalah.
    Orang yang kalah tersebut dinamakan kucing. Permainan dimulai dengan hingga kucing yang menjaga dan harus menutup matanya lalu menghitung dari satu sampai sepuluh. Orang-orang yang lainnya harus mengumpet di belakang pohon atau dibawah pohon, jangan sampai si kucing menemukan. Jika si kucing melengah maka orang-orang yang lain harus segera lari menuju tempat penjaga si kucing tadi, dan berteriak inglo. Jika sudah ada yang teriak inglo, maka orang tersebut menjadi pemenang dan kucing tetap mencari orang-orang lain yang masih belum ditemukan.
    Si kucing terus mencari dan jika menemukan orang yang mengumpet, maka orang tersebut menjadi kalah dan kucing digantikan dengan orang yang kalah tadi. Begitulah permainan tersebut dilakukan hingga permainan berakhir. Waktu permainan bisa dilakukan pada pagi hingga siang hari. Jika sore hari biasanya anak-anak tidak boleh keluar rumah apalagi jika menjelang magh Permainan ini sangat digemari dari jaman dahulu sampai saat ini, tapi sekarang hanya beberapa anak saja yang bermain permainan petak umpet, karena sekarang anak-anak hanya sibuk dengan gadgetya dan lupa dengan teman-temannya.

    2. PERMAINAN BOLA BEKEL
    Permainan kedua adalah bola bekel. Ini permainan yang sangat digemari dan paling ramai di tahun 2003 hingga saat ini. Sebenarnya permainan ini sudah ada di zaman dahulu, tetapi di era milenium baru ramai dimainkan oleh anak-anak. Cara memainkannya butuh keahlian dan harus dicoba beberapa kali agar bisa, karena permainan ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa benda yang perlu disiapkan untuk memainkannya, yang pertama bola bekel yang bentuknya bola kecil, biasanya di dalam bola diisi air. Dan ada enam biji yang disebut bekel.
    Permainan ini ada beberapa step, mulai dari step mengambil satu biji bekel sampai enam bekel. Lalu membalik biji bekel yang lain dan biji membentur lambang laguk , dan dimulai dari mengambil satu biji sampai enam biji. Lanjut lagi dengan membalik kearah sebaliknya dan sama prosesnya, mengambil dari satu biji sampai enam biji. Jika step sudah selesai, dilanjut dengan membalik lagi biji bekel yang ada tanda titiknya. Sama seperti yang tadi dilakukan secara berurutan mulai dari mengambil satu biji hingga enam biji. Setelah selesai semua step, maka jika ada yang berhasil memenangkan step terlebih dahulu maka dijadikan pemenang. Dan yang menang mendapatkan hadiah berupa menyuruh anak-anak menjadi patung atau memberi bedak di bagian wajah yang kalah.


    3. PERMAINAN GUNDU

    Permainan ketiga yakni bernama gundu. Hanya anak-anak yang lahir pada zaman dahulu yang pernah dan mengenal permainan ini. Gundu merupakan kelereng yang bentuknya seperti kaca bening dan biasanya yang memainkan ini adalah anak laki-laki. Untuk memainkan permainan ini cukup mudah karena hanya menyentil kelereng yang kita punya dan harus mengenai kelereng lawan. Jika ada beberapa gundu yang kena dengan gundu kita, maka gundu lawan akan menjadi milik kita. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua orang sampai tujuh orang. Saat ini sudah jarang yang memainkan permainan gundu karena sudah jarang juga yang membuat gundu, sehingga jarang sekali kita bisa menemukan penjual gundu.

    4. PERMAINAN LOMAT TALI
    Permainan yang keempat adalah lompat tali. Lompat tali ini bisa menggunakan karet atau tali tambang. Kita bisa membuat tali sendiri dengan karet, caranya menyambungkan satu persatu karet hingga panjang dan setelah itu diikat ujungnya dan karet tersebut bisa kita gunakan untuk memainkan lompat tali. Permainan ini bisa dilakukan dua orang hingga lebih dari sepuluh. Ada dua orang yang memegang tali agar tidak putus.
    Tapi jika tidak ingin memegang tali maka kita bisa mengikatkan tali dengan pohon atau apapun yang bisa untuk memegang tali ataupun karet. Cara bermainnya dimulai dari tali di letakkan paling bawah lalu kita melompat. Jika tidak bisa melompat maka kita harus menunggu giliran terakhir dan mengulang lompatan dari awal. Setelah itu tali diarahkan sampai atas kepala, dan kita harus melompat diatas tali. Yang menang boleh menyuruh yang kalah untuk melakukan apa saja tetapi tidak boleh yang berat dan aneh-aneh.

