4+ Alat Gym untuk Membentuk Otot Lengan yang Kuat

Discussion in 'General Sports' started by Alvi Iqbal Budiarsya, Feb 14, 2022.

  1. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    339
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kali ini, Team OB Fit akan membahas mengenai beberapa alat gym untuk membentuk otot lengan yang kuat, kekar dan menjaga elastisitas.

    Alat Gym untuk Membentuk Otot Lengan yang Kuat dan Bertenaga
    Sebagian besar pria dan wanita menggunakan alat gym yang sama untuk melatih tubuh bagian atas, padahal tujuan kebugarannya berbeda.

    Misalnya, banyak wanita ingin membentuk otot lengan yang kuat, tetapi tidak ingin menjadi "berotot" seperti kebanyakan pria.

    Untungnya, semakin ke sini, semakin banyak wanita yang sadar betapa pentingnya menambah massa otot tanpa lemak untuk kesehatan dan umur yang panjang, sambil mendapatkan penampilan yang ideal dan estetis.

    Selain itu, kamu juga memperoleh banyak manfaat lainnya, seperti mengurangi nyeri atau sakit otot, postur tubuh yang lebih baik, serta memperjelas penampakan otot Anda.

    1. Elliptical Machine
    [​IMG]

    Elliptical machine sangat terkenal karena kemampuannya menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan.

    Tidak hanya menargetkan semua bagian tubuh.

    Tetapi, alat gym ini juga berdampak rendah pada persendianmu.

    Oleh sebab itu, elliptical machine sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin membentuk tubuh bagian atas dan bawahnya secara bersamaan.

    Salah satu fitur utama dari mesin gym serbaguna ini adalah setangnya, yang membantumu dalam memompa lengan dengan cara menggerakkannya maju mundur.

    Gerakan ini dapat membantu menghilangkan lemak di lengan dan bagian atas tubuhmu.

    Sebagian besar elliptical machine juga sudah dilengkapi dengan sensor di bagian setangnya untuk melacak waktu, detak jantung, dan jumlah kalori yang terbakar.

    Selain itu, ada berbagai mode pelatihan yang dapat kamu pilih di tampilan layarnya.

    Baca juga: 15+ Nama Alat Fitness dan Fungsinya

    Beli Elliptical Machine di OB Fit

    2. Dumbbell
    [​IMG]

    Alat gym selanjutnya yang dapat membantu Kamu dalam mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diimpikan adalah dumbbell.

    Dibandingkan dengan alat lainnya, dumbbell lebih banyak menargetkan otot.

    Bahkan, para ahli menganggap tidak ada yang lebih baik dari sepasang dumbbells untuk membentuk otot lengan dan menghilangkan lemak ekstra.

    Kamu dapat menargetkan otot lengan Anda dengan berbagai cara menggunakan alat sederhana ini, seperti latihan cengkeraman lebar untuk menargetkan otot bisep.

    Bila memungkinkan, gunakan set dumbbells yang dilengkapi dengan bobot yang dapat disesuaikan.

    Kamu akan melihat lenganmu jauh lebih bugar jika Anda berolahraga dengan barbel yang dapat disesuaikan.

    Berikut tips penting untuk membentuk otot lenganmu dengan cepat menggunakan set dumbbells:

    • Selalu mulai dari bobot yang rendah dengan repetisi sebanyak mungkin.
    • Tingkatkan bobot secara perlahan dan ulangi dengan proses yang sama.
    Beli Dumbbell di OB Fit

    3. Rowing Machine
    [​IMG]

    Rowing machine juga dapat membantu menghilangkan potongan-potongan lemak di bagian atas tubuh, karena dapat membakar lebih banyak kalori.

    Namun, pastikan kamu tidak memiliki masalah punggung sebelum menggunakannya.

    Ketika kamu duduk di atas rowing machine dan memegang dayungnya, kamu akan memberikan banyak tekanan pada otot trisep.

    Trisep adalah otot lengan yang paling menonjol, sehingga berolahraga dengan mesin dayung bagus untuk menghilangkan lemak dan membentuk otot lengan yang kuat.

    Cara menggunakannya:

    • Duduk di atas mesin dengan kaki rata di atas alas kaki dan raih dayungnya dengan kedua tanganmu. Dayung terhubung ke kabel yang terhubung ke roda, sehingga menciptakan resistensi.
    • Mulai gerakan dengan memegang dayung, punggung lurus, lengan terentang, dan lutut ditekuk, lalu dorong ke belakang dengan kaki Anda.
    • Setelah terbiasa dengan tubuh bagian bawah, kamu bisa melatih bagian atas tubuh. Luruskan kaki dan tarik dayung ke arah dada sambil menekuk siku ke samping, tepat di bawah dada.
    • Kombinasikan gerakan tersebut untuk tingkat selanjutnya. Dorong ke belakang dengan tubuh bagian bawahmu, lalu gunakan punggung atas untuk menarik tangan ke arah dadamu.
    Latihan seperti ini dapat membantu memperkuat punggung bagian atas dan memungkinkan postur kamu yang lebih baik.

