4 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Asuransi Rumah

Discussion in 'General Lifestyle' started by Faniditya Ramadhan, Nov 29, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Rumah merupakan sebuah harta benda yang bernilai tinggi, bahkan harga rumah selalu melonjak naik setiap tahunnya. Namun, pernahkah Anda membayangkan jika terjadi musibah, berapa kerugian yang harus Anda tanggung?

    Inilah salah satu alasan kuat seseorang memilih untuk mengasuransikan rumahnya dengan asuransi rumah terbaik. Namun, Anda juga harus berhati-hati agar terhindar dari kerugian. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda di kemudian hari, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memilih asuransi rumah.

    Cari Tahu Kredibilitas Perusahaan Asuransi

    Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih asuransi rumah adalah mencari tahu terlebih dahulu kredibilitas perusahaan asuransi rumah bersangkutan. Anda dapat memeriksa tingkat keuntungan dan pertumbuhan perusahaan dengan meminta laporan keuangan terbaru yang mereka miliki. Dasar-dasar acuan hukum mengenai asuransi juga telah diterbitkan Pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian sehingga Anda tidak perlu khawatir..

    Pelajari Proses Klaim

    Saat ingin menentukan asuransi rumah yang Anda pilih, pelajari terlebih dahulu proses klaim perusahaan asuransi tersebut. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai proses klaim yang harus Anda jalani nantinya.

    Tentunya Anda ingin mendapatkan penggantian uang secepatnya bukan agar dapat segera memperbaiki rumah kesayangan Anda? Proses klaim yang sulit dan pencairan dana klaim yang membutuhkan waktu lama malah akan semakin merepotkan Anda kedepannya. Maka dari itu, pastikan proses klaimnya tidak akan menyulitkan Anda.

    Sesuaikan dengan Kebutuhan

    Meski beberapa perusahaan asuransi menawarkan jenis asuransi yang sama, namun nyatanya mereka memiliki cakupan yang berbeda-beda tergantung target konsumennya. Maka dari itu, sebelum memilih asuransi rumah Anda, bacalah dengan teliti, detail dan tanyakan dengan jelas.

    Anda bisa menanyakan barang apa saja yang termasuk dalam perlindungan asuransi. Kalau rumah Anda memiliki nilai asuransi yang rendah, apa yang akan terjadi ketika Anda mengajukan klaim?

    Begitu juga dengan hal-hal yang mungkin tidak terpikirkan, seperti binatang peliharaan dan rutinitas traveling Anda. Kemudian, yang terpenting adalah memastikan juga bahwa asuransi rumah yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Cermati Kembali Proteksi Tambahan

    Ada baiknya Anda juga mencermati kembali proteksi tambahan atau perluasan yang ditawarkan oleh pihak asuransi sebelum menentukan produk asuransi rumah yang tepat untuk Anda. Meskipun hampir semua pihak asuransi memberikan pelayanan yang sama, namun terdapat beberapa perusahaan asuransi yang memberikan proteksi perluasan atau tambahan.

    Proteksi perluasan atau tambahan tersebut termasuk pada perlindungan terhadap tuntutan hukum atas kerusakan properti dan keselamatan pihak lain. Selain itu, perusahaan asuransi juga dapat menanggung biaya hidup, terhitung sejak rumah Anda mengalami kerusakan.
     
Loading...

Share This Page