4 Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum

Discussion in 'General Lifestyle' started by tikars, Dec 15, 2013.

  1. tikars

    tikars Member

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Berbicara memang mudah, siapa saja mampu melakukannya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa berbicara. Tetapi berbicara di depan umum terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Banyak yang selalu merasa gugup ketika sedang berbicara di depan umum. Pertama kali berbicara di depan umum saya juga pernah merasakannya , saya merasa gugup yang sangat luar biasa, gemetaran sehingga terkadang ap yang ingin kita sampaikan menjadi tidak jelas dan sulit dimengerti. Tetapi saat ini saya sudah tidak gugup lagi jika berbicara di depan umum.

    Saya akan memberikan beberapa tips dan cara agar tidak gugup berbicara di depan umum. Untuk menjadi pembicara yang hebat seperti MC profesional ternyata tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, tetapi butuh proses dan latihan. Dibalik kesuksesan seorang pembicra di depan umum ternyata mereka menggunakan trik-trik jitu adar tidak gugup berbicara. Dan kali ini saya akan membagikannya kepada teman-teman para pembaca.

    [​IMG]

    Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum :

    1. Kuasai materi
    Jangan pernah berbicara di depan teman-teman kamu tentang suatu topik yang akan kamu bicarakan. Hal ini bisa membuat sebuah boomerang yang akan membuat kamu merasa minder selamanya. Tetapi tidak ada salahnya untuk belajar berbicara dihadapan teman-teman sebaya kamu, misalnya teman kampus kamu atau teman sekolah kamu, dan jadikan itu sebagai bahan pembelajaran buat diri kamu nantinya.

    2. Hindari kontak mata.
    Hindari kontak mata dengan para audience, karena hal tersebut dapat membuat kamu menjadi sangat gugup karena semua mata ternyata memandang ke arah kamu saat sedang presentase. jangan pula kamu memalingkan wajah kamu ke arah audience, cukup dengan memandang mereka di bagian jidat itu sudah cukup aman membuat kamu tidak gugup.

    3. Olah nafas
    Menjaga ketahanan nafas juga sangat penting mengingat para pembicara butuh energi untuk bernafas saat sedang berbicara di depan umum. Saat sedang gugup nafas kita menjadi cepat dan tidak beraturan, olehnya itu usahakan agar nafas tetap stabil saat berbicara di depan umum. Ada beberapa cara mengolah nafas, seperti olahraga teratur. Namun jika anda tak punya waktu untuk olahraga rutin, anda dapat berlatih nafas beberapa menit sebelum mulai tampil di depan umum. Cara ini saya buktikan sangat ampuh menghilangkan gugup saat berbicara.

    Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskan dengan perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut berkali-kali maka nafas anda akan membaik dan anda bisa berbicara dengan lancar nantinya.

    4. Latihan kontinue
    Pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Dari pengakuan seorang teman saya seorang MC berpengalaman ternyata mereka masih juga merasa gugup ketika akan berbicara di depan umum memenuhi undangan pelaksana. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda dapat berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma.

    sumber
     
    A Taufiq likes this.
  2. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    saya pernah

    pertama kali ane bicara didepan umum, saat itu suasananya sangat menakutkan rasanya bumi itu pengen runtuh *dingin*
     
  3. inivideoku

    inivideoku New Member

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hindari kontak mata dengan

    Hindari kontak mata dengan audience, terutama audience yang cantik n bahenol.. :D itu parah banget bro, pengalaman sih... :D
     
  4. xpoisonholic

    xpoisonholic Member

    Joined:
    Sep 30, 2013
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Jika boleh saya tambahkan,

    Jika boleh saya tambahkan, kebanyakan orang gugup berbicara didepan umum sudah berawal beberapa waktu sebelum tampil. Maka ada baiknya dimulai dengan menghilangkan dan menjauhkan pikiran buruk / negatif dengan mengganti dengan perasaan yang positif dan optimis. Bisa dengan bervisualisasi yg baik untuk menghilangkan pikiran / kekawatiran yg tidak perlu
     
  5. diva

    diva New Member

    Joined:
    Jan 13, 2014
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Thanks atas tips nya

    Thanks atas tips nya
     
  6. Blog_Ardy

    Blog_Ardy New Member

    Joined:
    Feb 2, 2014
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Awalnya sih ane panas dingin

    Awalnya sih ane panas dingin keringet ngucur terus tapi kalo udah sering jadi biasa saja, "Anggap saja yang nonton adallah batu atau para botol" *ketawa4*
     
  7. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Klo materinya Ijab Qobul

    Klo materinya Ijab Qobul gimana ya
     
  8. firman

    firman Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    335
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    kudu ane praktekin nih ilmunya
     
  9. Harry Victor

    Harry Victor New Member

    Joined:
    Oct 1, 2014
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya setuju untuk kita menghindari kontak mata langsung dengan audiens, hal ini dapat menyebabkan konsentrasi kita buyar. Apalagi kalau audiens kita iseng :)

    Ini ada 15 Tips gratis yang bisa kita aplikasian dalam persiapan public speaking.
     
  10. Muh.Yusuf

    Muh.Yusuf Member

    Joined:
    Jul 29, 2014
    Messages:
    438
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  11. Cindy Cinthia Devi

    Cindy Cinthia Devi Member

    Joined:
    Aug 10, 2014
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    bisa dimulai dari ruang lingkup kecil dulu bisa dimulai dari persentasi didepan teman belajar, diskusi kelompok, teman sekelas, mitra kerja, dan akhirnya didepan semua kalangan orang hehe
     
  12. A Taufiq

    A Taufiq Member

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    27
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalo ane sih alhamdulillah dah biasa NGEMSI, plus anti gugup.. tapi kalo pesertanya wanita-wanita yang kaya gambar di atas bakalan gugup ga ya..*cinta*
     
Loading...

Share This Page