3 Cara Memilih Masjid Karpet Berkualitas Bagus

Discussion in 'General Discussion' started by firda63, Oct 11, 2018.

  1. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    757
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Membeli karpet untuk kebutuhan di rumah sendiri pasti mudah, karena bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan para anggota rumah. Tapi bagaimana jika memilih karpet untuk digunakan di sebuah masjid. Dari sekian banyak perusahaan yang jual karpet masjid di bekasi, pasti banyak pula yang menawarkan karpet dengan kualitas bagus.

    [​IMG]

    Pertanyaannya, apakah semua penjual karpet ini benar-benar memiliki kualitas yang bagus? atau justru sebaliknya. Berikut adalah cara untuk memilih karpet masjid yang bagus.

    Cara Memilih Masjid Karpet Berkualitas Bagus

    1. Cari Perusahaan atau Toko yang Memberikan Jaminan

    Karpet masjid setidaknya terdapat jaminan, seperti opsi 1-2 bulan jaminan terhadap noda dan bahkan penampilan keseluruhan. Secara umum, semakin baik kualitas karpet, semakin banyak cakupan yang ditawarkan melalui jaminan, perlindungan noda dan sejenisnya.

    Namun, jangan pernah membeli karpet khusus semata-mata karena jaminannya tampak sangat bagus karena sebagian besar jaminan sebenarnya hanya untuk memikat para pembeli karpet. Misalnya, garansi yang paling umum adalah garansi "pakai". Pemilik toko menawarkan garansi pakai ini jika ada kesalahan dalam karpet seperti sudah rusak atau desain yang memudar.

    Keluhan karpet yang paling umum adalah jika terjadi cacat manufaktur, bagaimanapun jika terjdi cacat, maka hal ini sudah tidak tepat. Keluhan ini harus secara umum dibawa lagi ke toko dan Anda akan mendapatkan penggantinya.

    Oleh sebab itu, sebelum Anda membeli karpet, tanyakan apa saja yang Anda lakukan jika karpet masjid tidak sesuai dengan yang dikatakan oleh penjual. Apa saja jaminan dan garansinya jika memang terjadi kecacatan.

    2. Lakukan Uji Kerapatan

    Kepadatan adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Jika karpet tidak terlalu tebal, Anda mungkin akan melihat bagian belakangnya yang tidak enak dilihat saat karpet melengkung. Salah satu uji kerapatan adalah memasukkan jari-jari Anda ke dalam sampel karpet. Jika Anda dapat dengan mudah memisahkan serat dan merasakan dukungannya, itu mungkin bukan pilihan terbaik untuk karpet masjid Anda.

    Pilihan ideal, sebenarnya, adalah karpet wol tenunan. Karpet Wool adalah jenis karpet yang paling tahan lama, dan tenunannya membantu menjaga setiap bagian dari benang di tempat, yang sangat penting untuk bahan karpet.

    3. Go Green

    Banyak orang terkejut ketika mengetahui berapa banyak karpet, bantalan, dan perekat yang dapat memengaruhi kualitas udara dan kesehatan. Jika Anda pernah berada di sekitar karpet baru atau bahan bangunan lain, Anda mungkin ingat bahwa aroma "baru" yang khas itu tidak baik untuk kesehatan.

    Bau itu disebabkan oleh senyawa organik yang mudah menguap (VOCs). VOC, seperti formaldehida, menyebabkan kualitas udara dalam ruangan yang buruk dan dapat berkontribusi pada sejumlah masalah kesehatan, termasuk asma dan alergi.

    Lindungi jamaa’ah masjid dengan memilih karpet yang terbuat dari bahan alami, termasuk wol, rami, dan bahan organik lainnya. Juga, carilah pewarna organik atau bebas kimia.

    Selain berdampak pada kesehatan Anda, pilihan karpet Anda juga bisa mempengaruhi lingkungan. Banyak produsen juga menggunakan karpet daur ulang untuk menghasilkan karpet baru, jadi periksa dengan baik toko jual karpet masjid di Bekasi sebelum Anda membeli.
     
Loading...

Share This Page