2 Cara Menikmati Kawah Ijen Yang Eksotik

Discussion in 'Tourism' started by Frizy, Mar 11, 2017.

  1. Frizy

    Frizy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    82
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Gunung Ijen merupakan salah satu gunung api aktif yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso adalah salah satu primadonanya pariwisata di Jawa Timur. Sama seperti Gunung Bromo, Gunung Ijen pun hampir setiap hari ramai pengunjung.Karena selain pemandangannya bagus dan eksotik juga melihat aktivitas penambangan belerang menjadi salah satu hal yang menarik.

    Nah, tapi sebelum ke Ijen, kamu harus terbang dulu ke Surabaya atau Malang, terus lanjut perjalanan darat (bisa dengan kereta atau mobil/bus) menuju Banyuwangi atau Bondowoso. Oh iya, Banyuwangi juga punya bandara, deh, Bandara Blimbingsar. Kalau waktu liburanmu mepet, kamu bisa naik pesawat ke sana.

    [​IMG]
    Sampai di Banyuwangi, kamu bisa nginap di sekitar Pelabuhan Ketapang, di pusat Kota Banyuwangi, di daerah (kecamatan) Licin, atau di Bondowoso, seperti di Sempol. selain itu di sana juga banyak terdapat penginapan yang bisa kamu pilih sesuai dengan budged kamu.

    Tapi jangan khawatir bagi kamu yang ga mau ribet ke kawah ijen karena kini sudah banyak biro wisata yang menawarkan layanan bromo ijen hiking sehingga semakin mempermudah anda yang ingin menikmati keindahan kawah ijen maupun gunung bromo.

    Langsung aja, kalau mau ke Kawah Ijen bagaimana caranya? Gampang, untuk mencapai Kawah Ijen yang berada di puncak Gunung Ijen, kamu harus trekking sejauh 3 km dari Paltuding. Jadi, siapkan pakaian dan sepatu yang nyaman, ya. Jangan lupa juga bawa masker kalau-kalau kamu enggak kuat nyium bau belerang.

    Dan, inilah 2 cara untuk menikmati pesona Kawah Ijen.

    1. Mengejar Blue Fire – Tengah Malam

    Pernah dengar tentang Blue Fire atau si Api Biru di Kawah Ijen? Fenomena Api Biru yang langka ini terjadi karena pembakaran gas belerang yang kontak dengan udara pada suhu di atas 360 derajat Celcius. Sebelum matahari terbit, kita bisa melihat langsung Api Biru ini. Jadi, kamu harus keluar hotel sekitar jam 12 malam supaya bisa menyaksikan Api Biru ini, yaitu sekitar jam 2 sampai 4 pagi. Jangan lupa juga bawa senter dan pakai jaket karena udara cukup dingin.

    2. Berkunjung pada Pagi Hari


    Enggak kebayang mau trekking pagi-pagi buta demi si Api Biru? Kamu boleh banget kalau mau ke sana pada jam-jam normal aja. Misalnya, mulai trekking dari Paltuding jam 6 atau 7 pagi (atau sedikit lebih siang dari itu). Biasanya perjalanan sekitar 1-2 jam. Asyiknya jalan jam segini, kamu bisa lihat para penambang yang sedang menambang belerang. Lagian, kalau agak siang begini, cuacanya enggak dingin, kamu bisa santai pakai celana pendek.

    Bagaimana, kira-kira kamu memilih cara yang mana untuk menikmati suasana di Kawah Ijen?
     
  2. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    pemandangan blue fire pasti keren tuh,,,, kapan-kapan pengen ke sono...
     
  3. Frizy

    Frizy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    82
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    iya gan..kerennya pake banget..banget..
     
  4. getawa

    getawa New Member

    Joined:
    Mar 23, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page