3 Jenis ikan lele yang sering dibudidaya

Discussion in 'Pets' started by mhelmi, Jul 6, 2020.

Tags:
  1. mhelmi

    mhelmi New Member

    Joined:
    May 30, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Budidaya ikan lele merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan karena jumlah konsumen ikan lele yang semakin hari semakin bertambah.

    Bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan ikan air tawar ini memiliki segudang manfaat yang benar-benar berkhasiat untuk kesehatan manusia.

    Disisi lain, ikan lele memiliki daging yang empuk, lembut dan yang pasti enak.

    itulah mengapa ikan ini ini masih laris dijual dipasarna. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mulai budidaya ikan lele dirumah. berikut ini beberapa jenis ikan lele yang kerap dibudiaya oleh para peternak.

    Jenis Jenis Ikan Lele
    Mengingat budidaya ikan lele merupakan salah satu bisnis yang tidak membutuhkan banyak sekali modal, maka usaha ini cocok untuk dilakoni oleh sejumlah orang yang memiliki budget terbatas.

    Jenis jenisnya sendiri antara lains ebagai berkut :
    • Lele dumbo
    [​IMG]
    Nah, jenis ikan lele yang kerap dibudiaya ialah ikan lele jenis Dumbo. Dikutip dari beberapa suber, kabarnya ikan ini merupakan hasil kawin silang antara ikan lele lokal taiwan dan Ikan lele lokal dari Kenya daerah afrika timur.

    Sebelum adanya ikan lele jensi ini diindonesia, masyarakat waktu itu masih banyak yang membudidayakan ikan lele lokal dari indoneseia. Namun setelah dikenalkannya ikan jenis ini, masyarakat yang berprofesi sebagai peternak ikan mulai tertarik memelihara ikan jenis ini.

    Hal tersebut dikarenakan ikan dumbo memeiliki ukuran yang lebih besar dari ikan lele loka, bobot ikan lele jenis ini pun bisa mencapai 2x lipat dari besar ikan lele lokal INdonesia.

    • Lele phyton
    [​IMG]
    Selain ikan dumbo, ikan lele jenis phytn jua kerap dibudidaya oleh para peternak di Indonesia.

    Ikan lele jenis ini sebetulnya berasal dari daerah pandeglang provinsi banten, dan ikan lele ini merupakan hasil perkembangan dari beberapa jenis ikan yang bertujuan nuntuk menjawab keluhan masyarakan disana yang menyinggung masalah gagal panen akibat suhu udaya yang dingin.

    Selain memiliki ukuran yang besar, keunggulan lain sari ikan jenis phyton ini ialah daya tahan tubuhnya yang kuat karena dapat bertahan di perairan yang suhunya dingin.

    • Lele sangkurian
    [​IMG]
    Nah.. jenis ikan lele yang sering dibudidayakan di Indonesia ialah lele jenis sangkuriang.

    Bisa dikatakan ,lele jenis ini merupakan lele terbaik dari jenis-jenis lele lainnya, ikan ini dihasilkan dari perkawinan antara ikan lele dumbo jantan f6 dan ikan lele betina jenis dumbo f2.

    Dari perkawinan tersebut timbullah keunggulan yang dihasilkan. beberapa keunggulan tersebut ialah kemampuan bertelur yang jumlahnya bisa mencapai 60 ribu telur dalam satu kali pemijahan.

    Sumber : Ikan Lele - wiki pets
     
    Last edited: Jul 6, 2020
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    52
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Pernah coba budidaya lele. Tapi harus siap dengan modal yang relatif gede.

    Satu kolam saya isi 1000 ekor bibit dan gagal :(
    Karena eh karena modal habis untuk beli pakan. Belum sampai panen modal sudah habis. Kayaknya harus cari tahu lagi rincian biaya dari pertama bibit masuk sampai panen habis berapa.
     
  3. mhelmi

    mhelmi New Member

    Joined:
    May 30, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kalo peternak disini sih biasanya nyuruh anak kecil buat cari keong sawah yang nantinya jadi pakan si lele :v
     
Loading...

Share This Page