20 Kesalahan SEO Pemula yang Harus Dihindari

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Astrid Utami, Mar 1, 2015.

  1. Astrid Utami

    Astrid Utami New Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    1. Belajar SEO tidak dari basic
    Baru beberapa minggu belajar SEO, tapi sudah mempelajari teknik-teknik nggak jelas seperti link piramid, link wheels, link dewa mabuk, link galau, dan lain sebagainya tanpa benar-benar memahami beberapa hal-hal dasar tentang SEO.

    Cukup penting untuk memahami apa sebenarnya itu SEO, apa itu SEO blackhat dan whitehat, apa itu backlink, bagaimana cara kerja mesin pencari, bagaimana cara kerja Algoritma Google, dan lain sebagainya.

    Jika kita mempelajari SEO tidak dari basic maka ketika kita menggunakan teknik SEO nggak jelas dan teknik tersebut sudah lagi tidak berfungsi, maka ujung-ujungnya kita akan bingung.

    2. Melupakan riset keyword
    Tidak melakukan riset keyword merupakan kesalahan yang paling umum yang dilakukan oleh pemula. Jangan heran jika blog sobat sepi pengunjung meskipun blog sobat berada di posisi teratas mesin pencari. Itu karena sobat tidak melakukan riset keyword yang tepat.

    3. Membuat konten asal-asalan
    Pemilihan keyword yang tepat saja tidaklah cukup, kita juga perlu membuat konten yang benar-benar berkualitas agar disukai oleh Google.

    Membuat konten berkualitas juga bukan semata-mata hanya untuk Google, tapi juga untuk pembaca blog kita, karena itulah tujuan utamanya.

    4. Tidak menggunakan Google webmaster tools
    Google menyediakan beberapa tools gratis yang sangat penting untuk keperluan SEO. Salah satu tool yang wajib untuk digunakan adalah Google webmaster tools.

    Dengan Google webmaster tools kita bisa melihat bagaimana performa blog kita di mesin pencari. Kita bisa melihat blog kita seperti bagaimana Google melihat blog kita.

    Kita bisa mengecek backlink, kata kunci yang paling populer, jumlah index halaman, berbagai macam error yang ada di blog kita, dan masih banyak lagi.

    Jadi sebuah kesalahan besar jika kita tidak memanfaatkan secara maksimal tool yang satu ini.

    5. Tidak mengoptimalkan judul dan meta deskripsi
    Kebanyakan SEOers pemula hanya memikirkan bagaimana caranya supaya bisa nangkring di posisi teratas mesin pencari tanpa memperhatikan bagaimana blognya tampil di mesin pencari.

    Percuma jika blog sobat tampil di posisi teratas tapi judul dan deskripsi blog sobat tidak menarik perhatian pengguna google untuk mengekliknya.

    6. Percaya sama kode meta tag ajaib
    Saya cukup sering mendapatkan pertanyaan seperti ini:

    Mas, bagi dong kode meta tag yang SEO

    Masih cukup banyak pemula yang menganggap hanya dengan menggunakan sebuah kode meta tag khusus blognya bakalan muncul di peringkat teratas mesin pencari. Memasang sembarang kode meta tag tanpa benar-benar paham apa fungsi dari kode-kode tersebut.

    Memang ada beberapa kode meta tag yang cukup penting peranannya untuk SEO, contohnya kode meta tag deskripsi. Tapi efek dari kode-kode tersebut sangatlah tidak besar terhadap SEO blog sobat.

    7. Tidak menggunakan variasi anchor text
    Saya yakin kebanyakan dari sobat sudah tahu, jika mencari backlink maka lebih bagus untuk menggunakan keyword target keyword sebagai anchor text.

    Tapi penggunaan keyword sebagai anchor text secara berlebihan tidaklah bagus karena justru akan membahayakan blog sobat karena akan dianggap spam.

    Jadi ketika mencari backlink jangan 100% hanya menggunakan keyword target sebagai anchor text. Gunakan keyword variasi yang berhubungan atau gunakan nama blog sobat sebagai anchor text.

    8. Tidak melakukan internal linking
    Internal link penting agar pengujung dan juga mesin pencari bisa lebih mudah menjelajahi postingan-postingan lain yang relavan di blog sobat.

    Internal linking juga memilik banyak manfaat lain, seperti meningkatkan pageview dan juga menurunkan bounce rate blog sobat.

    9. Terlalu memikirkan keyword density
    Berapa persen sih sebaiknya sebuah keyword muncul dalam satu postingan? 1%, 2%, 3%, atau 50%?

    Jawabannya: tidak penting.