    5. PERMAINAN EGRANG
    Permainan kelima ada egrang. Permainan ini dipopulerkan oleh masyarakat daerah Jakarta. Tidak mudah untuk menggunakan egrang, hanya orang-orang yang sudah terbiasa dan bisa menaklukkan keseimbangan. Egrang merupakan dua tongkat yang panjang dan di bagian tengah diberikan pembatas. Setelah itu kita naik diatas pijakan yang sudah diberikan. Jika jatuh maka akan diberi hukuman. Tetapi untuk awal-awal kita tidak perlu membuat hukuman karena masih belajar, tapi jika sudah bisa menggunakan maka harus diberi hukuman.

    6. PERMAINAN BENTENG SODOR ATAU GOBAK SODOR
    Permainan ini disebut benteng sodor atau gobak sodor, karena ada beberapa kelompok yang menjaga benteng mereka. Satu kelompok terdiri dari minimal 2 orang. Dimulai dari hompimpa dan dilihat mana yang menjadi pemenang. Setelah hompimpa selesai, maka yang menjadi pemenang boleh memulai duluan, lari dan mengejar ke arah benteng lawan. Tapi permainan ini harus cepat larinya, jika tidak cepat akan kena lawan.


    7. PERMAINAN BOI-BOIAN

    Permainan yang ketujuh bernama boi-boian. Ini merupakan permainan tradisional yang dimainkan di suatu daerah di Indonesia. Kita sangat jarang menemukan permainan ini karena mungkin hanya kita lihat di daerah asalnya saja. Permainan ini dilakukan oleh lima hingga sepuluh orang. Cara memainkan permainan ini yaitu dengan menyusun satu lempengan batu. Lalu siapkan bola kecil yang dibuat dari kertas untuk melepar tumpukan batu. Kita gunakan kertas agar tidak sakit waktu melempar kertas tersebut. Setelah itu salah satu pemain melempar bola, jika tumpukan batu rubuh maka penjaga wajib mengambil bola dan dilempar ke pemain yang lainnya.

    8. PERMAINAN GATRIK
    Permainan tradisional yang ke delapan bernama gatrik. Permainan ini biasanya disebut dengan tak kadal. Dilakukan oleh dua kelompok dan satu kelompok terdiri dari minimal dua orang. Alat-alat yang dibutuhkan untuk memainkan permainan ini ada dua potongan bambu, yang pertama bambu dengan ukuran kecil dan satunya lagi berukuran 30 cm. Setelah itu bambu yang besar diletakkan diantara dua batu lalu dipukul dengan bambu yang kecil. Jika ada pemain yang tidak bisa memukul bambu dengan benar maka akan mendapatkan hukuman. Biasanya hukumannya menggendong yang kalah.

    9. PERMAIANAN ULAR NAGA
    Permainan selanjutnya ada ular naga. Pada zaman dahulu permainan ini sangat digemari oleh anak-anak umur lima sampai dua belas tahun. Permainan ini lebih baik dilakukan di lapangan, karena semakin banyak pemain akan semakin seru. Biasanya permainan ini dilakukan lebih dari tujuh orang. Cara bermainnya dengan menentukan siapa yang menjadi penjaga dua orang dan sisanya berjalan melewati penjaga. Untuk memilih penjaga, harus melakukan hompimpa agar lebih adil. Setelah ditentukan yang menjadi penjaga, maka sisa orangnya berbaris dengan tangan ditaruh dipundak teman depannya, lalu berjalan melingkar melewati penjaga. Sambil berjalan menyanyikan lagu ular naga panjangnya, hingga selesai. Jika nyanyian sudah selesai maka penjaga menangkap satu orang dan orang yang tertangkap harus keluar dari barisan.

