3 Jenis Sablon Kaos yang Umum Digunakan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by kiting2906, Jan 25, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tahukah jika kaos yang kita sering lihat, bahkan sering kita pakai memiliki perbedaan dalam jenis-jenis sablon kaosnya? Terdapat tiga jenis sablon yang umum digunakan dalam pengaplikasian sablon pada kaos, yaitu sablon manual, sablon DTG dan sablon Digital. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan, masing-masing memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki modal awal yang berbeda-beda pula. Yuk kita ulas satu-satu.

    Sablon Digital
    Sablon digital seperti namanya, proses mencetaknya dilakukang secara digital dengan menggunakan komputer, printer yang diisi tinta sublim, kertas transfer, dan mesin hotpress. Modal yang digunakan untuk sablon digital sekitar Rp 7.000.000. Kelebihan sablon jenis ini memiliki hasil yang baik jika mencetak foto, harga yang murah untuk produksi, proses cetak yang cepat. Kekurangan sablon jenis ini sangat buruk jika dicetak di bahan berbahan dasar katun, namun sangat bagus jika dicetak di bahan polyester seperti bahan TC, PE dan Hyget. Pangsa pasar sablon digital adalah kaos partai. Hampir 90% kaos partai menggunakan sablon digital karena harga produksinya yang murah.

    Sablon Manual
    Sablon manual merupakan jenis sablon yang paling sering kita temui. Berbeda dengan sablon digital, sablon jenis ini dalam proses sablon kaos manual dilakukan secara manual dengan tangan manusia. Modal yang diperlukan untuk sablon manual relatif cukup murah sekitar Rp. 200.000 - Rp. 1.000.000 kita sudah bisa memulai usaha sablon manual. Kelebihan sablon manual adalah modal awalnya yang relatif lebih murah dibandingkan jenis sablon yang lainnya. Untuk kekurangannya sablon manual sangat jarang ditemui sablon satuan dengans ablon manual, karena proses cetak sablon kaos manual memerlukan waktu yang lebih lama. Pangsa pasar sablon manual biasanya diguanakan untuk kaos distro, kaos perusahaan, kaos karyawan, kaos outing, kaos grosir.

    Sablon DTG
    Sablon DTG merupakan singkatan dari Direct To Garment. Hampir sama dengan sablon digital, sablon jenis ini memerlukan printer khusus untuk mencetaknya namun tidak membutuhkan kertas transfer, dan tinta yang digunakan adalah tinta textil. Modal yang dibutuhkan untuk sablon DTG sekitar Rp 5.000.000 - ratusan juta rupiah. Kelebihan sablon DTG adalah sangat tajam untuk mencetak kaos berwarna banyak dan bergambar separasi seperti foto, serta dapat menyablon kaos dengan cepat. Kekurangannya dari sablon ini adalah modal awal yang besar serta variasi tinta sablon. Pangsa pasar sablon DTG adalah kaos distro, kaos satuan, kaos cetak cepat.

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai usaha screen printing.
     
  2. amin28

    amin28 Member

    Joined:
    Dec 30, 2014
    Messages:
    112
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    printer yang bisa untuk sablon digital itu yang merek apa mas ?
     
  3. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Umumnya printer epson mas, tipenya T13, R230, L110
     
  4. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    kalo untuk banner ukuran 3 meter itu kira-kira bisa pake sistem sablon ga yahh ??
     
  5. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bisa mas,pake sablon manual
    Tapi sekarang lebih umum bikin banner pake digital print,bahan bennernya flexi
     
  6. Rudi Nazarudin

    Rudi Nazarudin Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    351
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    dulu sempat minat juga nih buka jasa sablon kaos, eh malah gak jadi, gara-gara mesinnya kemahalan :D
     
  7. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    diantara 3 jenis sablon yang disebutkan, kira2 yang mana gan yang memiliki hasil paling BAGUS
     
  8. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Yaa lumayan mas klo buka sablon DTG,minimal 4juta baru mesin doang :D
     
  9. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tergantung mau di cetak dimana?
    Kalo untuk kaos partai bagusnya pake sablon digital,klo di kaos distro bagusnya pake sablon manual *keren2*
     
    dwiandika22 likes this.
  10. karangmulya

    karangmulya Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    139
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Katanya hasil dari sablon DTG tidak masalah jika di setrika
     
  11. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Iyah aman mas, soalnya tinta DTG meresap di bahan kaos, jadi aman kalo di strika
    Berbeda dengan sablon manual yg tintanya berada di atas permukaan kaos,bisa2 lumer klo di strika*kalah*
     
  12. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Benar juga sih gan, kaos partai pake yang manual sayang juga yah, selesai kampanye di buang gitu saja
     
  13. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    1 lagi kelebihan sablon manual adalah warnanya yang lebih awet dan tahan lama bila di bandingkan dengan penggunaan sablon otomatis. Warnanya pun tidak cepat langsung rusak, ya karna pembuatannya di lakukan oleh otak dan manusia, tidak heran bila cetak sablon manual bisa tahan lama.
     
  14. Gading Kaos

    Gading Kaos New Member

    Joined:
    Jun 5, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul sekali, setiap jenis sablon mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing :)
     
  15. vanoxcel

    vanoxcel Member

    Joined:
    Oct 18, 2014
    Messages:
    28
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Kalo mesin DTG pengerjaan satu kaos membutuhkan waktu berapa lama mas?
     
  16. sablonkaos

    sablonkaos New Member

    Joined:
    Aug 7, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Klo di kaos putih paling sekitar 10 menit sudah jadi dengan printer dtg
     
  17. Gralivo

    Gralivo New Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menurut saya lumayan harga segitu untuk sablon, tapi setiap sablon punya kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai harga


    Baju Big Size
    Big Size Fashion Store
    Celana Jeans Big Size
    www,gralivo,com
     
    Last edited by a moderator: Aug 24, 2015
  18. Yansa Maulana

    Yansa Maulana New Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo biaya modal untuk sablon itu sekitar berapa ya?
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page