2 Alasan Mendasar Mengapa Blog Kita Sepi Pengunjung

Discussion in 'General Internet' started by Ahmad Mujib, Oct 17, 2016.

Tags:
  1. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    213
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Banyak blogger, termasuk saya, yang masih bertanya-tanya mengapa blognya sepi pengunjung, padahal rajin update artikel serta upaya optimasi SEO pun sudah dilakukan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di sini akan saya uraikan dua alasan utama mengapa sebuah blog sepi pengunjung, berdasarkan penjelasan yang pernah saya baca dari Ebook mas Agus Kristianto, seorang pakar SEO dari Forum SEO Master Indonesia. Apa saja alasannya?

    Pertama, Posisi Blog di SERP Kurang Bagus


    SERPadalah singkatan dari Search Engine Result Position, yaitu halaman web/blog yang muncul dalam daftar hasil pencarian setelah seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi tertentu.

    Ketika seseorang ingin mencari informasi tertentu dengan menggunakan fasilitas mesin pencari, maka ia akan mengetikkan kata kunci sesuai dengan apa yang akan dicarinya. Pada umumnya, orang hanya akan memilih dan memilah hasil pencarian yang ditampilkan sampai pada halaman 3 saja. Apabila dalam setiap halaman hasil pencarian ditampilkan 10 hasil, maka rata-rata orang akan mencari sampai 30 halaman.

    Apabila posisi SERP blog kita berada di atas halaman ke 30 hasil pencarian, sudah jelas sangat kecil kemungkinan blog kita mendapatkan pengunjung. Dan inilah alasan pertama mengapa blog kita sepi pengunjung. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa mesin pencari merupakan perantara paling efektif dan tahan lama untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita.

    Biasanya orang akan mencari informasi yang sama dengan banyak variasi kata kunci. Bila sampai pada halaman 3 hasil pencarian orang tersebut tidak menemukan informasi sesuai dengan yang diinginkan, maka orang akan kembali mengetikkan kata kunci yang lain.

    Sedangkan untuk mengetahui bagaimana cara cek posisi blog/artikel di SERP, kita bisa memanfaatkan sebuah tool gratisan yang mudah digunakan bernama anya sangat mudah, cukup dengan menggunakan tools gratisan bernama “Free Monitor for Google “, yang bisa anda download di http://www.cleverstat.com/googlemon.exe

    Kedua, Kesalahan Dalam Melakukan Riset Kata Kunci Atau Tidak Melakukan Riset Sama Sekali

    Inilah alasan kedua yang menjadi faktor penyebab blog kita sepi pengunjung. Karena ketidaktahuan kita, seringkali kita cuma rajin memposting tapi tidak mempertimbangkan apakah artikel yang kita buat itu banyak dicari orang atau tidak, sering dicari orang atau tidak. Di sinilah pentingnya melakukan riset kata kunci sebelum menentukan niche blog dan membuat artikel. Dengan melakukan riset kata kunci, kita menjadi tau kata kunci apa yang sedang populer atau banyak dicari orang, serta seberapa tinggi tingkat persaingan kata kunci tersebut, sehingga dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat artikel.

    Dua alasan yang menjadikan blog kita sepi pengunjung seperti yang sudah saya uraikan di atas sebenarnya saling terkait satu sama lain. Apabila sebelum menulis artikel terlebih dahulu kita melakukan riset kata kunci dengan benar, maka secara otomatis posisi artikel tersebut di SERP akan mengikuti.

    Percaya atau tidak, dua hal di atas merupakan dua alasan di antara alasan-alasan lain yang menyebabkan blog kita sepi pengunjung. Dengan melakukan riset kata kunci sebelum membuat blog, itu artinya kita mau berusaha lebih serius untuk membuatnya seberkualitas mungkin, di mana riset kata kunci merupakan bagian dari strategi ilmu SEO untuk mendongkrak popularitas blog kita. Dan dari situ, bagusnya posisi blog kita di SERP merupakan hasil akhir yang dapat kita nikmati.

    Jangan terlalu fokus untuk mendapatkan uang dari blog. Yang lebih penting adalah, berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan konten yang benar-benar berkualitas dan memberikan manfaat untuk pembaca. Soal hasil, insyaallah akan sebanding dengan jerih payah kita. Saya cuma newbi, mohon koreksi dari para suhu apabila ada kesalahan...hemm

    Ini untuk pertama kalinya saya jadi TS di bersosial,,hehehe
     
    Last edited by a moderator: Oct 18, 2016
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Saran saya adalah fokus pada passion dan bakat yang dimiliki.
    Ketahui kemampuanmu maka itu akan menuntunmu kepada kebahagiaan sejati tidak harus ada uang
     
  3. Kang Yus

    Kang Yus Member

    Joined:
    Sep 2, 2016
    Messages:
    78
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8

    bagus...info yang bermanfaat sekali gan..matur tengkyu
     
  4. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    466
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Step-2 sudah saya lakukan untuk setiap post. Masalahnya, masih kalah bersaing di SERP. Bagaimana cara agar muncul di halaman pertama?
    Saya masih ragu, cara SEO di Google. takut sudah kadaluarsa, tidak berlaku bahkan dianggap black hat.

    Tolong sarannya.
     
  5. Endar Fernandes

    Endar Fernandes New Member

    Joined:
    Oct 25, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sama gan, saya juga mengalami masalah itu. Trus saya juga bingung cari topik buat riset kata kunci. Jadi artikel apa yg mau dibuat yang kira-kira orang tertarik.
     
Loading...

Share This Page