    Cukup tulis aja postingan secara natural, jangan terlalu memikirkan yang namanya keyword density. Yang terpenting keyword yang sobat target muncul di dalam postingan. Entah itu di judul, di paragraf pertama, di paragraf terakhir, dll.

    Masalah berapa persen itu sama sekali tidak penting.

    10. Menggunakan Bold, Italic, Underline secara berlebihan
    Salah satu teknik SEO jadul yang masih cukup banyak digunakan oleh pemula. Yaitu menggunakan Bold, Italic, dan Underline secara berlebihan.

    Penggunaan metode seperti sama sekali tidak efektif karena tidak akan membantu meningkatkan ranking blog sobat, malah justru akan mengganggu kenyamanan pembaca blog sobat.

    Cukup gunakan bold, italic, atau underline jika memang benar-benar dibutuhkan.

    11. Tidak memperhatikan kecepatan loading blog
    Google sangat memperhatikan betul kecepatan loading sebuah blog atau website. Itu karena google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna google dengan mengutamakan web-web dengan loading cepat pada posisi teratas hasil pencarian.

    Jika sobat mempunyai blog maka lebih baik untuk segera berhenti dari sekarang menggunakan widget-widget secara berlebihan dan pernak-pernik blog yang sama sekali nggak penting. Karena semua itu justru akan membuat blog sobat menjadi berat.

    12. Tidak menggunakan desain mobile-friendly
    Saat ini desain yang mobile-friendly sudah dijadikan salah satu faktor oleh Google untuk menentukan peringkat web di hasil pencarian, khususnya pada perangkat mobile.

    Alasannya jelas, sekarang pengguna perangkat mobile sudah sangat banyak, lebih banyak dari pengguna komputer desktop.

    13. Hanya fokus mencari backlink
    Bukan sebuah rahasia lagi kalau backlink merupakan faktor terpenting SEO. Tapi jangan sampai hanya fokus pada backlink karena sekarang sudah sangat banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi SEO.

    Perhatikan SEO onpage blog sobat, kualitas konten di blog sobat, popularitas blog sobat, social media, dan lain sebagainya.

    14. Lebih mementingkan kuantitas ketimbang kualitas backlink
    Ketika sobat mencari backlink, jangan hanya memikirkan supaya bisa mendapat backlink sebanyak mungkin, tapi fokuslah pada kualitasnya.

    Carilah backlink dari situs atau blog-blog yang relavan dengan blog sobat dan juga situs-situs yang memiliki otoritas.

    15. Masih hobi tukar link
    Tukar link merupakan salah satu contoh metode mencari backlink tidak berkualitas. Metode ini sudah jadul dan sudah tidak efektif lagi, tapi sepertinya masih cukup banyak yang melakukannya.

    Tukar link bukan hanya metode mancari backlink yang tidak efektif, tapi juga berbahaya bagi blog sobat karena termasuk dalam kategori Link Schemes yang dibenci Google.

    Jika sobat tetap melakukannya maka jangan menyesal jika blog sobat terkena penalty Algoritma Google .

    16. Ngecek skor SEO di chkme.com
    Saya cukup sering mendapat pertanyaan seperti ini:

    Mas, blog saya skor SEO-nya 100% tapi kok nggak muncul di google ya?

    Ini adalah contoh blogger yang tidak mempelajari SEO dari basic. Penting untuk diketahui bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk meranking halaman web di internet.

    Sedangkan chkme.com hanya menggunakan beberapa biji faktor saja sebagai penilaian skor SEO. Jadi sama sekali tidak bisa dijadikan sebagai acuan skor SEO, karena SEO memang nggak ada skornya.

    17. Terlalu terobsesi dengan PageRank, Domain Authority, Page Authority, Alexa rank, dll.
    Masih berhubungan dengan SKOR. Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan pemula adalah terlalu terobsesi dengan skor-skor seperti PageRank, DA, PA, Alexa Rank, dan lain sebagainya.

    Untuk menilai apakah SEO yang kita lakukan berhasil atau tidak bukan dengan cara melihat PR, DA, PA, dan Alexa Rank, tapi lihat jumlah pengunjung blog sobat, lihat berapa penghasilan AdSense blog sobat, lihat berapa produk yang berhasil terjual. Karena itulah yang paling penting.

    18. Hanya mengandalkan SEO untuk mendatangkan pengunjung
    Jika sobat baru saja membuat blog atau website, maka cukup penting untuk tidak hanya mengandalkan mesin pencari sebagai tempat mencari pengunjung.

    Setidaknya untuk 6 bulan sampai 1 tahun pertama jangan terlalu fokus hanya pada SEO, tapi gunakan metode lain seperti promosi melalui media sosial, blogwalking, atau social bookmarking.

