3 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Untuk Para Pemula

Discussion in 'Education' started by melisa, Jul 23, 2019.

  1. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman
    - Belajar berbahasa biasanya membutuhkan proses yang lama dan bertahap. Belajar berbahasa berbeda dengan mengenali bahasa. Karena kalau mengenali, anda hanya belajar dasar-dasar berbahasa tanpa harus menguasai bahasa tersebut secara komprehensif.

    Sementara ketika anda memutuskan untuk belajar berbahasa. Maka anda harus mempelajari keseluruhan bahasa, dari struktur, pola hingga kebudayaan tempat timbulnya bahasa tersebut.

    Misalnya ketika anda memutuskan belajar berbahasa Jerman. Anda setidak-tidaknya menguasai bahasa dasar dan juga mengenali kebudayaan Jerman.

    Karena bahasa merupakan hasil tak terpisahkan dari kebudayaan itu sendiri. Nah, ketika anda memilih belajar berbahasa Jerman. Anda mau tak mau akan terlibat lebih jauh dengan pemahaman soal budaya dan juga karakter Jerman sebagai tempat timbulnya bahasa Jerman.

    Apakah belajar bahasa Jerman bisa dipelajari secara cepat?

    Secara normal belum tentu. Tetapi anda bisa menerapkan tips-tips cara cepat belajar bahasa Jerman untuk mendukung kemampuan anda dalam mempercepat kemampuan berbahasa Jerman. Karena kemampuan setiap orang berbeda-beda, maka tips-tips ini juga hasil pengaruhnya tergantung anda sendiri.

    Anda yang lebih paham soal kemampuan otak dan memori anda. Bagi anda yang terbiasa belajar bahasa, maka menguasai bahasa baru akan lebih menyenangkan. Berbanding terbalik dengan mereka yang belum terbiasa mempelajari suatu bahasa asing. Maka memerlukan proses dan tahapan-tahapan yang agak lama.

    Jangan dibandingkan proses penguasaan belajar bahasa Inggris dengan belajar bahasa Jerman. Karena kedua bahasa ini familiarnya berbeda satu sama lain. Bahasa Inggris jauh lebih familiar karena telah lama dipelajari di sekolah dasar hingga sekolah menengah.

    Sementara bahasa Jerman baru populer di era modern ini saja. Itupun karena terpengaruh di sektor pendidikan, bisnis dan ekonomi.

    Berbeda dengan bahasa Inggris yang telah mempengaruhi banyak hal di bidang media, perbukuan, bisnis, ekonomi dan kemudian menjadi lingua franca (bahasa pergaulan) kedua di antara elite politik dan bisnis di Indonesia. Bahkan menjadi bahasa wajib bagi kelas-kelas internasional yang ada di sekolah menengah dan perguruan tinggi.

    3 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Untuk Para Pemula yang Bisa Dicoba Dirumah

    [​IMG]
    Tips-tips cara cepat belajar bahasa Jerman ini bisa anda praktekkan dengan menyusun sebuah rencana pembelajaran yang sistematis dan terstruktur. Kenapa disebut struktur dan terencana. Karena pembelajaran bahasa membutuhkan perencanaan yang bertahap dan berproses.

    Sehingga tidak instan dan asal jadi, apalagi bagi anda yang tipe moodies yaitu perasaan berubah-ubah bisa senang, males dan semangat.

    Nah, rencana yang terstruktur akan membuat anda terus konstan dan konsisten dalam belajar bahasa Jerman dan berikut di bawah ini adalah tips-tips cara cepat belajar bahasa Jerman untuk para pemula

    1.Buatlah sebuah motivasi

    Cara cepat belajar bahasa Jerman yang pertama adalah buatlah semangat motivasi yang membuat anda terus mempunyai semagat yang menyala dalam belajar bahasa Jerman. Semisal anda bisa memasang foto-foto objek wisata di Jerman, universitas di Jerman yang ingin diimpikan, atau jika ada kekasih atau pasangan yang berada di Jerman dan menjadi motivasi.

    Maka anda bisa pasang foto mereka di kamar anda, di meja belajar anda. Atau dijadikan wallpaper di laptop dan handphone.

    2. Kuasai bahasa-bahasa Jerman yang sehari-hari

    Penguasaan dasar ini akan membuat anda terbiasa dengan bahasa Jerman dasar. Semisal kosakata selamat pagi, selamat malam, selamat sore, dan sapaan-sapaan lain. Bisa ditambah dengan kosakata-kosakata yang bertebaran di sekitar rumah anda.

    Semisal dapur, kamar tidur, kamar tamu atau di halaman rumah. Gunakan sticky note untuk menuliskan kosakata bahasa Jerman dan kemudian tempelkan di benda-benda yang ingin anda hafalkan.

    3. Gunakan audiovisual

    Sering-sering membuka video liputan tentang Jerman yang disiarkan dalam bahasa Jerman. Gunakan youtube untuk mengakses materi-materi singkat bahasa Jerman, kemudian anda bisa juga merefreshing diri dengan mulai menyukai lagu-lagu bahasa Jerman.

    Hal-hal sederhana ini akan membuat anda terus termotivasi untuk menguasai bahasa Jerman. Jika anda masih penasaran dengan hal-hal yang membuat Jerman semakin menarik bagi anda, terutama dalam bidang pendidikan maka anda bisa mengunjungi Website S2s dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah untuk Kita semua.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    416
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    di kantor ane ada aplikasi bahasa jerman , cuma bos yang ngerti cara pakai nya , ane cuma ngerti achtun sama abrachen aja :D
     
  3. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    gak tertarik sih sebenernya sama bahasa jerman, cuma lumayan lah buat insight juga sewaktu-waktu jadi tertarik sama bahasa jerman :)
     
Loading...

Share This Page