    4. Lat Pull-down
    [​IMG]



    Ini adalah salah satu alat gym paling umum untuk membentuk otot lengan sekaligus menguatkannya.

    Mesin gym ini bahkan dapat melatih hampir seluruh bagian atas tubuh.

    Anda pun bisa menargetkan otot lengan atas dan otot lengan bawah (bisep dan trisep) Anda dengan mudah.

    Mesin kabel ini memerlukan banyak energi agar palangnya bisa ditarik ke bawah.

    Oleh karena itu, dengan menariknya, Anda bisa membakar kalori lebih banyak yang membantu Anda memangkas lemak di lengan.

    Cara menggunakannya:

    • Duduk di bangku, rentangkan tangan ke samping, dan raih kedua ujung palang yang dipasang pada kabel dan pelat dengan berat yang berbeda-beda.
    • Tarik palang ke bawah ke arah dada Anda, lalu angkat kembali.
    • Ulangi beberapa kali.
    Berat beban dan ketinggian mesin lat pull-down dapat disesuaikan, sehingga Anda bisa berolahraga dengan aman dan nyaman.

    Dr. Naresh Rao, seorang dokter olahraga perawatan primer di New York City, merekomendasikan penggunaan beban yang memungkinkan Anda melakukan 2 set, dengan masing-masing 15 pengulangan.

    - Bagaimana cara mengetahuinya?

    Jika kamu merasa ototmu berkontraksi, tetapi tidak terasa seperti kelelahan, maka itu adalah berat beban yang tepat untukmu.

    Jika kamu merasa seperti terbakar, maka otot Anda benar-benar bekerja.

    Namun, jika kamu tidak merasakannya atau tidak terasa bergerak, maka berat yang Anda gunakan mungkin terlalu ringan.

    Beli Home Gym di OB Fit

    5. Pull up di Bar
    [​IMG]

    Pull-up bar juga dapat membentuk otot lengan yang kuat.

    Tampilannya lebih sederhana dari pull-up and dip stand, tetapi paling mudah beradaptasi dan efektif dalam segudang pelatihan Anda.

    Pull-up bar melatih berbagai kelompok otot dengan cara yang hampir mustahil untuk ditiru oleh peralatan olahraga biasa.

    Sementara itu, otot mana yang ditargetkan sangat bergantung pada penempatan tangan Anda.

    Jika kamu memegang palang dengan telapak tangan menghadap jauh dari kamu (ke atas), sebagian besar otot yang dilatih adalah trisep.

    Namun, jika kamu memegang palang dengan telapak tangan menghadap ke (dagu), sebagian besar otot yang dilatih adalah bisep.

    Selain itu, pegangan yang lebih lebar akan berfokus pada otot lat luar kamu, sedangkan pegangan yang lebih sempit akan memusatkan otot lat bawah Anda.

    6. Pull-up and dip stand
    [​IMG]

    Sebagian orang mungkin menganggap bahwa pull-up dan dips adalah beberapa latihan terberat di gym.

    Namun, Anda akan melihat lengan Anda menjadi lebih bugar dengan tidak melewatkan peralatan satu ini.

    Yaps, pull-up and dip stand adalah peralatan yang paling efisien di gym untuk melatih otot bisep dan trisep Anda.

    Selain membakar kalori dan lemak, alat gym ini juga membantu membentuk otot lengan yang lebih kuat.

    Plus, alat ini sangat kokoh, sehingga aman saat digunakan.

    7. Yoga
    [​IMG]

    Salah satu olahraga paling mudah dan murah dilakukan untuk mengecilkan lemak di lengan.

    Selain itu, yoga juga sering disebutkan mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

    Beli Alat Yoga di OB Fit

    8. Angkat Beban [Barbell & Dumbbell]
    [​IMG]

    Pegang barbel seberat satu atau dua kilogram dengan kedua tangan seperti pada gambar.

    Sambil mengencangkan otot perut dan menegakkan bahu, angkat kedua tanganmu ke atas kepala.

    Tahan beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula.

    Lakukan sebanyak 3 set, dimana tiap setnya sama dengan 15 kali gerakan.

    Kamu juga bisa melakukannya sambil duduk lho.

    Terdapat beberapa variasi yang bisa kamu coba dengan alat yang satu ini.

    Berikut adalah beberapa di antaranya:

    • Pegang barbel di kedua tangan, posisikan tangan dengan sudut 90 derajat, dan angkat barbel secara bergantian atau secara bersamaan.
    • Kamu juga bisa memegang barbel di kedua tangan dan angkat barbel secara bergantian dengan posisi seperti sedang merentangkan tangan.
    • Pegang barbel di kedua tangan dan angkat barbel secara bersamaan dengan posisi seperti sedang merentangkan tangan.
    Beli Barbell di OB Fit

    9. Jalan Kaki [Treadmill]
    [​IMG]

    Meskipun kaki lebih banyak bergerak, jalan juga bisa membantu kamu dalam mengecilkan lemak di perut.

    Sebab jalan kaki baik bagi aktivitas kardiovaskular dan membantu membakar lemak lebih cepat.

    Beli Treadmill Machine di OB Fit

    Referensi:
     
Loading...

Share This Page