3 Penggunaan Bijak Dalam Membunyikan Klakson Ketika Berkendara

Discussion in 'General Internet' started by Luke Trinanda, Mar 3, 2017.

  1. Klakson adalah salah satu komponen pendukung dari kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memberikan kode demi keselamatan ketika sedang berkendara. Fungsi utamanya adalah sebagai alat komunikasi antar pengendara. Namun, belakangan ini para pengguna jalan raya masih banyak yang membunyikannya secara tidak bijak dan berlebihan pada tempat dan maksud yang seharusnya. Contohnya saja ketika di lampu merah kota-kota besar yang padat, begitu lampu hijau menyala, para pengendara lantas beramai-ramai membunyikan klakson hingga terdengar sangat bising. Kadang pula ada pengendara yang tidak sabaran dan lantas menghujani kendaraan yang menghalanginya dengan membunyikan klakson berkali-kali. Hal ini tentunya dapat memancing emosi pengendara di sekitarnya. Agar kamu tidak mengganggu pengguna jalan dengan bunyi tin-tin yang tidak seharusnya, Trending akan berbagi 3 penggunaan bijak dalam membunyikan klakson ketika berkendara:

    1. Untuk memberi kode pada pengendara lain ketika kendaraan anda di dekatnya

    [​IMG]
    Source: blog
    Akibat dari kelelahan atau kurang konsentrasi, para pengguna kendaraan bermotor terkadang tidak menyadari bahwa ada kendaraan lain di dekatnya. Kita bisa membunyikannya sekali untuk memberikan kode bahwa kendaraan kita berada di dekat kendaraannya agar kendaraan tersebut berhati-hati dan tidak menyerempet kendaraan kita.

    2. Ketika hendak mendahului

    [​IMG]
    Source: okezone
    Pada saat anda hendak mendahului kendaraan di depan, anda wajib membunyikan klakson sebagai tanda bahwa anda akan menyalip, agar kendaraan tersebut tidak mengambil jalur yang sama dengan yang akan anda ambil. Membunyikan klakson ketika anda akan menyalip dapat meminimalisir resiko kecelakaan.

    3. Menekan klakson sewajarnya

    [​IMG]
    Source: propertycasualty360
    Pasti anda pernah mendengar bunyi tiiin-tiiin yang sangat nyaring atau pun sangat panjang dari kendaraan lain. Hal itu ternyata memengaruhi kondisi psikologis pengendara yang ada di sekitarnya karena suara bising yang ditimbulkan dapat menimbulkan stress dan emosi negatif dari para lain. Oleh karena itu, anda wajib membunyikannya sewajarnya saja seperti 1 atau 2 kali bunyi pendek untuk sekedar memberikan tanda.

    Itu tadi 3 penggunaan bijak dalam membunyikan klakson ketika berkendara, jadilah pengendara yang cerdas dan bijak di jalan, jangan sampai menjadi pengendara yang tidak sabaran dan tidak menghargai perasaan dan hak orang lain karena hal itu dapat merugikan para pengguna jalan yang lain. Klakson seringkali menyebalkan. Namun, lain halnya dengan klakson “Om Telolet Om” yang menyenangkan, hihi. Yuk baca artikel “Om Telolet Om” disini.

    Sumber: https://shopsmart.co.id/trending/3-penggunaan-bijak-dalam-membunyikan-klakson-ketika-berkendara/
     
    Last edited by a moderator: Mar 4, 2017
  2. Faisal Reza

    Faisal Reza Member

    Joined:
    Feb 27, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    kalau macet paling panjang banget tuh seru mas main klakson :D canda :D
     
  3. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Bener banget, apalagi kalau lampu hijau nya sebentar dan antriannya panjang :D
     
Loading...

Share This Page