4 Jenis Golongan Orang Mudah Terserang Sifilis

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, Sep 30, 2019.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    153
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Infeksi menular seksual merupakan penyakit yang cukup menakutkan bagi siapa saja. Baik bagi pria maupun wanita, mereka pastinya selalu takut dengan penyakit yang memiliki akronim IMS ini. Salah satu IMS yang paling ditakuti yakni sifilis.

    Kita tidak pernah tahu siapa yang pernah mengalami penyakit yang dikenal sebutan dengan raja singa ini. Mungkin sahabat, orang terdekat anda pernah mengalami penyakit sifilis. Namun mereka enggan mengungkapkannya, karena faktor malu.

    Sebagian besar penyakit IMS memang ditularkan karena hubungan seks yang tidak aman. Karena berkaitan dengan organ intim. Sehingga jarang ada orang yang mau mengungkapkannya. Lalu apa sebenarnya penyakit sifilis dan siapa saja yang dapat terkena penyakit sifilis?

    Penyakit Sifilis

    Sifilis sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ kelamin, disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Bakteri ini dapat menular melalui hubungan seks, baik itu seks anal, seks kelamin, dan juga seks oral. Biasanya bakteri tertular dari orang yang sudah memiliki bakteri tersebut didalam dirinya.

    Para penderita sifilis terkadang tidak menemukan gejala apapun ketika mereka sudah tertular dan masuk ke dalam tubuh. Bakteri treponema akan menyerang sekitar tiga sampai empat minggu setelah tertular.

    Gejala yang umum adalah timbulnya ruam atau luka disekitar area genital seperti kelamin, anus, dan juga mulut bagi orang yang pernah melakukan seks oral. Gejala ini akan berlangsung selama satu hingga dua bulan, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan.

    Penyakit raja singa sendiri memiliki sekitar tiga tahapan, ada juga yang mengatakan jika penyakit ini memiliki empat tahapan. Mulai dari tahap awal, hingga tahap lanjut. Jika anda sudah menemukan gejala yang dicurigai sebagai gejala sifilis, maka sebaiknya segera untuk melakukan konsultasi dan juga pemeriksaan secara medis.

    Hal tersebut dilakukan untuk mencegah virus menjadi lebih ganas dan memasuki tahap lanjut. Jika sudah memasuki tahap lanjut, maka pengobatan akan dilakukan cukup lama, dan juga virus dapat menyerang organ tubuh lainnya. Meskipun virus setelah tahap lanjut tidak akan menular ke orang lain.

    Siapa Saja yang Mudah Terkena Sifilis

    Sifilis sebenarnya dapat menyerang siapa saja. Baik dia itu perempuan, maupun laki-laki. Apabila dia orang-orang yang disebutkan dibawah ini, maka mereka adalah orang-orang yang rentan mengalami sifilis dan raja singa.

    Berhubungan Seks Dengan Bergonta-Ganti Pasangan

    Orang yang sering melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan merupakan orang yang sangat rentan mengalami sifilis. Meskipun orang yang sering bergonta-ganti pasangan, bukan hanya akan terkena penyakit sifilis, tetapi juga infeksi menular seksual lainnya seperti herpes, Klamidia, kutil kelamin, gonore, dan juga penyakit menular seksual lainnya.

    Berhubungan Seks Tanpa Pengaman

    Mungkin anda sering melakukan seks dengan bergonta-ganti pasangan tanpa pengaman. Bahkan anda melakukan hubungan seks dengan orang yang sebenarnya sudah terkena penyakit sifilis tanpa anda ketahui. Sehingga ketika anda melakukan seks dengan orang tersebut, bakteri penyebab sifilis menular kepada anda.

    Orang-Orang Penyuka Sesama Jenis

    Mereka yang menyukai sesama jenis, baik itu kaum gay dan juga kaum lesbian. Mereka sangat beresiko terkena penyakit sifilis. Karena mereka sering melakukan hubungan seks anal, atau seks melalui dubur. Hal inilah yang mengundang mudahnya terserang penyakit kelamin berdasarkan penjelasan klinik andrologi.

    Penderita HIV

    Para penderita HIV, mereka merupakan orang-orang yang sangat mudah terserang sifilis. Hal itu disebabkan oleh lemahnya metabolisme tubuh mereka, sehingga mereka sangat mudah terserang bakteri treponema. Begitupun para penderita sifilis, mereka akan sangat mudah terserang HIV karena timbulnya luka terbuka dari sifilis.
     
Loading...

Share This Page