    10. PERMAINAN ENGKLEK

    Permainan yang kesepuluh bernama engklek. Permainan ini sampai sekarang masih dilakukan dan seluruh wilayah Indonesia mengenal permainan ini, meskipun disetiap daerah memiliki sebutan lain-lain. Engklek dimainkan oleh anak laki-laki dan juga perempuan. Bisa dilakukan oleh dua orang saja dan maksimal lima orang, sebab untuk memainkannya harus menunggu giliran dan jika banyak yang bermain maka akan lama menunggunya.
    Cara bermainnya dengan menggambar kotak-kotak di latar. Bermainnya dilapangan yang terang agar mudah menggambar kotak-kotaknya. Ada sembilan kotak yang terdiri dari tiga buah kotak horizontal, lalu disambung tiga kotak vertikal, setelah itu tambah satu kotak diatasnya dan terakhir dua kotak dihorizontal. Satu persatu pemain melompati kotak tersebut dari awal hingga terakhir. Melompatnya harus menggunakan satu kaki, jika kaki terjatuh maka harus menaruh batu disalah satu kotak terakhir sebagai tanda untuk mengawali giliran

    11. PERMAINAN CONGKLAK

    Permainan berikutnya bernama congklak. Permainan ini juga telah dikenal oleh seluruh wilayah dI Indonesia. Menggunakan biji congklak yang terbuat dari cangkang karang tapi ada juga yang menggunakan batu, lalu menggunakan papan congklak yang berisi 16 lubang. Permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang saja. Biji congklak berisi 98 buah dan papan congklak ada yang terbuat dari plastik namun juga ada yang dari kayu.
    Awal memainkan permainan ini dengan suit menentukan siapa yang jalan dulan, lalu jika ada yang menang maka pemain harus mengambil semua biji dari salah satu lubang dan biji tersebut diisi satu persatu ke lubang yang sudah ditentukan, dari kiri atau kanan. Hingga biji habis dan setelah itu ambil lagi semua biji dari tempat terakhir biji diletakkan. Begitu seterusnya hingga siapa yang mendapat biji paling banyak maka ia yang menjadi pemenang.

    12. PERMINAN PLETEKON
    Permainan ke dua belas bernama pletokkan. Ini hanya bisa ditemukan didaerah karena saat ini sudah jarang yang memainkan pletokkan. Permainan ini terbuat dari bambu yang kuat agar tidak gampang pecah. Setelah itu bambu dibagi menjadi dua kemudian buat peluru menggunakan kertas yang dilitikan dan dibuat seperti bola. Kemudian tambahkan daun pandan agar suaranya menjadi nyaring. Seteah semua bahan tersedia, lakukan penembakan ke arah lahan kosong.

    13. PERMAINAN GASING

    Permainan nomer urut empat belas ada gasing. Ini adalah permainan zaman kuno yang masih ada hingga saat ini. Bentuknya seperti bola yang ditengahnya terdapat tali yang dililitkan dan diikat pusatnya. Jika tali dilempar dengan benar maka gasing akan memutar seimbang. Permainan ini tidak sulit namun butuh kekuatan untuk melemparnya, karena jika ragu untuk melempar maka gasing bisa cepat jatuh.

    14. PERMAINAN LAYANGAN

    Berikutnya permainan layangan yang merupakan salah satu dari permainan tradisional dan masih ada sampai saat ini. Layangan dibuat dari kertas yang dibentuk apa saja dan tengah ujungnya diikatkan tali lalu diterbangkan keudara. Kita bisa memainkannya ramai-ramai bersama teman dan melihat siapa yang paling jauh terbangnya.

    15. PERMAINAN SEPAK BOLA KAMPUNG
    Bermain sepak bola. Permainan ini pada zaman dahulu dimainkan secara bersama-sama dan sangat ramai penontonnya. Tapi sekarang sudah jarang yang memainkannya karena di game handphone sudah banyak yang membuatnya. Permainan ini dilakukan oleh sebelas orang, dan yang selalu memainkannya adalah laki-laki. Tetapi jumlah pemain tidak ditentukan harus berapa, tergantung ada berapa orang yang ikut main. Dibagi dua kelompok dan satu orang sebagai penjaga gawang. Cara memainkannya dengan melemparkan bola menggunakan kaki dan bola harus masuk ke gawang lawan.

    16. PERMAINAN MOBIL-MOBILAN

    Permainan mobil-mobilan. Dahulu anak laki-laki sangat senang bermain mobil-mobilan. Ada banyak jenis mobil-mobilan, merekapun biasanya membuatnya dari berbagai macam bahan seperti, kayu atau bekas kulit buah jeruk bali. Karena pada zaman dahulu belum ada teknologi canggih untuk mobil-mobilan.

    17. PERMAINAN MASAK-MASAKAN
    Permainan masak-masakan. Ini adalah permainan perempuan, dan bisa dilakukan oleh dua orang lebih. Cara bermainnya hanya menggunakan alat-ala sebagai alat masak.

