3 Tips Memasarkan Bisnis Offline ke Online

Discussion in 'Internet Marketing' started by frandy32, Nov 6, 2017.

  1. frandy32

    frandy32 New Member

    Joined:
    Nov 6, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menurut penelitian dari Verisign, 91% konsumen menggunakan internet untuk melihat dan mencari produk barang dan jasa lokal. Sehingga jika bisnis lokal Anda tidak dijalankan secara online, maka kemungkinan Anda akan kehilangan sejumlah besar konsumen potensial.

    Menjalankan bisnis secara online dan membangun kehadiran bisnis Anda di jaringan tersebut tidak membutuhkan banyak waktu dan biaya. Berikut adalah tiga caranya:

    1. Masukkan Bisnis Anda Ke Direktori Online
    Jangan lagi menggunakan cara lama atau tradisional untuk mencari pelanggan, misalnya dengan mengandalkan Yellow Pages. Saat ini konsumen beralih ke direktori online untuk menemukan bisnis lokal, dan bisnis Anda harus muncul dalam pencarian tersebut.

    Berikut beberapa tipe direktori yang bisa Anda pertimbangkan:

    Direktori mesin pencari: Buat list mengenai informasi dasar tentang bisnis Anda, seperti nomor telepon, alamat dan jam kerja pada direktori seperti Google My Business, Bing Place for Business atau Yahoo! Local.

    Direktori lokal: Klaim bisnis Anda di beberapa website yang memiliki spesialisasi dalam daftar kota atau wilayah, seperti YellowPages.com dan Local.com.

    Direktori ulasan bisnis: Jika Anda mengandalkan ulasan konsumen untuk mendorong bisnis, maka andalkan website untuk melihat penilaian peringkat dan ulasan. Beberapa platform yang gratis dan bisa Anda gunakan diantaranya Zomato, Openrice dll.

    Direktori industri-spesifik : Jika bisnis Anda berada dalam industri khusus, maka cara yang cepat untuk menemukan direktori yang relevan dan bisa mendorong traffic yang tinggi adalah dengan melakukan pencarian online mengenai profesi serta latar belakang Anda.

    2. Gunakan Media Sosial
    Sekitar 60 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan website jejaring sosial, sehingga masuk akal jika Anda memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun platform media sosial apa yang tepat untuk Anda?

    Saluran media sosial memiliki fitur dan layanan yang unik, sehingga Anda harus menetapkan tujuan bisnis Anda untuk menentukan media sosial apa yang bisa membantu dalam mencapai tujuan tersebut.

    Pikirkan mengenai waktu dan tempat para konsumen Anda sekiranya menghabiskan waktu branda untuk online. Belum tentu semua konsumen Anda menggunakan media sosial yang populer seperti Facebook dan Twitter, namun bisa saja branda aktif di media sosial lainnya.

    Pilih dan tentukan platform media sosial apa yang bisa melayani kebutuhan Anda. Hal ini dapat mencegah Anda supaya tidak kewalahan dan membantu Anda untuk fokus mempelajari cara pemasaran melalui media sosial tersebut.

    3. Gunakan Email Pemasaran
    Email pemasaran membantu mendorong loyalitas konsumen dengan brand Anda, mengarahkan bisnis untuk masuk ke sektor online, mengintegrasikan beberapa saluran pemasaran dan meningkatkan pertumbuhan jaringan sosial.

    Sebelum memulainya, perhatikan beberapa hal berikut:

    Daftar Subscriber Anda
    Apakah Anda telah memiliki daftar konsumen? Pastikan semua orang yang ada di daftar Anda akan menerima email pemasaran dari bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya agar Anda mendapatkan subscriber baru? Salah satunya adalah dengan mengumpulkan alamat email di acara-acara tertentu baik secara offline maupun online melalui media sosial.

    Ciptakan Konten Untuk Dikirim Ke Konsumen
    Anda bisa mempromosikan produk barang/jasa hingga menginformasikan promo dan membuat newsletter dengan mengirimkan konten yang Anda miliki. Ingat untuk terus membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen.

    Tentukan Penyedia Layanan Email
    Pertimbangkan solusi yang bisa membantu Anda untuk berkembang dan pastikan Anda mengetahui jumlah subscriber serta bagaimana rencana Anda dalam mengirimkan email ke branda. Umumnya penyedia layanan email menentukan harga atau biaya terhadap faktor-faktor tersebut.

    Kunci untuk sukses dalam email pemasaran adalah untuk terus melakukan pengujian. Rencanakan untuk mengirimkan beberapa email uji coba untuk melihat reaksi dan konten yang paling baik. Uji coba juga pengiriman email pemasaran di hari yang berbeda untuk menentukan waktu terbaik.

    Lengkapi Dengan Nama Domain
    Ketiga cara di atas merupakan langkah utama untuk menciptakan kehadiran online bagi bisnis Anda. Namun bagaimana menggabungkan seluruh proses itu dengan brand Anda? Yakni dengan mendaftarkan nama domain, atau alamat website sebagai saluran untuk brand Anda.

    Jika Anda ingin agar konsumen membuka halaman direktori online ataupun media sosial, Anda tetap menggunakan nama domain untuk mengarahkan konsumen ke website Anda nantinya. Ini disebut dengan domain forwarding.

    Anda juga bisa menggunakan nama domain pada email pemasaran dengan membuat custom alamat email untuk brand atau bisnis Anda([email protected]). Karena 65% konsumen lebih percaya alamat email dengan brand perusahaan dibandingkan sebuah bisnis yang menggunakan akun email gratis.



    Oleh: ProgressTech
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Well-Known Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,591
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Bisa juga memasarkan produk di market place kaya tokopedia, bukalapak atau shopee. Sekarang juga sudah banyak brand-brand terkenal yang buka toko resmi mereka di sana.
     
  3. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Biar lebih sederhana, Untuk Tahap Awal, Bisa pemasaran melalui Medsos FB, Grup FB, Instagram dulu dengan menuliskan Info produk Sejelas"nya, bisa dibantu dengan daftar di Google Bisnisku, kalau kurang optimal juga mending sih bikin website jualan sendiri, sebagai Landing Page jika ingjn memasarkan produk lebih mantap lagi melalui Jalur Google Adwords Atau Facebook Ads, kedua itu paling populer dan primadona marketing online
     
    Kurniawati and HanyaSatu like this.
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    601
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Sip setuju banget, diatas terlalu muter penjelasannya, akhirnya jadi bingung juga, mending yg Real aja lah
     
  5. Yayan Casper

    Yayan Casper Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    667
    Likes Received:
    74
    Trophy Points:
    28
    Ane lebih ebih suka masarin dagangan di marketplace sih :D
     
  6. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Aku sendiri pakai Facebook ads, anggarannya lebih murah dan lebih tertarget dengan baik, bisa target umur, kesukaan, lokasi juga bisa, cobain deh buat semua yg mau memasarkan produk secara online
     
  7. Yuni Apriyani

    Yuni Apriyani New Member

    Joined:
    Friday
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah bener tuh, yg instan dan paling kerasa saat ini adalah google ads dan FB ads, karena sudah bejibun banyak yg memanfaatkan jaringan gratisan, akan sulit bersaing jika hanya mengandalkan yg Gratis
     
Loading...

Share This Page