3 Trik Penataan Karpet Pada Ruangan yang Sempit

Discussion in 'Arsitektur' started by ilovemaci, Jan 11, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Definisi karpet – karpet berasal dari bahasa itali kuno yakni carpita/carpite yang artinya membului. Definisinya secara umum, karpet adalah sejenis tekstil penutup lantai yang bagian atasnya terdiri dari bahan berbulu yang menempel pada alas bagian bawahnya.

    Bahan untuk membuat karpet cukup beragam yakni dari wol, bahan sutra, kulit binatang, serat plastik, nylon, polypropylene dan foam atau busa. Masing-masing bahan memiliki kualitasnya sendiri dan harganya juga pasti berbeda-beda.

    Adapun fungsi dari penggunaan karpet pada ruangan adalah untuk mempercantik ruangan, menciptakan suasana atau tema pada ruangan. Bukan hanya untuk itu saja, karpet juga dapat meredam suara antara satu ruang ke ruang lain agar memininalisir suara langkah kaki saat berjalan atau suara bising lainnya.

    Karpet tidak hanya untuk ruangan yang luas saja, tapi bisa juga untuk ruangan yang sempit dengan menerapkan trik-trik agar ruangan yang sempit menjadi terlihat luas. Berikut adalah beberapa trik yang akan membuat ruangan anda cocok untuk dipasang karpet.

    Cocokkan dengan tema ruangannya

    Pertama adalah menyesuaikan pada tema ruangan anda. Jika ruangan anda sempit disarankan agar tidak memilih warna karpet yang ramai seperti gaya bohemian. Pilihlah warna yang tenang seperti putih krem dan lainnya. Jika anda ingin karpet yang cocok untuk kamar anak-anak, maka pilihlah karpet bolak balik atau bisa juga disebut tikar foam dua sisi dengan gambar karakter yang disukai anak-anak.

    [​IMG]

    Sesuaikan ukuran yang cocok untuk ruangan

    Agar ruangan tidak menjadi terlihat sempit dan sesak, disarankan agar karpet menutupi lantai tidak melebihi 50% dari luas ruangan, tapi tidak terlalu kecil juga agar tidak terlihat terpisah dengan ruangan. Dan nantinya anda akan mengira bahwa karpet tersebut adalah keset jika terlalu kecil.

    Atur posisi furniture

    Selanjutnya ialah mengatur posisi furniture diatas karpet. Anda bisa meletakkan semua kaki furniture diatas karpet, cara tersebut cocok jika seluruh lantai tertutupi oleh karpet. anda juga bisa meletakkan kaki kaki bagian depan furniture saja agar lebih luas. Atau meletakkan kaki furniture diluar karpet jika karpet sempit.

    Jika anda menggunakan beberapa karpet di satu ruangan pastikan desain dan warna dari karpet cocok satu sama lain. Hal tersebut dapat menjadikan mudah dan fleksibel untuk meletakkan furniture, juga mencegah ruangan seperti terpisah-pisah.
     
Loading...
Similar Threads - Trik Penataan Karpet
  1. Marketing Seekmi
    Replies:
    9
    Views:
    2,431

Share This Page