    19. Mengharapkan hasil instan dari SEO
    SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses.

    Jangan khawatir jika mungkin beberapa bulan pertama blog sobat masih sulit bersaing di mesin pencari. Yang terpenting adalah harus tetap konsisten.

    20. Tidak belajar dari Master SEO
    Yang terakhir yang paling penting. Belajarlah sama orang-orang yang memang sudah terbukti pengalamannya. Ketika sobat googling mencari informasi seputar SEO maka jangan mudah percaya dengan tutorial-tutorial dari blogger yang kurang jelas asal-usulnya.

    Tutorial yang sedang sobat baca ini juga jangan sampai diambil secara mentah-mentah tanpa diteliti lagi secara mendalam karena saya bukanlah seorang Master SEO, hanya seorang blogger yang ingin berbagi pengalaman saja.

    Buat si TS --> Lain kali kalau mau copas kasih credit link buat si sumber dan jangan di copas mentah2...
    Sumber: http://www.mas-sugeng.com/20-kesalahan-seo-pemula-yang-harus-dihindari/
     
    Last edited by a moderator: Mar 2, 2015
  2. Fatimah Zahra

    Fatimah Zahra New Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Banyak juga gan yg harus diperhatiin dulu, tapi yang no 20 susah dilakuin, ane otodidak soalnya *belajar*
     
  3. Astrid Utami

    Astrid Utami New Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    sama suhu apalagi ane masih newbie hihi :D
     
  4. apit_rdn

    apit_rdn Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    64
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    setuju banget ama yg poin 19 "SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas."
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Cuma 20? Sepertinya ada yang kurang..
    Namun setidaknya itu sudah cukup mewakili untuk belajar SEO.

    Btw:
    @Astrid Utami cewek atau cowok, sih?
     
    Last edited: Mar 2, 2015
  6. Achmad Muharya

    Achmad Muharya Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    427
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Kaya pernah baca tapi lupa di blog mana *belajar*

    Oiya untuk yang poin nomer 11, katanya Google menandai blog atau situs yang lambat dipencariannya: Google Testing New Label

    wkwkwkwk gak usah ditanya lagi om *ketawa2*
     
    Last edited: Mar 1, 2015
  7. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    388
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    @KangAndre gak nyimak semua yach... melihat DP nya n nama nya saja, diatas sempet disebut "6. Percaya sama kode meta tag ajaib
    Saya cukup sering mendapatkan pertanyaan seperti ini:

    Mas, bagi dong kode meta tag yang SEO" sepertinya taktik jurus 200 SEO, gunakan wanita cantik untuk menjerat dan memikat pria hidung belalang. Hehehhehe
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    wkwkwkwk... ,cukup 1 contoh saja untuk membuktikan ini copas.
    Tapi ini info bagus loh...
     
  9. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    kalau sudah responsive bagaimana mas?
     
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
  11. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
  12. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    yang paling dominan sih kebanyakan menghayal....*ketawa4*

    kalao ntar trafik segini bisa dapat segini, bisa begini begini lalu tinggal begini begini.. haha
     
    ncang likes this.
  13. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,169
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    banyak banget berarti ane salah 20 nih
     
  14. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,726
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah mantap gan tutorialnya.. pasti udah sangat pengalaman ni.. thank sharingnya..
     
  15. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    1 lagi, nggak punya website :D
     
    ncang likes this.
  16. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Kalau kaga punya website jangan di ceritain kang *benci*
     
  17. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,379
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    ditunggu nih share link dewa mabuk sama galau nya. :D

    saya kurang setuju no 9, karena density penting loh. Misal saya nulis artikell, setalah selesai dicek n edit lagi, kalo kebanyakan kw nanti diganti pake sinonim atau kata ganti. :D tapi bener jg kalo densiti terlalu dipikirin yabikin pusing.
     
    Last edited: Mar 2, 2015
  18. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Kalau mau protes atau tanya, silahkan ke sumber resminya:
    http://www.mas-sugeng.com/20-kesalahan-seo-pemula-yang-harus-dihindari/
    (kasihan yang di copas, beri hadiah link saja)
     
  19. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    @Astrid Utami jika meng-copas berikan sumber link.
    Kita tidak mau nantinya bersosial.com dianggap forum copas dan nggak punya etika.
     
  20. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hehe... ane juga heran kok artikel sepanjang dan sebagus ini ga ada backlinknya? minimal sumber atau apalah... ane stuju kang... hargailah sang creator asli, dan kasihan kalau bersosial kena DCMA Complaint lagi...
     
Loading...

Share This Page