3 Cara Memasang Pipa Flange Supaya Melekat Kuat Pada Pipa

Discussion in 'General Discussion' started by firda63, Mar 31, 2020.

Tags:
  1. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    759
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Flange digunakan untuk menghubungkan dua pipa dan segala jenis komponen fitting, yang mana cara pemasangannya tak hanya menggunakan baut saja. Ada 3 cara memasang pipa flange lagi yang perlu para mekanik atau Anda sendiri tahu.

    [​IMG]

    Flange sendiri dikenal sebagai konektor mekanis yang sederhana, ia berhasil digunakan dalam pengaplikasian sistem perpipaan tekanan tinggi. Flange juga hemat biaya, dapat diterapkan dengan pemahaman yang mudah, dapat diandalkan dan keberadaannya mudah untuk ditemukan.

    Pemasoknya banyak, jadi jangan khawatir akan kehabisan. Termasuk juga jika Anda sedang mencari tempat jual flange besi, kami siap melayani berbagai kebutuhan Anda untuk berbagai tipe dan jenis flange.

    Selain itu, flange dapat dirancang untuk memenuhi berbagai persyaratan pemasangan pada suhu yang tinggi ataupun yang memiliki daya korosi yang tinggi.

    3 Metode Cara Memasang Pipa Flange Selain Menggunakan Baut


    Pipa flange yang memiliki permukaan rata atau tegak lurus, biasanya digunakan metode pemasangan dengan baut. Tapi ada pula metode lain, dan itu semua ditentukan pula oleh spesifikasi fisik, jenis dan bahan flange yang Anda pilih.

    Berikut adalah beberapa metode pemasangan pipa flange yang bisa Anda pilih.
    • Pengelasan
    Dimana kedua material digabung, kemudian dilebur menjadi satu supaya bisa menempel rekat satu sama lain. Cara satu ini dianggap paling efektif karena memberikan sambungan yang kuat, dan tekanan yang tinggi. Kebanyakan flange juga dirancang untuk dilas ke pipa. Jadi selain menggunakan baut, flange juga dapat dilas ke pipa.
    • Mematri
    Patri atau Brazing adalah metode penggabungkan dua material sekaligus dengan cara melelehkan logam yang berguna sebagai konektor. Untuk cara yang satu ini, ia tidak membuat salah satu material meleleh, malah menjadi metode yang paling efektif untuk menggabungkan dua material dengan bahan berbeda misal logam dan keramik metalized.
    • Threaded
    Cara pemasangannya mirip dengan mur dan baut, tapi ia memiliki ulir dalam. Flange ini biasanya digunakan untuk tekanan rendah dan tidak disarankan dipasang pada temperatur yang tinggi.

    Tapi kembali lagi pada spesifikasi fisik flange itu sendiri, karena cara pemasangan flange pipa ini hanyalah fitur.
     
Loading...

Share This Page