3 Hal Wajib Dilakukan Untuk Tanaman Agar Tetap Sehat

Discussion in 'General Lifestyle' started by masnur, Sep 10, 2018.

  1. masnur

    masnur New Member

    Joined:
    Nov 9, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apakah anda hobi berkebun ? Tanaman apa yang anda tanam ? Apapun yang anda apabila dibiarkan begitu saja tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, hendaknya dilakukan perawatan dengan baik dan benar agar tanaman anda tetap sehat, tumbuh segar dan akan menghasilkan buah yang lebat.

    Ada banyak tahapan atau langkah – langkah yang bisa anda tempuh untuk merawat tanaman anda agar sehat. Namun dari sekian banyak langkah tersebut ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan. Berikut ini 3 langkah wajib yang harus anda lakukan dalam perawatan tanaman.

    3 Langkah Perawatan Tanaman Agar Tetap Sehat

    1. Pemupukan

    Pupuk layaknya nutrisi dan vitamin tambahan bagi manusia. Sebagaimana manusia membutuhkan nutrisi untuk berkembang, tanaman juga demikian. Pemupukan bermanfaat untuk memberikan nutrisi zat – zat yang berguna untuk perkembangan tanaman baik dari dalam tanah maupun melalui daun.

    Ada bayak jenis pupuk yang bisa anda gunakan. Baik pupuk organik ataupun pupuk kimia yang tersedia di toko pertanian dengan berbagai macam jenis. Pemupukan bisa anda lakukan bertahap dan tidak harus sehari sekali, biasanya dilakukan 3 hari sekali atau sepekan sekali.

    2. Pembersihan Gulma

    Kita memang tidak menanam rumput atau gulma. Namun selalu saja ketika kita menanam satu tanaman tertentu, rumput atau gulma selalu tumbuh disekitarnya. Jika hal ini dibiarkan, maka akan dapat mengganggu kesehatan tanaman aslinya. Oleh sebab itu, cara pemeliharaan tanaman selanjutnya adalah membersihkan gulma/ rumput di sekitar tanaman.

    3. Penanggulangan Hama

    Ada banyak sekali jenis hama tanaman yang menyerang, mulai dari ulat daun, ulat kayu, ulat buah, lalat buah, lalat daun, serangga, kutu daun dan banyak lagi yang lainnya. Apabila hal ini dibiarkan, produksi yang dihasilkan juga menurun. Oleh sebab itu, perlu ditanggulangi. Salah satu caranya yaitu dengan penggunaan pestisida. Baik pestisida kimia ataupun pestisida organik yang bisa anda buat sendiri dari bahan – bahan alami.

    Nah, itulah beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan sebagai inti perawatan tanaman apa saja yang anda tanam. Sekian, semoga bermanfaat !
     
  2. Orang Ganteng

    Orang Ganteng New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. AfnanKhawari

    AfnanKhawari Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    321
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    biasanya sih kalo nanem tanaman suka banyak gulma nya dan pupuknya dimakan deh sama mereka :(
     
  4. masnur

    masnur New Member

    Joined:
    Nov 9, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ya sebenarnya enggak semua dimakan mereka sih, tanaman kita juga ikut. Gulma kan akarnya gak sampe ke dalem teh. Trus coba kalau mupuk, dikasih lobang dulu di pinggir tanamannya, pupuk nya ditaro disitu kemudina ditutup tanah lagi. Jadi kalau kita siram, gak berhamburan kemana - mana. Gitu sih hehehe
     
  5. AfnanKhawari

    AfnanKhawari Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    321
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    siap gan laksanakan entar dicobain deh kalo udah ada tanemannya :"
     
Loading...

Share This Page