    18. PERMAINAN BAMBU BETUNG
    Permainan ini biasanya hanya dilakukan oleh anak-anak di bulan menjelang puasa. Permainan ini juga biasa disebut meriam karena suaranya cukup keras. Permainan ini kini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang

    Itulah 18 jenis permainan tradisional yang pernah populer di jamannya. Dari penjelasan ini bisa dijadikan kenangan permainan apa saja yang pernah kita mainkan pada zaman dahulu kita masih kecil.

    Sumber: --> http://porosbumi.com/permainan-tradisional/
     
    DedyAkas Website likes this.
  2. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,090
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    He he ..di tempat udah gak ada lagi , kalo masa kecil saya ngalamin permainan tersebut ..*bagus*
     
    DedyAkas Website likes this.
  3. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    496
    Likes Received:
    67
    Trophy Points:
    28
    Permainan yg digambar itu pernah kena teman saya dan berdarah, kalo ga salah itu ada beberapa level gaya permainannya
     
    DedyAkas Website likes this.
  4. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    Sama mas, saya ngerasain semua mainan ini waktu masih SD :D

    Hahaha berarti kita senasib mas :p
     
    DedyAkas Website likes this.
  5. WirawanLN

    WirawanLN Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Petak umpet, permainan simple yang berkesan Gan *akhirnya*
     
    DedyAkas Website likes this.
  6. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    Hahaha iya mas, permainan paling menyenangkan dan menjengkelkan, apalagi kalau kita jaga dan di tinggal pulang ama teman yang jail :D:p
     
    DedyAkas Website likes this.
  7. WirawanLN

    WirawanLN Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Wah itu parah banget Gan wkwkwk *depresi2*
    Sakitnya tu disini *head*
     
    DedyAkas Website likes this.
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,038
    Likes Received:
    2,662
    Trophy Points:
    413
    Masih banyak dilakukan di kampung/desa kok.... Barangkali kota=kota besar iya... :D
     
    DedyAkas Website likes this.
  9. DedyAkas Website

    DedyAkas Website Member

    Joined:
    Sep 30, 2015
    Messages:
    161
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Agak sulit mempertahankan permainan tradisional ini, kecuali kalau memang masih tinggal di desa dan masih kental akan adat istiadatnya...
    Salam,
     
  10. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Gatrik, Gobak Sodor, Petak Umpet malem malem..
    Semua tersingkirkan oleh teknologi *huh*
     
  11. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    Didesaku sekarang udah ga ada mas, semuanya mainin game hp sama laptop *boohoo*
    Iya mas, mungkin kalau yang jauh dari kota dan susah sinyal jaringan internet mungkin masih ada, hehe:D
    Untung saya tahun 90an, adalah merasakan dari beberapa permainan itu *peace**peace*
     
  12. Mokimaru

    Mokimaru Member

    Joined:
    Nov 9, 2014
    Messages:
    511
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Gasing itu permainan paling asyik di jamannya. :D
     
  13. Om Gembung

    Om Gembung Member

    Joined:
    Feb 28, 2016
    Messages:
    102
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Dari semua permainan Tradisional Tersebut hanya Boi-Boian yang belum pernah saya Mainkan di waktu saya kecil, dan juga saya tidak tau apa dan bagai mana permainan Tersebut :D
     
  14. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Hampir semua ane mainin, haduuh seneng banget bisa kumpul sama temen waktu dlu, tanpa memikirkan masa depan yg rumit ataupun cinta *nangis2*
     
  15. WirawanLN

    WirawanLN Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Nggak kayak anak kecil sekarang Gan, apa-apa gadget *boohoo*
     
  16. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    iyA gan kampung sekarang sepi :( seperti kampung mati.
     
  17. WirawanLN

    WirawanLN Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Nah itu, semakin canggih teknologi, semakin orang tidak cerdas menggunakan teknologi, bukti sudah terpampang nyata Gan! Menyedihkan *booger*
     
  18. Animersyste

    Animersyste New Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tuh permainan egrang yang sering maen, sampe lutut merah merah luka jatoh mulu wkwkw
     
  19. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Kangen sama permaina-permainan tradisional dulu.
    Tapi sekarang udah jarang banget yang melestarikannya...
    Padahal asyik-asyik semua lho permainan tsb.
     
  20. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Jadi kangen. Inget banget dulu ngeliat lapangan aja udah seneng, anak jaman sekarang mah boro-boro *bergaya*
     
Loading...

Share This Page