4 Alasan Isuzu Disebut “Rajanya Diesel

Discussion in 'Otomotif' started by Irfan Hakim, Sep 12, 2019.

  1. Irfan Hakim

    Irfan Hakim New Member

    Joined:
    Oct 26, 2014
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mobil bermesin diesel sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Hal ini dikarenakan mobil dengan mesin diesel dianggap lebih tangguh, lebih irit dan lebih mudah dalam perawatannya. Namun sayangnya mobil bermesin diesel di Indonesia masih kalah populer jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. Walaupun demikian, mobil diesel tetap memiliki pasarnya sendiri.

    Hal ini dibuktikan dengan lakunya mobil produk Isuzu di pasar mobil Indonesia. Dimana Isuzu juga terkenal dengan sebutan sebagai “Raja Diesel”. Selain itu, Isuzu juga memiliki banyak pabrik dan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Termasuk Isuzu Surabaya. Untuk itu sebagai salah satu produsen mobil bermesin diesel ternama di Indonesia, Isuzu pastinya memiliki banyak kelebihan yang dapat diunggulkan dari mesin dieselnya.

    Lalu Apa sih kelebihan dari mesin diesel Isuzu? Kenapa Isuzu disebut sebagai Rajanya Diesel? Untuk menjawabnya yuk, simak ulasannya berikut ini.

    Memiliki Banyak Keunggulan Di Bidang Mesin Diesel

    Mesin diesel adalah mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar mesin ( BBM ) sejenis solar. Sehingga sumber pembakaran menggunakan kompresi panas yang diinjeksikan dalam ruang pembakaran untuk membakar BBM. Inilah bedanya mesin diesel dengan mesin yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Jadi jika di mesin berbahan bakar bensin kita memerlukan busi untuk mematik api, tapi di mesin diesel kita tidak membutuhkannya. Fungsi busi ini telah digantikan dengan injektor untuk memanaskan solar.

    Selain penggantian fungsi busi dengan injektor, inilah beberapa keunggulan dari mesin diesel dibandingkan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin.

    1. Efisiensi panas dari mesin diesel lebih besar dibandingkan mesin berbahan bakar bensin. Sehingga konsumsi bahan bakar mesin diesel lebih irit.
    2. Perawatan mesin diesel lebih mudah dibandingkan mesin dengan bahan bakar bensin selain itu mesin diesel juga lebih tahan lama dan tidak memerlukan Electric Igniter.
    3. Material mesin diesel memiliki struktur yang lebih kuat dibandingkan mesin dengan bahan bakar bensin.
    4. Mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi. Sehingga torsi yang dihasilkan juga lebih besar.
    Konsistensi

    Isuzu adalah perusahaan mobil asal Jepang yang telah memasarkan produknya di Indonesia sejak tahun 1960. Produk Isuzu sangat konsisten terhadap kualitasnya yang bagus. Bahkan ada salah satu produk Isuzu yang sangat melegenda di Indonesia dan bertahan di pasaran mobil sampai saat ini. Oleh karena kekonsistenannya dalam membuat produk yang berkualitas serta pengalaman bertahun-tahun dalam membuat inovasi mesin diesel yang baik inilah yang membuat Isuzu menjadi rajanya mesin diesel di Indonesia.

    Ramah Lingkungan

    Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, mesin diesel dari Isuzu memiliki sifat yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan adanya teknologi common rail, membuat suara kasar dari mesin diesel menjadi lebih halus. Mesin diesel saat ini juga menggunakan 2 filter bahan bakar. Tentunya kedua filter ini membuat sisa bahan bakar yang keluar menjadi lebih sedikit. Karena telah disaring sebanyak dua kali. Sehingga mesin diesel bisa lebih ramah lingkungan.

    Apalagi mesin diesel dilengkapi dengan sistem pembakaran MU-X. Sistem pembakaran yang didukung oleh Diamond Like Carbon ( DLC ). Dimana DLC ini mampu menghancurkan partikel-partikel sisa pembakaran menjadi lebih sedikit.

    Pengakuan Konsumen

    Awalnya bahkan mungkin sampai saat ini mesin diesel kurang diminati. Namun semenjak kemunculan Isuzu Panther mesin diesel cukup menarik minat konsumen. Bahkan banyak yang mengakui bahwa mesin diesel cukup cocok untuk digunakan di Indonesia. Terlebih mesin diesel sangat tangguh dan memiliki perawatan yang minimalis.

    Terlebih saat ini, mesin diesel memiliki banyak inovasi. Salah satunya adalah timing gear. Timing gear ini berguna sebagai penggerak sistem menggantikan timing belt. Namun bedanya dari timing belt, timing gear tidak menggunakan interval pengganti untuk jarak tempuh tertentu.

    Itulah empat alasan, mengapa Isuzu disebut sebagai “Rajanya Diesel” di Indonesia. Bahkan belum ada merk ataupun produsen mobil diesel lainnya yang dapat menggantikan posisi Isuzu ini. Sekian informasi mengenai Isuzu sebagai rajanya mesin diesel di Indonesia. Semoga informasi ini, dapat membantu dan menambah wawasan kamu tentang mesin diesel.

    Jika kamu butuh produk isuzu baik itu truk, pick up ataupun mobil keluarga seperti panther dan mu-x bisa langsung ke website kami http://isuzusurabaya.id/
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    417
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    di pasaran juga diesel lebih mahal sih
     
Loading...

Share This Page