3 Objek Foto Makro yang Anti Mainstream

Discussion in 'Photography' started by Erick Julian Molle, Sep 3, 2015.

  1. Erick Julian Molle

    Erick Julian Molle Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    95
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sesuatu yang menarik akan menjadi objek foto yang menarik pula. Beberapa fotografer seringkali mencari objek foto ke tempat tempat yang berbeda dan belum pernah ditemukan, namun untuk objek foto makro ada banyak sekali yang bisa ditemukan dengan mudah disekitaran dan dilingkungan terdekat. Kebanyakan fotografer menggunakan objek bunga, daun, kupu kupu, atau yang lainnya untuk dijadikan objek foto yang bersifat makro. Namun untuk hasil yang lebih keren, tidak ada salahnya untuk mencari objek yang tidak biasa sehingga akan menghasilkan foto yang berkualitas baik dan anti mainstream.
    [​IMG]
    Foto diatas salah satu hasil jepretan saya sendiri yang diambil ditempat wisata yang berada didaerah Papua (Harlem Beach). Walaupun hasilnya kurang maksimal, setidaknya anda bisa tau itulah contoh objek foto makro. Ketika berencana untuk melakukan fotografi makro, maka selain lensa yang memadai untuk menjepret, objek foto makro nya pun perlu diperhatikan dan dicari sehingga menghasilkan kualitas foto yang baik serta menarik. Tidak perlu hunting foto terlalu jauh karena ada banyak objek foto di rumah, di gudang, atau di tempat terdekat lainnya yang bisa dijadikan objek untuk foto makro. Berikut ada 3 inspirasi objek yang tidak biasa untuk foto makro.

    1. Barang Bekas
    Barang barang yang tidak terpakai seringkali hanya didiamkan di dalam gudang. Jika Anda berniat untuk mencari objek foto terutama untuk foto makro, tidak ada salahnya untuk membongkar beberapa barang bekas yang ada di gudang dan memilih beberapa diantaranya untuk dijadikan objek. Hal yang menarik dari barang bekas ialah karena keadaan barang tersebut yang secara natural tidak lagi baru. Misalnya saja kaleng kaleng bekas yang sudah berkarat bisa menjadi objek foto yang menarik. Sisa cat yang mengelupas yang bercampur dengan karat akan menghasilkan foto terbaik yang tidak biasa.

    Barang barang lainnya yang bisa dijadikan objek misalnya sepeda, peralatan untuk memperbaiki seperti palu, tang, obeng, beberapa kain atau pakaian, kardus, berbagai hiasan dan lain lain. Yang pasti barang bekas jika diposisikan sedemikian rupa akan menghasilkan sebuah foto yang baik dan tidak biasa.

    2. Peralatan Makan
    Salah satu objek foto makro lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah ialah peralatan makan. Pergi saja ke dapur dan lihat ada apa di rak piring atau di meja makan. Piring dengan berbagai motif menarik bisa menjadi objek yang tidak biasa. Selain piring, sendok dan garpu pun bisa dijadikan objek makro yang anti mainstream. Peralatan makan lainnya yang memiliki tekstur, memiliki bahan dan material yang beraneka macam akan memberikan kesan yang tidak biasa dan menarik untuk dilihat secara detail atau makro.

    3. Benda Tergeletak
    Ketika berjalan di sekitar rumah, pasti ada benda benda yang tidak sengaja tergeletak di jalan, entah itu sampah atau daun yang gugur dan ranting, semuanya memiliki karakter masing masing yang bisa dijadikan sebagai objek foto yang menarik. Kealamian dari objek tersebut menjadikan hasil foto tidak biasa, apalagi jika menggunakan lensa makro maka hasilnya akan benar benar memuaskan.

    Itulah beberapa inspirasi objek foto makro yang tidak biasa yang akan menghasilkan foto yang anti mainstream. Foto foto terbaik tidak selalu didapatkan dari tempat yang jauh atau dengan objek yang baik atau yang bergaya. Bahkan di sekitar pun bisa ditemukan banyak benda yang bisa dijadikan objek untuk foto makro. Dengan lensa yang memadai, pencahayaan yang tepat maka objek foto berupa barang bekas, peralatan makan, dan barang barang yang tergeletak begitu saja akan menghasilkan foto yang menakjubkan.
     
  2. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    itu foto apa yah, kayak trumbu karang di bawah air laut, tapi background fotonya kayak di darat pinggir pantai.
     
  3. Erick Julian Molle

    Erick Julian Molle Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    95
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    tepat sekali gan. Saya dapat di pinggiran pantai. sepertinya terbawa arus. karena bagus, saya tertarik untuk memotretnya...
     
  4. rofiq

    rofiq Member

    Joined:
    Jun 14, 2013
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kurang close up lagi deh kayaknya, coba diambil satu ujung aja diliatin detailnya pasti mantap hehehehe IMHO
     
  5. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah iya bener ni malah ga pernah kepikiran untuk makro obyek2 yang sebenernya menarik tersebut. Fokus makro biasanya serangga dan bunga.
     
  6. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Barang bekas bisa jadi objek juga ya,,
     
  7. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Kalo makro sih pake DSLR susah gan setting nya, kalo makro ane lebih suka pake kamera prosummer
     
  8. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    bagus juga tuh idenya foto makro dengan objek benda tergeletak
     
Loading...

Share This Page