2 Peluang Usaha Pertanian yang dapat Menjadi Peluang Bagi Petani

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by meigal08, Oct 7, 2016.

  1. meigal08

    meigal08 Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG] Peluang usaha pertanian di Indonesia akan terus meningkat hingga jaman modern sekarang ini jika sektor pertanian tersebut terkelola dengan sangat baik dan turut didukung dengan teknologi yang canggih, terutama menyangkut peralatan pertanian yang digunakan untuk mengelolanya. Sebagian orang berpikiran bahwa fasilitas pertanian hanya untuk dipakai saja, namun tahukah anda bahwa adanya kelalaian dalam hal pemikiran tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat sektor pertanian tidak mengalami kemajuan. Lebih dari itu prospek yang luar biasa sebenarnya terdapat pada bisnis atau peluang usaha di bidang pertanian, karena hasil dari pertanian sangatlah dibutuhkan oleh semua orang dalam memenuhi kebutuhannya seperti pangan, aneka tanaman dan juga lainnya.

    Jika sektor pertanian dikelola dengan cara baik dan benar, serta mendapat dukungan dari berbagai pihak, maka bukan hanya para pelaku usaha tani saja yang akan mengalami kemajuan khususnya mengalami kesejahteraan perekonomian dari hasil usaha taninya, melainkan negara juga dapat menikmati hasil dari sektor pertanian tersebut dengan banyaknya permintaan dari asing akan kebutuhan hasil pertanian Indonesia. Contoh nyata yang dapat anda ketahui bahwa banyak dari para pelaku pertanian yang memanfaatkan sektor tersebut untuk menciptakan peluang usaha ataupun bisnis yang dapat menjanjikan di era pertanian modern sekarang ini, seperti dua di antaranya yang memiliki peluang usaha sangat baik adalah.

    1. Sektor pertanian dengan mengelola satu produk pangan, entah itu sayuran, rempah, makanan pokok dan lainnya dapat anda kelola terlebih dulu dengan pengelolaan satu pangan saja. Cari tahu apa yang dibutuhkan di Indonesia menyangkut pangan, lakukan pengelolaan, pemeliharaan hingga penjualan hasil panen dengan nama atau brand yang dapat anda buat sendiri. hal tersebut dilakukan untuk mencari peluang pasar sendiri, dengan adanya nama dari hasil pertanian yang anda kelola, maka anda tidak perlu repot mencari pasar lagi, melainkan pasar yang akan mencari anda seiring dengan adanya pengelolaan serta peningkatan yang baik.

    2. Sayuran organik merupakan jenis sayuran yang ditanam dan dikelola secara alami tanpa menggunakan pupuk kimia, dan kebutuhan terhadap permintaan sayuran organik semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. sehingga anda dapat menjadikannya peluang usaha pertanian di Indonesia, meskipun tidak mudah memang melakukan penanaman sayuran organik ini, namun dengan pelatihan serta penyuluhan dari dinas pertanian dapat anda ikuti dengan baik dan dapat dipraktekan dalam pertanian yang anda kelola.
     
  2. sevta22

    sevta22 Member

    Joined:
    Oct 7, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    emang betul begitu gan, tapi saya mikirnya kenapa ya pemerintah masih saja import hasil pertanian dari negara lain ?
    karna harganya murahkah ? kalo gitu gmn pertanian indonesia maju:confused:, ?? ... semangat pak petani indonesia :D:D
     
  3. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,088
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    kalo saya ikut gabung ke mitra tani ,, jadi mitra tersebut nyedian bibit sayur mayur , sekalian cari komisi saya ikut jualin juga ,, misal dari sana 200 / pohon , saya jual 250 plus ongkos kirim ,,, gpp kecil juga tapi kan yang beli bukan 1 atau dua melainkan di atas 1000 pohon atau bibit,,hehehehe .
    Namun saya gabung ke sana bukan untuk komersil utamanya adalah ingin tahu seperti apa sih yang potensial sekaligus bisa tanya2 sama pemilik mitra taninya,,, banyak ilmu dapat uang,,wkwkwk:D:D:D:D .
    Kalau ada yang mau pelatihan atau apalah , saya tawarin jasa buat anter ke sana ,, al hasil banyak teman dan uang lagi , kemarin2 baru anterin dari ipb ,,,wkwkkw
     
  4. Nagita Candra

    Nagita Candra Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    setahu saya Indonesia juga banyak ekspor ke luar tapi banyak juga impornya :D
     
  5. shinichiozy

    shinichiozy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    paling bagus tuh kalo petani bisa menjual produkx jadi produk jadi. contoh singkong, jangan dijual singkong mentah tp coba aja bikin outlet tela2... singkong goreng singkong rebus atau dsbgnya, intinya produk jd lebih mahal n lebih untung... semangat
     
  6. Kawan Tani

    Kawan Tani New Member

    Joined:
    Nov 15, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pertanian di Indonesia memang masih perlu banyak didukung dari berbagai aspek seperti bibit dan bahan lainnya, alat-alat pertaniannya, pengelolaan hingga proses penjualan juga perlu terus dikembangkan lagi agar hasilnya lebih optimal dan diharapkan negara kita dapat mandiri dari sisi penyediaan bahan pangan tanpa harus impor lagi :)
     
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    yang paling penting pelatihan yang cukup memadai untuk petani. Jangan sampai petani terbengkalai begitu aja
     
Loading...

Share This Page