3 Keutamaan Shalat Dhuha Utama Menurut Hadits

Discussion in 'Education' started by Bella10, Oct 19, 2017.

  1. Bella10

    Bella10 New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    shalat dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang dapat dikerjakan dan dilakukan oleh setiap muslim - muslimah di Pagi Hari sampai Siang Hari, tepatnya ketika masuk waktu shalat wajib dzuhur. Lalu Shalat Sunnah Dhuha ini dapat dikerjakan dengan minimal Raka'at sebanyak 2 Rakaat dan maksimal sebanyak 12 Rakaat, hanya saja disetiap 2 Rakaat Shalat Dhuha terdapat 1 Salam didalamnya sehingga jika kalian berniat untuk mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha Empat Rakaat maka dikerjakan sebanyak 2 kali, jika dilakukan sebanyak 6 rakaat maka dilakukan sebanyak 3 kali.

    Kemudian Anjuran dan Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha ini telah banyak dijelaskan didalam Hadits - Hadits Shahih, seperti didalam Hadits Qudsi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : '' Allah SWT telah berfirman, ' Wahai Anak Adam, jangan sekali - kali km malas menunaikan Shalat Dhuha Empat Rakaat, karena dengan Shalat Dhuha tersebut, Aku akan cukupkan kebutuhan km sampai sore harinya (Hadits Riwayat Hakim dan Thabrani) ''. Selain itu didalam Hadits Riwayat Tirmidzi menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yg berbunyi : '' Siapapun yg mengerjakan Shalat Dhuha dg langgeng, maka akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa nya itu sebanyak buih di lautan (HR. Tirmidzi) ''.

    3 Keutamaan Shalat Dhuha Paling Utama Menurut Hadits

    [​IMG]

    Dengan melihat Hadits - Hadits diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah Dhuha yang dikerjakan di Pagi Hari sampai Siang Hari ini sangatlah bermanfaat dan memiliki banyak keutamaan, sehingga ada baiknya bagi Kalian Umat Muslim untuk selalu mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha ini. Oleh karena dikesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Keutamaan Shalat Sunnah Dhuha kepada kalian para Pembaca dan Member Forum Bersosial karena saya pribadi sangat meyakini bahwa masih banyak Teman - Teman Muslim yang belum begitu mengetahui atau memahami tentang Shalat Sunnah Dhuha ini.

    Mendapatkan Pahala Sunnah Yg Banyak

    Langsung saja untuk Keistimewaan Mengerjakan Shalat Dhuha Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yang banyak karena Shalat Dhuha termasuk kedalam Shalat Sunnah yang pernah dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW (Sunnah Nabi) dan telah dianjurkan pula untuk dikerjakan oleh kalian Umat Muslim sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Sunnah maka kalian telah menghidupkan salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW dan itu akan diganjar dengan Pahala yang banyak.

    Terdapat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al-Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : '' Barangsiapa yg menghidupkan 1 Sunnah dari Sunnah - Sunnah ku, dan diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan mendapatkan Pahala seperti Pahala Orang - Orang yg mengamalkannya, dengan tidak mengurangi Pahala mereka sedikit pun (Hadist Riwayat Ibnu Majah, NO. 209) ''.

    Pengganti Sedekah Persendian Manusia

    Untuk Rahasia Mengerjakan Shalat Dhuha Yang Kedua adalah sebagai pengganti Sedekah Persendian - Persendian Manusia, karena Manusia mempunyai 360 Persendian dan setiap Muslim mempunyai kewajiban untuk bersedekah atas setiap persendian tersebut. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abi Zar bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

    '' Setiap Pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap tiap Ruas Persendian. Setiap Tasbih adalah Sedekah, Setiap Tahlil adalah Sedekah, Setiap Takbir adalah Sedekah dan menganjurkan Kebaikan serta mencegah kemungkaran juga itu merupakan Sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan Shalat Dhuha Dua Rakaat (Hadits Shahih Riwayat Muslim) ''.

    Dijamin Kebutuhanmu Sampai Sore Hari

    Lalu Manfaat Mengerjakan Shalat Dhuha Yang Ketiga adalah akan dijamin kebutuhanmu oleh Allah SWT sampai sore hari. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih Qudsi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : '' Allah SWT telah berfirman, ' Wahai Anak Adam, jangan sekali - kali km malas menunaikan Shalat Dhuha Empat Rakaat, karena dengan Shalat Dhuha tersebut, Aku akan cukupkan kebutuhan km sampai sore harinya (Hadits Riwayat Hakim dan Thabrani).

    Selain itu terdapat Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi dan Abu Majah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : '' Barang siapa yg mengerjakan Shalat Dhuha Dua Belas Rakaat, maka Allah SWT akan membuatkan untuknya Istana di Surga (Hadits Riwayat At Tirmidzi dan Abu Majah) ''.

    Itulah Keutamaan - Keutamaan Shalat Sunnah Dhuha Paling Utama Menurut Hadits Shahih yang bisa kalian dapatkan ketika mengerjakan Shalat Dhuha di Pagi Hari ini. Dan semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian para pembaca di Forum Bersosial ini, sebagai tambahan saja jika kalian ingin lebih memahami tentang Tata Cara dan Niat Sholat Dhuha maka kalian bisa kunjungi tautan tersebut, karena disitu telah dijelaskan lebih detail dan dalam tentang Shalat Sunnah Dhuha ini.
     
  2. im_septian045

    im_septian045 Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    55
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
  3. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page