3 Peluang Usaha Kuliner Rumahan dengan Modal Rp 5 Juta Saja

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, Aug 22, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Active Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    142
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    mencermati-bahan-tambahan-pangan-pada-makanan-olahan-190897-1.jpg
    Jakarta - Mengawali suatu usaha yang menguntungkan nyatanya tak rutin bermodal besar. Menjalankan suatu usaha juga dapat maksimal hanya dengan budget kurang lebih Rp 5 jutaan saja.

    Hal tersebut dapat terjadi sebab pemilik usaha juga wajib dapat memperhitungkan modal awal usaha mereka seminimal mungkin dengan keuntungan yang sebesar-besarnya. Modal tersebut nyatanya tak hanya untuk modal usaha, tapi juga untuk kegiatan promosinya.

    Salah satu tipe usaha yang dapat dijalankan dengan modal sebesar itu merupakan usaha kuliner rumahan. Berbagai usaha kuliner rumahan berikut ini pantas untuk Kamu jalankan semacam dikutip dari Cermati.com:

    1. Usaha Katering Rumahan

    Usaha katering semacamnya menjadi usaha yang tak sempat sepi peminatnya. Berbagai kegiatan besar semacam rapat kantor, agenda khitanan, biasanya membutuhkan jasa katering. Bagi kamu yang merasa ini kesempatan usaha yang keren, berikut ini merupakan estimasi perhitungan keuntungan dari usaha katering rumahan ini:

    Katakanlah 1 porsinya merupakan Rp 15 ribu pelanggan kami dapat memperoleh nasi putih, sayur capcay, ayam goreng kremes, bakmi goreng, sambal, kerupuk serta juga Buah.

    Untuk agenda khusus, rupanya pesanan dibangun untuk 100 orang, serta harga jual per porsinya merupakan Rp 20 ribu, untuk desert-nya disaapabilan kue-kue pasar setidak sedikit 3 tampah, harga per tampahnya Rp 200 ribu.

    Maka total pemasukan yang dapat didapat:
    100 x Rp 20 ribu = Rp 2 juta
    3 x Rp 200 juta = Rp 600.000
    Total pemasukan = Rp 2,6 juta

    Sementara pengeluarannya Rp 15 ribu per porsi serta mengambil keuntungan Rp 30 ribu per tampah dari kue pasar, maka laba yang dapat didapat:
    Rp 2,6 juta – (Rp 15 ribu x 100)+ (Rp 600 ribu – Rp 30 ribu x 3)
    Rp 2,6 juta- Rp 2,01 juta
    Labanya Rp 590 ribu

    2. Usaha Membuat Bento Box

    Istilah Bento ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya bekal makanan. Di Jepang mungkin setiap orang sudah terbiasa membawa bekal dari rumah sebelum pergi beraktifitas. Dari segi usaha, usaha bento mungkin mirip dengan katering, hanya target pasarnya bukan acara-acara besar seperti katering, namun lebih ke individu itu sendiri.

    Misalnya, kita akan menjual Bento Box untuk anak-anak, Ini merupakan tantangan tersendiri, karena menjual bento untuk anak, memerlukan sesuatu yang unik dan menarik agar anak tidak merasa bosan. Berbeda dengan bento untuk karyawan, mungkin yang lebih diutamakanya adalah menu bentonya itu sendiri.

    Bento Box untuk anak biasanya berisi nasi, sayur, lauk, kerupuk dan buah. Harga satu set bento box Rp 15 ribu. Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 25 ribu. Ambil laba minimal Rp 10 ribu.

    Usaha bento box ini bisa berlangsung lama, asalkan menampilkan menu makanan yang berbeda-beda paling tidak setiap minggunya, serta tetap menjaga kualitas masakan serta kebersihanya.

    3. Usaha Makanan Olahan

    Makanan olahan juga salah satu makanan yang selalu dicari oleh sebagian orang, terutama orang Indonesia. Ada berbagai macam makanan olahan yang bisa dijadikan cemilan sehari-hari yang rasanya enak. Beberapa contoh makanan olahan yang cukup populer adalah keripik singkong, keripik buah, kue tradisional, roti dan kue kering.

    Misalnya anda memilih untuk membuat keripik singkong, dengan bahan baku 5 kilogram (kg) singkong dengan harga Rp 15 ribu dan per kilo nya seharga Rp 3.000. Setelah diolah, ternyata menghasilkan 8 plastik keripik dalam kemasan 1 kilogram. Katakanlah harga jualnya Rp 10 ribu, maka keuntungan yang diperoleh:

    Harga jual per kemasan Rp 10 ribux8 = Rp 80 ribu
    Biaya bahan baku = Rp 15 ribu
    Keuntungan = Rp 65 ribu
     
  2. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    169
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Dulu saya ingin berbisnis makanan ringan.. udah terjun baru sekali aja eh.. hummmm.. hhehehe

    ternyata harus beruang terus.. berinteraksi dengan banyak orang. dan gak cukup waktu saya ketika itu.. jadi saya out deh. Makanan ringannya saya titipin di toko dekat kampus.

    sekarang masih berkutat di bisnis online heheheheheh.. Thx udah boleh curcol :p
     
  3. adang

    adang Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Analisa dan perhitugan menarik. Membuat usaha perlu kecermatan dalam perhitungan, namun itungan itu memang akan berbeda dari perhitungannya setelah usaha berjalan. Artikel yang informatif.
     
  4. Sangkar MSJ

    Sangkar MSJ Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
  5. bekenid

    bekenid Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    173
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    pengin nyoba yg ke 3 nich, Usaha Makanan Olahan blm ketemu yg sereg.. jadi bikin aplikasinya dulu :)
     
Loading...

Share This Page